Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Memperbanyak Makanan Sehat

0
9

Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Memperbanyak Makanan SehatSalah satu cara menyehatkan jantung secara alami adalah dengan cara memperbanyak makanan sehat. Makanan sehat untuk jantung sebenarnya sangat mudah untuk didapatkan. Bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk mendapatkan makanan sehat. Salah satu sumber makanan sehat untuk jantung adalah sayuran segar. Sayuran segar merupakan sumber makanan yang mengandung gizi lengkap dan sangat menyehatkan. Tubuh kita membutuhkan gizi yang cukup serta lengkap untuk menjaga kestabilan metabolisme dalam tubuh.

Sayuran sangat dibutuhkan oleh tubuh karena di dalam tubuh selalu terjadi proses pembakaran tenaga, pembaharuan sel, pertumbuhan sel, pengaturan sel atau metabolisme. Dan untuk melakukan perkembangan atau regenerasi sel, tubuh membutuhkan air dan protein yang cukup. Sedangkan untuk menjaga kestabilan metabolisme tubuh membutuhkan aneka mineral serta vitamin. Semua kebutuhan tubuh tersebut terdapat pada sayuran serta buah-buahan yang segar.

Khasiat sayuran hijau bagi jantung

Kesehatan jantung sangat tergantung pada vitamin yang diserap oleh tubuh dari makanan. Sumber vitamin yang baik bagi tubuh yaitu sayuran hijau. Sayuran yang memiliki warna hijau seperti kangkung, bayam, kacang panjang, daun singkong, dan aneka jenis sayuran lainnya mengandung banyak sekali vitamin B kompleks serta provitamin A atau karoten. Sayuran yang memiliki warna semakin gelap warna hijaunya maka sayuran tersebut mengandung karoten semakin banyak pula.

Fungsi dari beta karoten yang terdapat pada sayuran hijau adalah untuk meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru. Sayuran hijau juga mampu mengontrol kadar gula darah serta memiliki banyak antioksidan yang mampu menghancurkan radikal bebas yang dapat menyebabkan timbulnya kanker.

Khasiat sayuran warna jingga dan kuning bagi kesehatan jantung

Sayuran yang memiliki warna kuning dan jingga mengandung betakaroten atau provitamin A yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata serta kulit. Misalnya buah wortel dan tomat jingga. Adapun sayuran buah yang berwarna kuning seperti jagung mengandung banya beta cryptoxanthin. Zat tersebut sama halnya dengan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi sel tubuh dari terjadinya kerusakan organ tubuh. Sayuran buah yang memiliki warna kuning seperti jagung juga mengandung lutein serta zaexanthin yang berguna untuk memperlambat proses menurunnya daya penglihatan serta mencegah terjadinya penyakit katarak.

Khasiat sayuran warna merah dan ungu

Sayuran yang memiliki warna merah dan ungu mengandung banyak sekali zat anthocyanin. Zat yang sejenis dengan antioksidan tersebut mampu mencegah terjadinya penggumpalan dalam darah. Selain itu sayuran dengan warna ungu dan merah juga mengandung lycopene atau antioksidan yang berfungsi melawan sel kanker. Khasiat dari jenis sayuran seperti ini bisa didapatkan pada buah bit, cabai merah, tomat, paprika merah, dan terong. Dengan memperbanyak konsumsi sayuran dengan warna merah dan ungu maka tubuh akan terhindar dari resiko serangan jantung, stroke, serta berbagai penyakit yang menyerang darah lainnya.

Manfaat protein bagi kesehatan jantung

Agar jantung anda selalu dalam keadaan sehat sebaiknya perhatikan kadar protein yang terkandung dalam makanan yang anda konsumsi. Dengan menambahkan protein ke dalam masakan, khususnya protein hewani maka kebutuhan gizi pada tubuh akan terpenuhi dengan baik. Di samping itu makanan yang penuh dengan protein juga memiliki rasa yang sangat nikmat. Akan lebih baik lagi apabila makanan yang anda konsumsi juga kaya akan serat serta vitamin dan mineral tentu hal itu akan sangat membantu menjaga kekebalan kesehatan jantung.

Protein yang baik bagi tubuh bisa didapatkan dari hewan seperti ayam, sapi, ikan dan telor. Akan tetapi agar kandungan protein di dalam makanan tersebut tidak hilang sebaiknya anda memperhatikan cara mengolah makanan tersebut. Dan agar kandungan protein di dalamnya tetap terjaga sebaiknya anda memperhatikan beberapa tips memasak yang sehat bagi tubuh berikut ini:

  • Ketika memasak daging sapi, pisahkan antara lemak dan daging. Caranya adalah sayat kemudian singkirkan lemak yang menempel pada daging yang akan anda masak.
  • Pada saat memasak ayam, pisahkan antara kulit ayam dengan bagian ayam yang berlemak. Konsumsi dagingnya saja agar protein yang masuk ke dalam tubuh akan lebih banyak.
  • Pilihlah telur yang segar. Sebab telur yang sehat memiliki albumen yang sangat kental serta tidak cair.
  • Cara memasak yang sehat ada dua pilihan utama yaitu sayuran atau daging sebaiknya dikukus dengan minyak yang sedikit dengan menggunakan api besar. Pilihan kedua adalah dengan cara dikukus. Sayuran atau daging yang yang sehat adalah yang tidak tercampur dengan air secara langsung sehingga tidak ada zat antioksidan yang terlepas dari makanan tersebut.

Manfaat oats bagi kesehatan jantung

Makanan yang sehat bagi jantung lainnya adalah oats. Menurut WHO penyebab kematian terbesar dikarenakan penyakit pembuluh darah dan jantung atau biasa disebut kardiovaskuler. Hal ini lebih dikarenakan terjadinya perubahan pola makan yang tidak sehat. Di antara cara untuk meminimalisir terjadinya penyakit jantung adalah dengan cara mengurangi konsusi makanan yang mengandung lemak atau kolesterol berlebih. Kemudian di samping itu juga memperbanyak konsumsi makanan sehat serta tinggi serat, olah raga secara rutin dan merubah makanan dengan oats.

Dalam oats terkandung dua jenis serta yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu serat larut dan serat tak larut. Serat merupakan bahan makanan yang tak larut dalam proses pencernaan. Hati dapat merubah kolesterol menjadi asam empedu agar masuk ke dalam usus halus kemudian mencerna lemak dari makanan yang dikonsumsi. Dan ketika kita mengonsumsi oats maka beta glukan akan membentuk gel, lalu mengikat asam empedu serta kolesterol serta lemak lain supaya tidak terserap ke usus halus, tapi akan langsung dibuang melalui kotoran.

Hati akan mengambil kolesterol darah untuk mengganti asam empedu yang hilang. Kolesterol darah akan turun seiring dengan turunnya kadar kolesterol dalam darah. Sehingga resiko terserang penyakit jantung koroner pun akan menurun juga. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dianjurkan untuk mengonsumsi oats sebanyak 70 gram atau 8 sendok makan oats setiap harinya. Oleh sebab itu tidak ada salahnya apabila anda mulai mengganti makanan anda dengan oats agar kesehatan jantung anda semakin terjaga.

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan E

Vitamin C sangat berperan penting dalam upaya pembuangan kolesterol dari dalam tubuh. Selain itu vitamin C juga berperan untuk meningkatkan kadar HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik serta mensintesis kolagen. Jaringan kolagen adalah jaringan ikat yang sangat penting bagi kulit otot serta pembuluh darah. Ketika tubuh kekurangan vitamin C maka akan terjadi kerusakan sel dinding pembuluh darah arteri dan juga mengakibatkan melemahnya struktur pembuluh darah serta otot jantung.  Vitamin C bisa ditemukan pada buah-buahan seperti kiwi, jambu, pepaya, lemon, strowberi, tomat, cabai merah, brokoli, dan lain sebagainya.

Selain vitamin C, kesehatan jantung juga sangat dipengaruhi oleh vitamin E. vitamin E dikenal sebagai antioksidan atau zat anti radikal bebas. Zat radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat merusak sel. Vitamin C banyak terkandung pada makanan seperti minyak sayur, minyak wijen, minyak zaitun, dan minyak kedelai. Selain itu, vitamin E juga banyak terkandung pada biji-bijian, sayuran hijau, makarel, salmon, ikan tuna, dan kacang-kacangan. Dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan E tersebut maka anda akan terhindar dari resiko serangan jantung koroner.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here