Mengenal Platform Blog untuk Bisnis Online Anda

0
14

Bagi seorang pebisnis online maupun offline yang meng-online-kan bisnisnya, blog tak ubahnya gerai atau showroom tempat mereka memamerkan barang dagangan dan menyilakan pembeli melihat barang-barang tersebut. Tak hanya itu, blog juga memungkinkan setiap pengunjung untuk mengetahui setiap detail barang dagangan serta menanyakan hal-hal terkait spesifikasi produk maupun proses pembelian. Dengan fungsi yang demikian penting, blog harus dioptimasi sedemikian rupa agar dapat membuat betah pengunjung dan tertarik untuk mengunjunginya lagi baik setelah maupun sebelum melakukan pembelian. Optimasi awal untuk memperbiki tampilan, navigasi serta sistem kerja blog adalah dengan memilih platform blog yang tepat.

Jika Anda sama sekali ‘buta’ mengenai platform blog dan belum memiliki pandangan sama sekali mengenai platform atau penyedia layanan apa yang akan Anda pilih dan Anda percaya untuk mengelola blog Anda, Anda tak perlu cemas. Di bawah ini adalah beberapa platform blog yang umum digunakan para blogger, sebutan untuk pengguna blog dan juga kerap digunakan sebagai ‘gerai’ bisnis online maupun bisnis offline yang di-online-kan.

Blogger

Dibanding platform-platform blog lain, Blogger terbilang yang paling mudah dan praktis digunakan. Selain karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun untuk menggunakan seluruh fitur di dalamnya, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk me- launching blog Anda.  Seperti yang tertera di halaman beranda, ada sedikitnya tiga langkah yang harus Anda lakukan. Pertama adalah membuat akun, kemudian memberi nama dan menentukan template. Setelah itu, blog Anda siap diluncurkan.

 Sebagai salah satu platform blog tertua, hingga hari ini Blogger memiliki jutaan pengguna mulai dari yang menggunakannya untuk kepetingan bisnis, fun maupun hobbi dan kecenderungan lain.  Dengan fitur-fitur yang begitu sederhana dan mudah digunakan, Blogger sangat cocok untuk pemula yang baru mengenal dunia blogging. Namun demikian, ini tak berarti Blogger tak memiliki kelebihan. Salah satunya adalah kemungkinan untuk mengintegrasikan blog dengan website yang Anda miliki sehingga pengunjung tidak mengetahui bahwa blog yang Anda miliki menggunakan layanan Blogger.Ini tentu dapat meningkatkan kredibilitas Anda sebagai pebisnis professional.

 Typepad

Berbeda dengan Blogger, Typepad adalah platform blog berbayar (dengan layanan gratis pada 30 hari pertama) yang menawarkan tiga macam paket yakni basic, plus dan pro. Sesuai nama dan kategorisasinya, paket basic menawarkan fitur yang sangat terbatas sedang paket pro memungkinkan seluruh anggota dalam sebuah tim kerja untuk mengakses akun blog dan melakukan kustomisasi yang dibutuhkan. Umumnya, blog-blog yang menggunakan platform ini adalah blog-blog professional mulai dari blog bisnis hingga blog jurnalistik yang menyajikan berita secara berkala kepada pengunjung. Ini erat kaitannya dengan berbagai fitur istimewa yang tersedia, mulai dari layanan pelanggan, album foto, rich text editing, podcasting and video support dan lain sebagainya. Well, untuk peluncuran pertama, Typepad memerlukan waktu sekitar 20 menit.

Blogware

Platform blog satu ini juga berbayar meski menawarkan layanan gratis pada 30 hari pertama. Biaya menggunakan platform ini juga sedikit lebih tinggi dibanding  platform yang kedua. Bedanya, jika Anda bisa memiliki akun Typepad dengan melakukan pembelian langsung, Anda harus menggunakan jasa reseller untuk mendapat akun platform ini. Selebihnya, ada banyak kesamaan yang Anda dapat nikmati semisal kemungkinan melakukan layout dan setting tanpa menggunakan template. Selain itu, Anda juga bisa mengunggah file ke server blog melalui FTP.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here