Manfaat Tidur Untuk Menjaga Kualitas Kesehatan Tubuh
Tuesday , July 25 2017
Home / Kesehatan / Manfaat Tidur Untuk Menjaga Kualitas Kesehatan Tubuh

Manfaat Tidur Untuk Menjaga Kualitas Kesehatan Tubuh

Tidur, sepertinya ini hal sepele yang pasti bisa dilakukan oleh semua orang. Tapi nyatanya, banyak orang yang harus berjuang untuk mendapatkan tidur berkualitas di malam hari. Mereka tak hanya mengalami gangguan sulit tidur alias insomnia, tapi juga sulit mendapatkan tidur nyenyak yang benar-benar memuaskan. Padahal, kurang tidur telah diketahui sebagai faktor utama penyebab berbagai masalah kesehatan, termasuk kecelakaan di tempat kerja, depresi, kecelakaan di jalan raya, diabetes, dan penyakit kardiovaskular. Ingin tidur lebih nyenyak dan berkualitas? Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

  1. Kenali siklus tidur Anda

Rasa kantuk tidak datang begitu saja. Ia seperti gelombang yang datang setiap 60 hingga 90 menit sekali. Anda mungkin pernah merasakan kantuk namun menunda tidur gara-gara tanggung sedang membaca buku, tapi ternyata begitu selesai, Anda malah tidak mengantuk lagi. Ini disebabkan karena Anda melewatkan gelombang kantuk tadi. Begitulah penjelasan Dr. David Morawetz, spesialis gangguan tidur dari Melbourne.

Nah, tugas Anda ‘menangkap’ gelombang kantuk ketika muncul. Langsung siapkan posisi Anda di tempat tidur ketika gelombang kantuk datang, karena kalau tidak, maka Anda harus menunggu 1 hingga 1,5 jam lagi untuk merasa mengantuk.

  1. Naik ke tempat tidur ketika kantuk datang

Berbaringlah di tempat tidur ketika Anda mengantuk. Tapi jika tidak mengantuk, tak usah memaksakan diri. Anda bisa jengkel karena berbaring tanpa bisa tidur. Lama-kelamaan, hal ini akan jadi kebiasaan, dan menyebabkan Anda mengalami insomnia.

  1. Rutin membersihkan selimut dan bed cover

Sebuah penelitian di University of Worcester menemukan bahwa selimut atau bed cover membawa hingga 20.000 tungau dari debu rumah. Kebanyakan orang, dalam sebuah penelitian di Inggris, tidak mencuci selimutnya secara berkala. Kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan implikasi serius pada kesehatan karena kumpulan debu yang membawa tungau tersebut dapat menyebabkan gejala asma, pilek, dan radang saluran pernapasan serta iritasi kulit atau eksim. Jadi, cuci selimut atau bed cover Anda minimal setiap enam bulan sekali untuk menghindari gejala alergi yang mengganggu.

  1. Bangun di waktu yang sama setiap pagi

Anda memang tidak perlu pergi tidur pada waktu yang sama tiap malam, tapi ada baiknya Anda bangun di jam yang sama setiap pagi. Jika hal ini dibiasakan, pada akhirnya tubuh pun akan mulai mengantuk pada waktu yang sama setiap malam. Dan Anda akan membangun ritme atau pola tidur alami yang sehat.

  1. Jaga kamar tidur hanya sebagai tempat untuk melakukan hubungan seksual dan tidur

Begitu Anda mulai menonton televisi, menelepon, mendengarkan radio, atau menggunakan laptop, gambaran tentang tempat tidur dan tidur yang damai akan berantakan.  Karena, semua aktivitas tersebut berlawanan dengan tidur dan membuat Anda mengasosiasikan kamar tidur dengan pikiran yang sibuk. Lakukan kegiatan tersebut di waktu dan tempat yang lain.

  1. Pastikan Anda cukup tidur

Wanita yang tidur kurang dari lima jam setiap malam, berat badannya akan lebih mudah naik. Meski Anda tidur larut dan harus bangun pagi-pagi sekali, pastikan Anda tetap membayar kekurangan tidur ini di siang hari atau malam berikutnya.

  1. Jangan memikirkan masalah menjelang waktu tidur

Penyebab utama susah tidur adalah pikiran tentang masalah sehari-hari, seperti ribut dengan pasangan atau anak-anak, masalah keuangan, isu di tempat kerja atau apa yang kita lakukan atau tidak lakukan hari ini dan apa yang harus kita lakukan esok hari. Memang, sih, sulit mengontrol agar tidak memikirkan masalah sehari-hari. Tapi, Anda bisa mengatur waktu di siang hari untuk memikirkan masalah-masalah Anda, dan melakukanperbaikan-perbakan untuk mengatasi masalah tersebut.

  1. Hindari ‘tidur ayam’

Tidur sebentar di depan televisi beberapa jam sebelum waktu tidur, akan mengacaukan waktu tidur malam Anda. Rasa kantuk Anda akan tersingkir dan membuat Anda sulit tidur lebih cepat dan nyenyak.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *