Memetik Hikmah dari Kisah Bisnis Pebisnis Nyentrik Alm. Bob Sadino

Posted on

Dari sederetan nama besar pebisnis sukses di Indonesia tentu anda sangat mengenal sosok yang satu ini. Beliau bernama Bob Sadino, atau lebih dikenal dengan panggilan Om Bob. Beliau adalah seorang pebisnis yang sangat sukses di Indonesia.

Kendati kini beliau telah berada di alam berbeda, namun kisah sukses Om Bob masih selalu didengungkan karena telah sangat menginspirasi banyak orang untuk ikut terjun dalam dunia bisnis. Beliau berkiprah di dalam bisnis pribadinya bersama sang istri pada sebuah supermarket besar yang beliau beri nama Kem Chicks yang berdiri sejak tahun 1969 dan masih eksis hingga sekarang.

Anda penasaran dengan kisah kesuksesan Om Bob? Ternyata kesuksesan beliau ini tak didapatkan dengan jalan instan. Sebenarnya Om Bob ini berasal dari keluarga yang berada, ketika ayah beliau meninggal semua harta kekayaan diserahkan kepada Om Bob lantaran saudara beliau telah dianggap mapan. Banyaknya harta warisan Om Bob gunakan untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya.

Beliau pergi mengunjungi beberapa negara dan kemudian menetap di Amsterdam. Beliau pun mendapat kesempatan untuk bekerja di Djakarta Lylod, Belanda dan bekerja pula di Hamburg, Jerman. Di Belanda pula beliau menemukan pasangan hidupnya, Soelami Soejoed. Setelah sembilan tahun berkelana mencari pengalaman, akhirnya beliau kembali ke Indonesia di tahun 1967.

Sekembali di Indonesia, beliau mulai merancang untuk bekerja lagi. Dengan harta yang dimilikinya, yaitu 2 mobil mercedes, beliau mulai merintis usaha penyewaan mobil dengan beliau sebagai supir. Untuk memperoleh tempat tinggal baru, beliau pun membeli tanah dengan menjual salah satu mobilnya.

Pada saat ini masa-masa sulit mulai dirasakan oleh Om Bob dan sang istri. Masalah bermula ketika mobil yang beliau sewakan mengalami kecelakaan dengan cukup parah. Kendati tak mampu untuk melakukan perbaikan, beliau kemudian memutuskan untuk berhenti melakukan persewaan mobil. Dengan modal nekat, beliau kembali bekerja sebagai kuli bangunan.

Meski istri beliau memiliki potensi besar untuk bekerja kembali demi mencukupi kebutuhan keduanya, namun Om Bob tetap bersikeras untuk bekerja sebab beliau memiliki tanggung jawab untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Inilah masa-masa sulit dari kehidupan Om Bob dan keluarga.

Ketika ada sebuah keinginan, maka akan muncul jalan terang. Hal ini dialami pula oleh Om Bob. Di tengah keterpurukan beliau, ada seorang sahabat yang sangat baik hati ingin mengobati rasa terpuruk Om Bob. Sahabat Om Bob yang baik hati itu bernama Sri Mulyono Herlambang.

Om Bob diberi saran untuk memelihara ayam ras dan pada masa awal perintisan sahabat Om Bob memberi hadiah 50 ekor ayam dan itulah modal awal Om Bob dalam melakukan bisnis. Om Bob bersama istri pantang menyerah, meski mendapat cacian tak urung Om Bob telan, justru beliau jadikan pacuan untuk menghasilkan pelayanan yang lebih baik. Om Bob perlahan mulai mendapatkan pelanggan dan mulai merambah pada bisnis agribisnis dengan komoditas buah-buahan dan sayur-sayuran.

Om Bob fokus pada pelanggan luar negeri yang berada di sekitar rumahnya dan beberapa tetangganya yang lain. Karena pelayanan Om Bob sangat memuaskan akhirnya usaha Om Bob mulai berkembang. Dengan tetap mengedepankan pelayanan akhirnya Om Bob mampu mendirikan supermarket bernama Kem Chicks. Inilah titik balik kejayaan Om Bob. Hingga akhir hayat beliau supermarket ini masih terus berjaya.

Anda bisa mengambil pelajaran bahwa kiat bisnis agar berkembang pesat adalah kuatnya mental untuk menjalankan bisnis. Selain itu, anda perlu mementingkan pelayanan bagi pelanggan. Kepuasan pelanggan adalah prioritas utama bagi pelaku bisnis. Nah, anda sudah paham bukan mengenai perjuangan Om Bob Sadino maka ambil sisi baik untuk dapat anda terapkan pada bisnis anda.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.