Mengenal SEO dan Cara-Cara Memenangkan Persaingannya

Posted on

Memiliki blog atau website adalah langkah penting pertama untuk merintis bisnis online apapun jasa atau produk yang Anda tawarkan. Kedua fasilitas tersebut tak ubahnya sebuah toko di mana Anda bisa men-display produk yang Anda jual, menjelaskan hal-hal spesifik mengenai layanan yang anda tawarkan dan membiarkan pengunjung atau pembeli potensial mendapatkan sebanyak mungkin informasi.

Namun demikian, sebagus apapun blog atau website yang Anda miliki, semuanya tak akan berarti apa-apa jika Anda tidak dapat mengundang pengunjung datang dan melihat-lihat ‘dagangan’ Anda. Pengunjung inilah yang nanti akan Anda jadikan pelanggan potensial untuk membeli barang ataupun menggunakan jasa di blog atau website Anda. Untuk itu, Anda harus tahu dan berkenalan dengan apa yang disebut SEO atau Search Engine Optimization.

SEO adalah seperangkat cara dan strategi untuk dapat memenangkan persaingan di dunia online dalam hal urutan teratas hasil pencarian search engine. Seperti halnya Anda, siapapun yang berkepentingan mendapatkan barang atau jasa di internet akan terlebih dahulu ‘bertanya’ pada search engine dengan mengetik apa yang disebut keyword atau kata kunci. Mesin pencari yang paling terkenal di antaranya adalah Google, Yahoo dan MSN. Mesin-mesin tersebut bertugas menampilkan link-link website yang kata kuncinya cocok dengan apa yang diketik dalam search box mesin pencari. Jika website atau blog Anda bisa menempati urutan teratas dalam hasil penelusuran mesin-mesin pencari tersebut ketika para penjelajah dunia maya mengetik sebuah keyword, bisa dipastikan mereka akan mengunjungi blog atau website Anda. Dengan begitu, blog Anda akan kebanjiran pengunjung yang sebagian besar—jika tidak semua—di antaranya akan menjadi pembeli atau pengguna jasa Anda.  

Alur yang sama juga terjadi jika blog pesaing Anda—yang menawarkan produk dan jasa sejenis—berhasil memenangkan SEO dan muncul di urutan pertama dalam hasil penelusuran Search Engine. Pengunjung akan berdatangan pada website tersebut sehingga pesaing Anda memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk mengubah pengunjung menjadi konsumen. Nah, karena SEO bisa dimenangkan siapa saja, Anda harus tahu bagaimana cara memenangkan persaingan demi mendapat keuntungan dan mengembangkan bisnis online Anda. Dalam bahasa internet marketing, sebuah website atau blog yang Anda kerap muncul di urutan teratas hasil pencarian mesin pencari biasanya disebut SEO friendly.

Untuk menyulap ‘toko online’ Anda menjadi SEO friendly, berkut adalah adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan;

Menentukan Kata Kunci yang Deskriptif

Kata kunci adalah hal pertama yang harus Anda tentukan untuk meningkatkan kunjungan—atau dalam bahasa internet marketing, traffic—blog atau website Anda. Dalam menentukannya, Anda harus cukup jeli melihat kecenderungan pengguna internet ketika menggunakan search engine dan bayangkan Anda sendiri yang tengah membutuhkan informasi sehingga ‘bertanya’ pada search engine. Jika Anda menjual laptop bekas, misalnya, Anda bisa menggunakan kata kunci semisal pusat laptop bekas, gudang laptop second dan yang semacamnya. Setelah menentukan kata kunci, Anda bisa beralih pada langkah selanjutnya.

Membuat Konten yang Berkualitas

Dalam blog atau website bisnis, konten tak ubahnya deskrpsi singkat namun informatif mengenai blog secara keseluruhan, sebuah bagian blog tertentu atau khusus mengenai produk tertentu. Sebagai pemilik blog atau website, pastikan seluruh konten di dalamnya memuat kata kunci dengan pembagian yang merata. Selain memunculkan kata kunci di judul, kata kunci juga harus disebar di berbagai paragraf agar lebih mudah memenangkan persaingan SEO dan mengundang sebanyak mungkin pengunjung.

Mengoptimalisasi Penggunaan Title Tag

Setelah menentukan kata kunci dan menyebarnya secara merata—dengan jumlah yang wajar—di seluruh bagian content untuk memenangkan persaingan SEO, langkah anda belum selesai. nda juga harus memasukkan kata kunci dalam title tag. Title tag adalah adalah tulisan yang muncul di bar paling di atas pada halaman website Anda. Bar paling atas tersebut bersandingan dengan logo browser yang Anda gunakan dan terletak di atas alamat blog atau website. Menyelipkan kata kunci dalam title tag dapat menggambarkan produk atau jasa apa yang Anda tawarkan sekaligus akan muncul dalam hasil pencarian search engine di garis teratas. Garus tengah berisi cuplikan content yang memuat kunci (meta tag) sedang garis paling bawah adalah alamat blog atau website.

Anda bisa melakukan pengaturan ini—memasukkan kata kunci dalam title tag dan membuat title tag yang sesuai—ketika mengoptimasi dan mempermak blog atau website Anda untuk pertama kalinya. Jangan lupa untuk tidak hanya menyisipkan kata kunci dalam title tag, akan tetapi juga kata-kata lain yang deskriptif dan ‘menjual’. Jika Anda menawarkan jasa pembelian tiket transportasi online dengan kata kunci tiket transportasi online, maka contoh title tag website Anda adalah Bursa Tiket Transportasi Online Terpercaya, Beli Tiket Transportasi Online di Sini dan lain sebagainya. Dengan hanya melakukan permak kecil yang demikian, Anda sudah melakukan hal berarti untuk membuat website Anda lebih SEO friendly.

Mengoptimalisasi Penggunaan Headings

Ketika Anda menulis sebuah content dan akan memasukknya ke dalam sistem, Anda akan bertemu dengan fitur heading dalam pengaturan HTML. HTML memiliki 6 level heading yang urutannya didasarkan pada prioritas. Heading pertama adalah yang terpenting—karenanya disajikan dalam font yang paling besar—sedang heading keenam adalah yang paling tak penting. Heading yang demikian tak ubahnya judul sebuah tulisan ataupun headline surat kabar. Pastikan Anda memasukkan kata kunci dalam heading pertama serta heading-heading (subjudul) selanjutnya. Selain dapat memudahkan Anda memenangkan persaingan SEO, pengaturan yang demikian juga memudahkan pembaca menyerap content anda.

Tidak Menggunakan ‘Cara Belakang’

Seperti dalam bisnis-bisnis lain, cara belakang atau bermain curang hanya akan menyelamatkan Anda sesaat akan tetapi akhirnya akan menghancurkan Anda dan bisnis yang tengah Anda bangun. Hal yang sama sekali tidak direkomendasikan ini juga terdapat dalam persaingan menjadi website paling SEO friendly dengan mendapatkan urutan teratas dalam hasil pencarian search engine. Caranya adalah dengan menggunakan sebuah strategi yang umum dikenal dengan istilah black hat. 

Seperti namanya, black hat menyiratkan konotasi makna yang negatif. Jika Anda rajin menjelajah internet, Anda mungkin sering merasa ‘dikecoh’ oleh sebuah situs yang memiliki kata kunci yang cocok dengan apa yang Anda ketik di search box mesin pencari. Karena itulah, search engine akan menampilkan link ke website atau blog tersebut di urutan-urutan pertama. Anda kemudian mengklik link dan mengunjungi situs tersebut kemudian mendapati bahwa isi website atau blog yang Anda kunjungi tidaklah sama dengan kata kunci yang dimilikinya. Alih-alih memberikan informasi yang Anda butuhkan, Anda biasanya akan disuguhi berbagai iklan atau topik bahasan yang sama sekali berbeda dengan apa yang Anda butuhkan.

Karena itu, jangan lakukan hal yang sama hanya agar ‘toko online’ Anda kebanjiran pengunjung dan memenangkan kompetisi SEO. Ingat bahwa Anda tidak hanya membutuhkan pengunjung, akan tetapi Anda bermaksud mengubahnya menjadi pembeli produk atau pengguna jasa. Jika Anda mengecewakan pengunjung bahkan membuat mereka kesal, Anda, brand bisnis Anda sekaligus website atau blog Anda akan di-blacklist oleh pengunjung dan dengan sendirinya akan mengalami crash dan burn. Status sebagai website yang SEO friendly tidak akan bertahan lama dan bisnis Anda hanya akan semakin tenggelam.  

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.