Menjadi Pengusaha Profesional Dalam Bisnis Properti
Wednesday , July 26 2017
Home / Kesehatan / Menjadi Pengusaha Profesional Dalam Bisnis Properti

Menjadi Pengusaha Profesional Dalam Bisnis Properti

Berjalannya bisnis properti ibarat tubuh manusia yang terdiri dari organ – organ dan bagian – bagian tubuh yang saling berjalan dan menopang fungsi satu sama lain agar tubuh dapat beraktivitas sebagaimana mestinya. Begitu pula dengan bisnis properti dimana di dalamnya pun terdapat para “pemain” yang memiliki fungsinya masing – masing namun juga saling melengkapi dan mempengaruhi satu sama lain.

Pemain dalam bisnis properti yakni pihak – pihak yang menjalankan segala aktivitas terkait bisnis properti yang mana dengan keberadaan mereka membuat bisnis properti bisa berjalan sesuai harapan dan bahkan jauh lebih efektif sehingga mampu memudahkan para calon konsumennya.

Nah, para pemain yang terlibat dalam bisnis properti terdapat beberapa jenis dan kategori. Jika diklasifikasikan sesuai profesi dan aktivitas yang dilakukan, maka kita bisa membeda – bedakan para pemain atau stakeholder dalam bisnis properti tersebut menjadi berikut ini :

  1. Developer atau pengembang

Pihak developer bisa dikataka sebagai pemain inti dalam sebuah bisnis properti. Bagaimana tidak? Developer ini adalah pihak yang menjadi pengembang dari suatu kawasan berupa kompleks perumahan yang menyediakan banyak unit rumah dengan berbagai type sesuai kebutuhan calon konsumennya. Pihak developer ini menjalankan aktivitas bisnis properti mulai dari hulu hingga hilir. Yakni mulai dari proses pembebasan lahan yang akan dijadikan kompleks perumahan, proses perancangan lokasi perumahan, pembangunan, pemasaran, hingga finishing akhir dari proses jual – beli dengan konsumennya.

Tak heran jika para developer atau pengembang ini biasanya berjalan sebagai sebuah tim yang membagi tugasnya sesuai denga job description di atas. Yakni terbagi dalam Tim Lapangan yang bertugas melakukan pembebasan lahan dan perancangan pembangunan di lokasi yang ditetapkan ; Tim Pembangunan atau Eksekutor yang bertugas dan bertanggung jawab atas keseluruhan proses pembangunan unit – unit rumah beserta fasilitas perumahan yang disepakati, ; ada juga Tim Pemasaran yang bertugas untuk memasarkan kawasan perumahan tersebut kepada pangsa pasar yang dibidik serta mengurus proses jual – beli secara personal dengan para calon pembeli ; Tim Administrasi yang bertugas mengurus segala tugas administrasi dan perijinan yang dibutuhkan ; serta tim – tim lainnya yang dibentuk sesuai dengan kebutuhan dan konteks masalah yang dihadapi sang developer.

  1. Broker properti

Broker atau pihak perantara adalah pemain yang biasa disebut sebagai pihak ketiga. Yang mana tugas dan pekerjaan seorang broker memang menjadi pihak ketiga yang menghubungkan antara penjual properti yang menggunakan jasanya dengan calon pembeli potensial agar properti tersebut terjual dengan harga sesuai harapan si pemilik properti. Untuk itu, kedudukan broker sebagai pemain dalam bisnis properti sangatlah penting. Sebab keberadaannya membuat pertemuan antara penjual dan calon pembeli lebih mudah untuk tersealisasi.

  1. Investor

Selain developer dan juga broker properti, terdapat pula satu pemain yang tak kalah penting dibanding keduanya. Yakni investor atau pihak yang hendak berinvestasi pada bisnis properti melalui kepemilikan aset – aset properti seperti rumah, tanah, ruko, apartment dan lain sebagainya. Nah, investor ini punya peranan sangat penting agar bisnis properti bisa tetap berjalan. Investor ibarat konsumen suatu produk komersial lainnya yang perlu dipertahankan loyalitasnya.

Oleh karenanya, sangat penting bagi developer dan broker untuk bisa menyajikan produk – produk properti denga prospektus tinggi agar semakin tinggi minat masyarakat untuk berinvestasi dan “berbelanja” aset – aset properti ketimbang membeli barang – barang konsumtif lain yang kurang memberi manfaat tambahan layaknya properti.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *