Inilah Manfaat Tanaman Herbal untuk Kesehatan Tubuh
Wednesday , July 26 2017
Home / Kesehatan / Inilah Manfaat Tanaman Herbal untuk Kesehatan Tubuh
manfaat madu untuk wajah

Inilah Manfaat Tanaman Herbal untuk Kesehatan Tubuh

Makanan sehat sangat dibutuhkan bagi manusia. Tubuh manusia membutuhkan aneka jenis makanan untuk bertahan hidup. Metabolisme akan semakin membaik apabila banyak mengonsumsi makanan yang sehat. Sebaliknya, ketika tubuh kekurangan vitamin yang didapatkan dari makanan sehat maka ia akan rentan dengan berbagai penyakit.

Pengobatan dengan menggunakan cara tradisional adalah sebuah teknik pengobatan untuk berbagai penyakit yang digunakan sejak zaman dahulu hingga saat ini. Meskipun berbagai macam dari ramuan farmasi modern telah ditemukan dan berbagai macam resep yang telah diciptakan manusia untuk membantu  kesembuhan seseorang yang terkena penyakit telah muncul dan digunakan.

Pengobatan tradisional merupakan obat yang berkhasiat tinggi diolah dengan menggunakan bahan campuran ramuan dari tanaman herbal yang telah terpercaya dan praktis dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan teknik pengobatan tradisional biasanya dilakukan secara turun temurun dengan pengajaran melalui lisan dari generasi ke generasi. Obat tradisonal sangat banyak sekali fungsi serta khasiatnya untuk membantu penyembuhan berbagai jenis penyakit. Para pakar sering melakukan penelitian terhadap fungsi dan khasiat obat tradisonal untuk penyembuhan penyakit secara alami.

WHO telah menyelenggarakan penelitian bahwa sekitar 80 persen penduduk di negara-negara penjuru dunia memanfaatkan tumbuh-tumbuhan sebagai obat tradisional untuk menjaga kesehatan mereka. Kualitas tanaman herbal yang digunakan sebagai obat tradisional alami sangat tergantung dengan pengaruh yang bersifat natural dari tanaman tersebut, seperti cara panen dan cara pengolahan tumbuhan menjadi obat tradisional.

manfaat tanaman herbal

Inilah 3 jenis tanaman herbal yang sering digunakan untuk pengobatan tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit di antaranya:

  1. Lidah buaya

Lidah buaya ternyata meyimpan berbagai khasiat yang belum diketahui oleh banyak orang karena lidah buaya  akhir-akhir ini populer sebagai tanaman hias dan penyubur rambut yang paling alami. Seluruh khasiat yang akan kita peroleh dari lidah buaya tidak lain karena tanaman tersebut mempunyai kekayaan nutrisi yang tinggi, memiliki 20 macam amino, dan mempunyai berbagai jenis  kalsium dan patrium  yang pastinya akan berdampak sangat baik untuk kesehatan rambut, tapi juga kesehatan organ badan kita yang lainnya

  1. Daun sirih

Dalam daun sirih terkandung eugenol yang memiliki sifat anti fungal. Fungsi anti fungal tersebut bisa dapat memberikan manfaat kepadadaun sirih yang dapat dimanfaatkan sebagai penghambat tumbuh  dan berkembangnya yeast (sel tunas) dari candida albicans.

Daun sirih juga kaya akan kandungan  zat antiseptik yang berpengaruh dalam membasmi  bakteri. Sifat antiseptik yang dipunyai daun sirih dikarenakan dari turunan fenol yaitu kavikol, antiseptik tentunya 5 x lebih efektif jika dibandingkan dengan fenol yang biasa. Selain dua sifat tersebut, daun sirih juga mempunyai pengaruh antibakterika kepada streptococcus mutans, streptococcus, viridans, streptococcus sanguis, staphylococcus aureus, dan, actinomyces viscosus.

  1. Madu

Madu kaya akan kandungan mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, alumunium, besi, fosfor dan kalium. Vitamin-vitamin yang terdapat di dalam madu merupakan thiamin (b1), riboflavin (b2), asam askorbat (c), piridoksin (b6), niasin, asam pantotenat, biotin, asam folat, dan vitamin k. Sedang enzim paling utama di dalam madu merupakan enzim diastase, invertase, glukosa oksidase, peroksidase, dan lipase. Enzim diastase merupakan enzim yang membentuk  karbohidrat dan lipase.

Komplek (polisakarida) menjelma menjadi karbohidrat yang sangat simpel (monosakarida). Enzim invertase merupakan enzim pemecah molekul sukrosa yang kemudian berubah menjadi glukosa dan fruktosa. Enzim oksidase merupakan enzim yang dapat memberikan bantuan oksidasi glukosa menjelma menjadi peroksida. Sedangkan enzim peroksidase melakukan proses oksidase metabolisme. Seluruh zat tersebut sangat bermanfaat untuk proses metabolisme.

Untuk itu, meskipun obat-obatan dari dokter sangat dianjurkan untuk dikonsumsi namun di samping itu anda juga bisa mulai membiasakan diri dengan mengonsumsi tanaman herbal sebagai obat alami.

Itulah daftar makanan yang menyehatkan bagi tubuh manusia. Semakin banyak makanan yang dikonsumsi maka semakin banyak vitamin yang masuk ke dalam tubuh kita. Sehingga tingkat kekebalan tubuh pun ikut meningkat. Maka jangan bosan konsumsi makanan yang sehat.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *