Bahaya Penyakit Pneumonia
Bahaya Penyakit Pneumonia

Mengenal Gejala, Jenis, Pengobatan dan Pencegahan Pneumonia

Posted on

Paru-paru adalah salah satu organ vital utama yang terkait dengan sistem pernapasan, dimana organ yang bernama pulmones dalam istilha kedokteran ini merupakan organ yang berperan dalam pertukaran atau respirasi oksigen di dalam tubuh. Paru-paru memiliki tugas untuk menarik oksigen dari udara yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan pelepasan karbondioksida dari dalam darah. Mengingat pentingnya peran inilah, penyakit yang menyerang organ vital pernapasan ini harus ditangani dengan serius.

Salah satu jenis penyakit yang prevalensinya terbilang cukup mengkhawatirkan karena angkanya yang cukup tinggi adalah Pneumonia. Kasus pneumonia ini sendiri lebih banyak terjadi pada anak-anak balita. Data WHO mencapat bahwa presentase kematian balita diakibatkan oleh penyakit ini pada tahun 2005 berada pada range 19 hingga 27%. Indonesia sendiri saat ini menempati posisi atau peringkat ke-delapan untuk jumlah angka kematian anak-anak yang diakibatkan oleh penyakit ini.

Jika dijelaskan dalam istilah kedokteran, pneumonia dapat didefinisikan sebagai sebuah infeksi yang menyebabkan peradangan pada salah satu bagian atau kedua paru-paru. Paru-paru seseorang yang terkena penyakit sistem pernapasan ini akan menujukkan pembengkakan pada kantong udara kecil pada paru-paru/ alveolus.

Gejala Penyakit Pneumonia
Gejala Penyakit Pneumonia

Selain mengalami pembengkakan, kantong-kantong udara paru-paru tersebut juga akan berisi penuh cairan. Hal inilah yang membuat penderit a pneumonia mengalami sejumlah gejala seperti nyeri sesak pada area dada dan batuk berdahak. Selain sesak dan nyeri pada dada, gejala-gejala lain juga mengiringi sesak napas tersebut.  Adapun beberapa gejala lain tersebut meliputi:

  • Demam
  • Rasa mual
  • Muntah
  • Mengalami sakit kepala
  • Nyeri pada otot dan juga cepat mengalami kelelahan

Pada sebagian besar kasus pneumonia yang terjadi, pneumonia disebabkan oleh oleh infeksi bakteri atau virus. Pneumonia ini dibagi atas beberapa tipe/ jenis, adapun beberapa tipe yang tersebut adalah:

Community acquired pneumonia

Jenis pneumonia ini dapat dikatakan sebagai tipe pneumonia yang kasusnya paling banyak terjadi. Community acquired pneumonia ini dapat terjadi akibat infeksi virus, bakteri ataupun jamur pada paru-paru.

Virus

Virus yang menyebabkan penyakit Community acquired pneumonia ini pada umunya adalah tipe yang ringan seperti influenza. Namun tidak jarang terdapat jenis virus influenza yang dapat menyebakan sindrom pernapasan parah/ akut.

Bakteri

Kebanyakan atau pada umumnya, bakteri yang menyebabkan munculnya Community acquired pneumonia ini adalah bakteri Streptococcus pneumoniae. Namun jenis bakteri lain seperti Mycoplasma pneumoniae juga dapat memicu munculnya pneumonia ini, meski dengan gejala yang lebih ringan.

Hospital acquired pneumonia

Jenis pneumonia ini dapat terjadi pada orang yang berada 48 jam atau lebih dalam perawatan rumah sakit disebabkan oleh penyakit yang dideritanya.

Pneumonia Aspirasi

Health care acquired pneumonia

Untuk pengobatan dari penyakit Pneumonia sendiri, pada umumnya dokter akan memberi pengobatan berupa pemberian obat antibiotik untuk menangani masalah infeksi yang terjadi di paru-paru. Namun untuk kasus berbeda seperti penderita pneumonia yang juga memiliki penyakit lain yang berpotensi menimbulkan komplikasi, maka perawatan intensif di rumah sakit adalah solusi yang biasanya disarankan oleh dokter.

Namun di samping langkah pengobatan, ada baiknya anda juga mengetahui cara mencegah munculnya penyakit ini. Secara medis, pemberian vaksin PCV(Pneumococcal Conjugate Vaccine) dan juga vaksin influenza adalah cara yang efektif untuk memperkecil resiko terkena penyakit paru-paru yang diperkirakan menyebabkan kematian sebanyak 38.000 jiwa anak pada tahun 2008 silam.

Selain itu menerapkan pola hidup sehat seperti menghentikan kebiasaan merokok dan menjaga kebersihan/ hiegenitas adalah langkah-langkah pencegahan lain yang dapat diterapkan guna mengurangi resiko penyakit ini.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.