Manfaat Puasa Untuk Mengobati Berbagai Penyakit Kronis
Wednesday , July 26 2017
Home / Kesehatan / Manfaat Puasa Untuk Mengobati Berbagai Penyakit Kronis
manfaat puasa

Manfaat Puasa Untuk Mengobati Berbagai Penyakit Kronis

Manfaat puasa sangat besar bagi kesehatan tubuh. Puasa bermanfaat mengobati berbagai penyakit kronis. Seperti Kulit dan penyakit jantung. Puasa merupakan metode pengobatan yang alami dan telah dikenal dari abad dahulu. Setiap orang sudah mengakuinya bahwa puasa adalah solusi yang tepat untuk terhindar dari berbagai penyakit. Bahkan, puasa dipercaya mampu mengobati penyakit yang kronis sekaligus dalam waktu yang sangat singkat.

Secara umum semua penyakit dapat terhidar dari tubuh manusia apabila pola hidupnya terjaga. Akan tetapi, seiring dengan berkembangnya pola hidup maka banyak penyakit yang sangat berbahaya justru sulit untuk disembuhkan. Namun, dalam Islam terdapat prinsip bahwa semua jenis penyakit pasti ada obatnya, kecuali kematian.

Di antara jenis penyakit yang bisa disembuhkan melalui terapi puasa adalah penyakit kulit, eksim, arthritis, sakit pada pencernaan, darah tinggi, asam urat, asam lambung, dan lain sebagainya. Puasa juga dapat menghindarkan seseorang dari ketergantungan terhadap obat. Padahal, obat-obatan yang dikonsumsi seseorang demi mengobati penyakitnya sebenarnya belum mampu menyembuhkan secara penuh. Melainkan hanya mengurangi gejala suatu penyakit saja.

Sumber dari penyakit adalah pola makan. Dulu, banyak orang sakit dan kekurangan gizi dikarenakan kekurangan makan. Akan tetapi saat ini berbagai macam penyakit justru timbul karena terlalu banyak makan. Artinya, makanan yang dikonsumsi masih kurang gizi sehingga bukan memperkuat daya tahan tubuh melainkan menambah racun dalam jenis lemak, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, tubuh manusia sudah diciptakan untuk mampu menyembuhkan dengan sendirinya. Yang dilakukan oleh tubuh saat ada zat yang berbahaya adalah mendukung asupan gizi secara maksimal. Keajaiban puasa yang dapat menyembuhkan penyakit bisa dibuktikan secara ilmiah. Sebagaimana yang diungkapkan oleh dokter Joel Fuhrman bahwa banyak sekali pasiennya yang sembuh dari penyakit kronis dengan cara berpuasa. Di antara jenis penyakit yang dimaksud adalah penyakit jantung, diabetes, darah tinggi, lambung, dan lain-lain.

Inti dari berpuasa –dari segi medis- adalah memberikan waktu istirahat kepada lambung. Pada saat tidak berpuasa, lambung akan terus bekerja mengolah makanan yang masuk serta mencerna gizi yang ada. Dan ketika berpuasa maka lambung akan membakar kalori dan racun-racun yang terbawa oleh makanan.

Untuk itu, sebenarnya tubuh akan mampu mengambil vitamin dari makanan jika tubuh juga diajak untuk berpuasa secara sehat. Zat Biokimia tertentu akan digunakan sebagai sumber energi sehingga mengalami perubahan ketika tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh. Ketika manusia berpuasa sebenarnya tubuh sudah memiliki asupan cadangan yang berupa Glukosa yang diambil dari jaringan tubuh. Sehingga ketika seseorang tidak makan pun akan tetap ada cadangan gizi.

Puasa ternyata tidak hanya dilakukan oleh manusia saja. Hewan juga berpuasa ketika mereka merasa kenyang atau dalam kondisi sakit. Hal ini dikenal dengan istilah hibernasi. Yaitu binatang akan tidur selama berhari-hari atau berbulan-bulan bahkan musiman. Selain itu binatang juga akan berpuasa ketika mereka sakit dan hewan hanya mengonsumsi air saja untuk memenuhi kebutuhan energinya.

Jadi, untuk terhindari dari penyakit kronis mulailah membiasakan diri dengan berpuasa secara rutin. Manfaat puasa dapat dirasakan setelah berpuasa secara langsung. Fungsi tubuh akan kembali membaik setelah melakukan puasa dengan baik.

Manfaat puasa tidak hanya dirasakan oleh tubuh semata. Lebih dari itu puasa juga bermanfaat memperbaiki sel yang sudah rusak.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *