Mengintip Manisnya Peluang Investasi Franchise atau Waralaba

Posted on

Membaca peluang investasi dan memutuskan terjun ke dunia bisnis atau usaha memang membutuhkan keberanian. Keberanian ini mutlak dibutuhkan untuk menghitung berbagai resiko, peluang maupun ancamannya. Saat keputusan memilih investasi atau menekuni suatu usaha sudah dilakukan, maka proyeksinya adalah melangkah maju dan terus berkembang.

Ketepatan membaca peluang investasi dan memutuskan melakukan suatu usaha adalah pilihan yang tidak mudah. Perjalanan mengelola bisnis juga tidak kalah sulit. Lebih-lebih jika Anda memulai dari usaha yang belum berjalan sama sekali. Membangun usaha dengan alokasi investasi lalu memikirkan persiapan dari nol adalah kesulitasn tersendiri yang secara eksplisit masih belum kita pastikan dengan tepat, sukses atau gagalkah usaha Anda nanti. Inilah kesulitan secara umum yang dihadapi oleh seluruh pelaku usaha.

Nah, bisnis waralaba, peluang waralaba dengan berbagai produk franchise yang ditawarkan oleh banyak pelaku usaha membantu Anda mengatasi persoalan ini. Anda tidak lagi disulitkan merancang bisnis Anda dalam bentuk apa, atau melakukan uji coba dan was-was apakah usaha Anda akan laku dan berkembang. Bisnis waralaba telah memberikan panduan yang dengan mudah dapat Anda praktekkan, sekaligus berbagai percontohan yang telah berhasil dari pemberi waralaba.

Dalam bisnis yang dilakukan dengan sistem Franchise, Anda tidak lagi harus membuat rancangan detail usaha sendiri. Namun begitu Anda tetap harus meluangkan waktu, tenaga, dan menjalankan bisnisnya sesuai dengan kreasi Anda sendiri agar bisnis dapat berkembang dan mendulang sukses. Jika diibaratkan mengasuh anak, membuka usaha dengan sistem Franchise diibaratkan seperti kita mendapatkan anak yang siap berlari. Anda tinggal mengarahkan peluang, potensi dan tujuan Anda agar anak tersebut dapat berlari dan mencapai tujuan dengan pikiran Anda.

Kemudahan ini membuat banyak usaha franchise terus berkembang. Lebih-lebih saat ini investasi franchise atau waralaba telah berkembang ke berbagai bidang. Tidak hanya pada bidang perdagangan, waralaba juga telah menyentuh wilayah produksi, pemasaran, promosi, jasa, dan bidang-bidang lainnya.

Dalam bidang produksi dan pertanian mislanya, saat ini telah berkembang waralaba pembibitan sawit. Waralaba ini memberikan kepastian menghasilkan bibit sawit yang berkualitas. Contoh peluang investasi waralaba lainnya adalah pada industri makanan ringan yang dilakukan para pemasar produk harian.

Selain pada sector produksi, waralaba paling banyak bergerak pada penjualan. Anda dapat melakukan investasi waralaba dengan menjual berbagai produkj yang dikelola oleh pemberi waralaba. Pilihan bisnis ini sudah banyak terbkuti menguntungkan karena investasi yang kita tanam langsung dapat kita jalankan. Dan secara umum jika pilihan lokasi mendukung, pelaku investasi waralaba secara umum tiga bulan sudah balik modal dan tinggal mendulang keuntungan.

Hal terpenting bagi Anda saat memilih peluang investasi waralaba atau franchise adalah dengan mematikan bekerjasama dengan pemberi waralaba yang tepat dengan reputasi yang baik. Pilih Franchisor yang telah memiliki STPW (Surat Tanda Pendaftaran Waralaba) yang telah diatur oleh pemerintah melalui Peraturan Pemerintah No.42 Tahun 2007 tentang Waralaba. Tidak semua pelaku waralaba mendapatkan STPW, karena ada syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh Franchisor. Atau setidaknya Anda bekerjasama dengan Franchisor yang sudah melakukan proses pengurusan STPW.

Peluang investasi waralaba ini terus berkembang seiring dengan meningkatnya berbagai pilihan konsumtif masyarakat dan semakin menariknya packing kemasan berbagai produk. Tentunya yang terpenting adalah bagaimana Anda memastikan produk franchise yang sesuai dengan pikiran Anda sekaligus bekerjasama dengan Franchisor yang tepat. Semoga peluang investasi waralaba ini mencerahkan semangat Anda untuk segera memulai bisnis.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.