Menjalin Kerjasama : Kunci Sukses Menjalankan Bisnis Properti Bermodal Kecil

Posted on

Kunci sukses tentunya dicari oleh siapa saja yang ingin membuka gerbang kesuksesan dalam menjalankan bisnis properti. Sebab kunci sukses ini bisa menjadi acuan ataupun pijakan dalam menentukan strategi apa yang harus dilakukan untuk bisa menjalankan bisnis dengan baik dalam berbagai jenis konteks yang dihadapi para pelakunya. Baik itu dalam konteks bisnis properti skala besar, menengah maupun bisnis properti pada skala kecil.

Dimana skala yang ditetapkan dalam bisnis properti tersebut juga disesuaikan dengan modal dana yang mampu diinvestasikan. Bagi mereka yang bermodal kecil, tentunya masih pada skala bisnis properti kecil. Begitu pula mereka yang memiliki modal cukup besar maka bisnis properti yang dijalankan pastinya bisa dikembangkan sedemikian rupa menjadi berskala besar.

Namun demikian, berbagai skala dalam bisnis properti tersebut  sama – sama bertujuan untuk bisa mencapai kesuksesan pada konteks masing – masing. Misalnya saja pada konteks bisnis properti berskala kecil, maka dapat dikatakan mampu mencapai kesuksesan ketika bisnis propertinya mulai berkembang dan dikenal serta berhasil menjaring banyak konsumen. Sebab pada bisnis properti bermodal kecil, tonggak utama agar bisnis tetap berdiri berada di tangan konsumen. Tanpa konsumen, bisnis properti skala kecil tak akan mampu bertahan hingga akhirnya kolaps.

Untuk bisa menarik banyak konsumen, sebenarnya ada banyak sekali strategi pemasaran yang bisa dilakukan. Namun, prinsip yang harus diikuti oleh seseorang yang menjalankan bisnis properti dengan modal kecil adalah prinsip efisiensi anggaran alias strategi penghematan. Ya, penghematan anggaran adalah cara paling jitu yang bisa dilakukan agar asap dapur bisnis properti anda tetap ngebul. Nah, untuk menghemat anggaran operasional dalam bisnis properti, terdapat satu strategi sederhana yang bisa anda terapkan. Yaitu “Menjalin Kerjasama”.

Makna menjalin kerjasama di sini yaitu membangun hubungan mutualisme yang saling menguntungkan dengan rekanan yang kita ambil. Misalnya saja anda menjalankan bisnis properti sebagai seorang developer atau pengembang sebuah perumahan. Maka untuk bisa menarik banyak konsumen, anda bisa bekerjasama dengan berbagai rekanan terpercaya yang sudah anda kenali bagaimana karakter dan kinerjanya. Terutama sekali untuk bisa mengerjakan berbagai daftar pekerjaan yang membutuhkan penanganan cepat untuk bisa memberikan pelayanan prima kepada calon konsumen.

Misalnya saja anda perlu menjalin kerjasama dengan rekanan di bidang pemasaran untuk bisa memasarkan perumahan anda secara luas. Anda bisa menjalin kerjasama dengan suatu tim pemasaran ad hoc ataupun berkerjasama dengan para broker properti untuk bisa memperluas jangkauan pemasaran anda. Sehingga anda pun tak akan dipusingkan dengan pekerjaan pada bidang pemasaran tersebut dan energi dan pikiran yang anda miliki bisa anda fokuskan pada pekerjaan – pekerjaan pengembang murni seperti perencanaan, survey, proses pembangunan hingga finishing fasilitas perumahan. Sedangkan masalah pemasaran bisa anda delegasikan dengan rekanan yang anda ajak kerjasama.

Kerjasama yang baik antara anda dengan rekanan merupakan kunci sukses bisnis properti skala kecil yang anda jalankan. Sebab modal utama berjalannya bisnis anda adalah kepercayaan satu sama lain dalam kerjasama. Jika anda mampu menjalin kerjasama yang baik dengan rekanan yang baik pula, maka anda pun bisa mendapatkan hasil maksimal meskipun anda sendiri tak banyak memiliki pekerja dan modal dana. Jalinan kerjasama dengan rekanan tersebut bahkan bisa mengefisienkan penggunaan anggaran dana tanpa perlu mengurangi kualitas dan kinerja bisnis properti anda, sehingga konsumen tetap bisa mendapatkan kepuasan.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.