manfaat buah pisang bagi penderita asma
manfaat buah pisang bagi penderita asma

Inilah Sejuta Manfaat Pisang Bagi Penderita Penyakit Asma

Posted on

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan buah pisang, kan? Ya, di Indonesia terdapat bermacam jenis buah pisang. Selain rasanya enak, buah pisang juga terkenal dengan khasiatnya untuk menjaga kesehatan tubuh dan melancarkan pencernaan.

Sebenarnya, khasiat dari buah pisang sangatlah banyak dan salah satunya adalah mengobati penyakit asma. Beberapa penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi 1 buah pisang sehari menurunkan potensi kambuhnya penyakit asma. Sehingga dapat dikatakan bahwa buah pisang adalah buah andalan untuk mengontrol penyakit asma.

Sebagian besar orang cenderung bergantung pada obat-obatan medis untuk mengobati penyakit asma. Padahal, pengonsumsian obat-obatan medis dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan efek samping dan mengurangi fungsi kekebalan tubuh.

Penyakit asma

Asma merupakan penyakit sesak nafas yang diakibatkan adanya peradangan pada bronkus. Bronkus adalah saluran utama pada paru-paru yang berbentuk tabung kecil dan berfuungsi sebagai keluar masuknya udara.

Umumnya, penyakit asma diderita oleh seseorang dalam jangka waktu yang cukup lama. Keparahan penyakit ini berbeda-beda untuk tiap-tiap orang. Gejala yang paling umum berupa batuk , sesak nafas, dan mengi saat penyakit asma kambuh. Biasanya penderita asma bergantung pada obat pelega untuk mengatasi serangan asma.

Menurut data WHO tahun 2011, penderita asma di Indonesia mencapai 14. 624 jiwa. Pada tahap yang lebih parah, penyakit asma dapat mengancam jiwa penderitanya.

Beberapa faktor pemicu penyakit asma, yaitu:

  • Udara yang dingin
  • Debu
  • Serbuk sari pada bunga
  • Bulu binatang
  • Mengidap infeksi paru-paru
  • Pekerja bangunan yang sering terpapar pasir dan debu

Dalam dunia kedokteran, terdapat 2 macam obat asma yang sering digunakan, yaitu:

  1. Preventer atau obat pencegah

Obat ini berfungsi untuk mengurangi peradangan pada saluran pernafasan dan mencegah terjadinya serangan asma.

  1. Reliever atau obat pelega

Obat pelega sering digunakan oleh penderita penyakit asma. Obat pelega berguna untuk merelaksasi saluran pernafasan sehingga penderita asma dapat bernafas dengan lega dan lebih mudah.

Kandungan dan khasiat buah pisang

Sebagaimana kita tahu, buah pisang merupakan salah satu buah yang mengandung tinggi serat, sehingga sering dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan pencernaan. Kandungan serat di dalam pisang juga dapat mencegah dan mengurangi gejala penyakit asma.

Di samping itu, buah pisang juga mengandung vitamin B6 atau piridoksin. Kandungan piridoksin ini dapat membantu rileksasi otot jaringan bronkus dan otot polos dengan cara memproduksi molekul adenosin monofosfat siklik dan adenosin trifosfat.

Penelitian tentang khasiat buah pisang untuk mengontrol asma

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, WHO memaparkan bahwa sekitar 235 juta orang menderita penyakit asma, dimana anak-anak memiliki risiko lebih tinggi terserang asma kronis. Sebuah fakta menunjukkan bahwa serangan asma kronis pada anak dapat mengancam jiwa sehingga harus segara diatasi.

Sebuah penelitian di Imperial College , London menyatakan bahwa seseorang yang mengonsumsi 1 buah pisang sehari maka akan menurunkan potensi serangan asma hingga 34%.

Penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi 1 buah pisang sehari memiliki risiko rendah mengalami gangguan pernafasan dibandingkan anak yang tidak mengonsumsi buah pisang.

Selain meredakan serangan asma, buah pisang juga mempunyai manfaat lain seperti melancarkan peredaran darah, melancarkan pencernaan, meningkatkan kinerja jantung, dan menjaga kesehatan mata. Nah, mulai sekarang untuk memperoleh hidup yang lebih sehat, maka tidak ada salahnya mengonsumsi 1 buah pisang sehari, kan?

Demikian ulasan mengenai khasiat buah pisang untuk penderita asma. Semoga dapat bermanfaat.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.