Inilah Manfaat Puasa Bagi Perkembangan Otak Manusia
Wednesday , July 26 2017
Home / Kesehatan / Inilah Manfaat Puasa Bagi Perkembangan Otak Manusia
manfaat puasa

Inilah Manfaat Puasa Bagi Perkembangan Otak Manusia

Manfaat puasa sangat besar bagi kesehatan dan perkembangan otak manusia. Selain manfaat puasa dapat dirasakan secara rohani dan jasmani. Hakekat puasa secara istilah adalah menahan lapar mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Dari pengertian tersebut dapat diketahui bahwa puasa merupakan suatu latihan psikis, mental, dan juga fisik secara biologi.

Dari segi psikologi, umat Islam yang melakukan puasa akan memiliki jiwa yang sehat serta perilaku yang positif. Di samping itu dengan berpuasa dapat juga menjauhkan diri dari pikiran serta perbuatan yang mendatangkan adzab dan dosa. Sehingga ketika puasa dilakukan secara terus-menerus dengan penuh keikhlasan akan dapat mempengaruhi kondisi akhlak seseorang yang melaksanakannya.

Secara biologis manusia terdiri dari dua unsur utama yaitu jasmani dan rohani. Aktifitas berpuasa mampu mempengaruhi kinerja organ tubuh yang bermanfaat bagi kesehatan. Pada saat berpuasa manusia menahan lapar kurang lebih dalam waktu 14 jam. Selama waktu tersebut tubuh manusia mengalami proses metabolisme. Yang mana seluruh makanan yang telah masuk ke dalam lambung akan diproses oleh sistem pencernaah selama 8 jam.

Pada saat proses pencernaan tersebut dilakukan organ pencernaan membutuhkan waktu 4 jam untuk menyiapkan keasaman yang dibantu oleh asam lambung yang kemudian dikirim kepada usus. Setelah itu, 4 jam kemudian makanan akan berubah wujud menjadi sari makanan yang terletak pada usus kecil untuk diabsorobsi oleh pembuluh darah dan kemudian ditransfer ke seluruh anggota tubuh. Dan sisa waktunya yaitu 6 jam yang mana saat itulah waktu yang ideal untuk mengistirahatkan sistem pencernaan.

manfaat puasa bagi kesehatan

Puasa akan mampu mendatangkan manfaat yang lebih besar lagi apabila dilakukan dengan pengetahuan dan keimanan yang kuat. Secara umum berpuasa selalu terkait dengan sistem metabolisme dan sistem endoktrin. Namun, yang lebih penting lagi ternyata berpuasa juga dapat mempengaruhi kesehatan otak manusia.

Menurut beberapa penelitian, berpuasa mampu meningkatkan kinerja otak manusia. Puasa mampu mendatangkan manfaat bagi fungsi dan kesehatan otak. Hal ini dapat dijelaskan secara ilmiah )scientific experiment). Dalam sebuah penelitian tentang neurogenesis dan plastititas yang mempelajari tentang perkembangan otak dan kelenturan banyak dijelaskan bahwa synapsis atau jaringan otak mampu berkembang dengan baik karena beberapa faktor seperti: lingkungan makanan, serta kejiwaan.

Menurut Dr. Johansen-Berg, et al. dalam Neuron Journal tahun 2012 bahwa synapsis yang terdapat di otak manusia mampu mengalami perubahan selama kurang lebih 24 jam. Waktu tersebut terkuras dengan berbagai aktifitas pembelajaran.

Puasa yang dilakukan selama 24 jam dalam 30 hari penuh pada bulan suci Ramadhan mampu memberikan dampak yang begitu luar biasa pada otak. Berdasarkan penelitian plastisitas neurogenesis jaringan otak manusia yang berpuasa secara penuh akan selalu diperbaharui.

Sehingga, dengan struktur otak yang selalu diperbaharui tersebut akan terbentuk jaringan baru di dalam otak yang semakin kuat. Jaringan-jaringan inilah yang nantinya akan membentuk pribadi yang berakhlak mulia karena mampu berpikir jernih, menahan emosi, serta selalu berpikir optimis. Semua nilai ini bersumber pada jaringan pada otak manusia.

Sehingga, pada saat umat muslim selesai menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadhan mereka akan merasakan dampak yang begitu positif. Baik secara biologis, psikologis atau jasmani dan rohani telah terbaharui selama berpuasa tersebut.

Berpuasa yang mampu mengurangi kematian sel-sel safat otak akan berdampak pula pada regenerasi sel-sel saraf yang baru. Kondisi ini akan membuat suasana otak terhindar dari penyakit degerative otak seperti stroke atau hipertention brain.

itulah manfaat puasa yang bisa memaksimalkan kesehatan tubuh dan perkembangan otak manusia. Untuk itu puasa harus dilakukan dengan penuh kesadaran dan keikhlasan agar manfaat puasa mampu berdampak positif bagi kesehatan tubuh.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *