86 / 100 SEO Score

Menu makanan sehat untuk sangat dibutuhkan selama anda melakukan diet. Makanan untuk diet ini pun tidak selamanya harus mahal. Anda tetap bisa mendapatkan makanan yang menyehatkan dengan harga yang relatif lebih terjangkau. Yang terpenting adalah kandungan dalam nutrisi tersebut mampu menjaga kesehatan tubuh selama diet berlangsung.

Agar tubuh tetap sehat dan bugar selama diet maka anda perlu menjaga menu makanan sehat dan halal. Menu makanan tersebut bisa terdiri dari olahan sayur-sayuran, daging yang rendah kolesterol, dan buah-buahan.

Menu makanan berjenis sayur memiliki kandungan vitamin dan serat yang sangat baik bagi tubuh anda. Sehingga selama diet anda akan tetap memiliki tubuh yang segar.

Terutama sayur-sayuran yang memiliki warna hijau. Meskipun demikian, sayur-sayuran secara umum mayoritas mengandung nutrisi yang dapat membuat tubuh sehat dan bugar.

Hanya saja, masih banyak orang yang tidak suka makan sayur-sayuran sebagai menu diet. Kebanyakan alasan mereka dikarenakan sayuran memiliki rasa yang cenderung lebih hambar.

Hal itu sebenarnya karena tidak dibiasakan dari kecil mengonsumsi sayuran. Sehingga saat dewasa kurang suka dengan sayuran. Apalagi saat diet, banyak sekali orang yang anti dengan makan sayuran saja.

Sebagai orang Indonesia seharusnya bersyukur. Sebab, menu makanan sehat untuk diet sangat mudah dicari. Bahkan, saat ini banyak sekali jenis makanan sehat tradisional bahkan modern yang menggunakan sayur dan buah sebagai menu utama.

Menu makanan sehat untuk diet menurunkan berat badan

Berikut ini menu makanan yang menyehatkan tubuh dan halal bahkan mampu membuat tubuh anda semakin bugar dan terlihat segar selama diet:

1.Sandwich Roti Gandum

Sandwich roti gantum bermanfaat untuk diet menurunkan berat badan

Sandwich merupakan makanan yang sangat mudah dibuat. Meskipun Sandwich bukan berasal dari Indonesia, namun sandwich ini sangat favorit dan familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Cara membuatnya pun sangat simpel dan mudah. Makanan ini sangat cocok untuk keluarga yang sibuk.

Untuk membuat Sandwich ini anda cukup menyiapkan dua helai roti gandum lalu diisi dengan sayur-sayuran seperti timun, sawi, tomat, selada, telur, ikan, atau daging. Isi dari sandwich tersebut tentu akan membuat tubuh anda semakin sehat dan bugar. Sebab sayuran dan daging yang terdapat pada sandwich mengandung gizi dan protein yang besar.

Dengan mengonsumsi sandwith anda akan mendapatkan serat dari gandum, protein dari ikan dan daging, serta vitamin dari sayur-sayuran. Sandwith sangat cocok untuk anda jadikan menu makanan sehat untuk diet setiap pagi hari sebelum beraktifitas.

2.Salad Sayur

Menu makanan sehat untuk diet salad sayur

Salad sayur sangat bagus untuk tubuh anda selama melakukan diet. Anda bisa memasukkan salad sayur sebagai menu makanan sehat untuk diet anda sehari-hari. Salad sayur merupakan makanan yang rendah kolesterol. Sebab salad tidak mengandung bahan makanan yang digoreng. Sehingga salad sangat cocok untuk menjadi pilihan menu diet anda.

Isi salad sayur pun bisa bermacam-macam. Biasanya salad sayur terdiri dari sayur-sayuran seperti selada, kol, sawi, tomat, bawang bombay yang diolah dalam keadaan mentah dan bersih. Agar salad bisa anda nikmati akan lebih baik jika ditambahkan mayonaise dan jeruk lemon. Supaya anda makin lahap memakannya. Anda pun bisa mengganti isi salad sesuai selera anda.

3.Salad Buah

Manfaat salad buah untuk diet sehat

Salah buah juga sama baiknya seperti salad sayur. Salad buah bisa anda jadikan menu makanan sehat untuk diet sehari-hari. Isi dari salad buah pun bisa anda tentukan sesuai selera. Biasanya salad buah terdiri dari buah pepaya, melon, pir, apel, dan strowber.

Anda bisa memotong buah-buahan tersebut ukuran kecil kemudian anda tinggal menambahkan mayonaise di atasnya. Salad buah sangat nikmat dimakan pada siang hingga sore hari. Vitamin dan serat yang terkandung pada buah akan sangat baik bagi tubuh anda selama diet.

4.Oatmeal

Menu makanan sehat untuk diet menggunakan oatmeal

Oatmeal adalah makanan sehat sangat banyak dipilih oleh orang saat diet. Anda bisa menjadikan oatmeal sebagai pengganti nasi. Oatmeal sangat baik apabila dikonsumsi pada pagi hari. Makanan ini bisa memberi anda energi yang banyak untuk membantu anda beraktifitas sehari-hari.

Untuk membuat oatmeal yang sehat anda cukup merebus gandum utuh yang dicampur dengan susu nabati atau susu sapi. Setelah masak anda bisa langsung memakannya atau ditambahkan campuran madu akan lebih lezat.

Oatmeal tergolong makanan yang praktis dan murah. Oatmeal juga mengandung manfaat yang sangat besar. Oatmeal bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, menjaga berat badan, memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh, dan mampu menjadi antioksidan. Oatmeal sangat cocok untuk dijadikan menu makanan sehat untuk diet sebagai pengganti nasi.

5.Sop Sayur

Sup sayur Menu makanan sehat untuk diet

Selama menjalani diet anda pasti akan lebih sering merasa lemas. Terutama jika anda masih awal-awal proses diet. Agar anda tidak merasa lemas selama menjalani diet, anda bisa menjadikan sop sayur sebagai pilihan menu makanan untuk diet.

Sop sayur sangat bermanfaat untuk tubuh anda selama diet. Sebab sayur banyak mengandung serat serta vitamin yang dibutuhkan tubuh. Sup sayur biasanya terdiri dari berbagai macam sayur yang dicampur dengan kaldu ayam. Isinya terdiri dari kol, bayam, wortel, brokoli, jagung, dan lain-lain. Anda bisa menjadikan sup sayur sebagai menu makanan di malam hari.

6.Gado-Gado

Manfaat gado-gado untuk diet vegetarian

Gado-gado seringkali dikenal sebagai menu makanan untuk diet. Gado-gado merupakan makanan khas daerah Betawi yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Makanan ini sangat disukai oleh masyarakat Indonesia semua usia.

Gado-gado memiliki kandungan gizi yang menyehatkan tubuh. Isinya pun tergolong sangat sederhana dengan memanfaatkan bahan-bahan tradisional Indonesia. Diantara isi gado-gado ialah sayur tauge, sayur kangkung, mentimun, dan wortel. Ditambah lagi dengan lontong sebagai sumber karbohidrat. Lalu dicampur dengan bumbu kacang yang dihaluskan.

Gado-gado sangat cocok bagi mereka yang sedang melakukan diet vegetarian atau diet karbo. Dan uniknya, menu makanan sehat yang satu ini dapat anda beli dengan harga yang sangat murah. Untuk mendapatkan makanan gado-gado pun tidak sulit. Biasanya makanan ini dijual di pinggiran jalan mulai harga Rp.10.000 hingga Rp.20.000. Anda pun bisa membuatnya sendiri karena bahan makanan gado-gado sangat mudah didapatkan di pasar.

7.Smoothies

Menu diet sehat dengan smoothies

Smoothies merupakan minuman yang terbuat dari bahan buah-buahan serta sayur-sayuran. Smoothies merupakan minuman modern yang sangat bagus bagi tubuh selama diet. Smoothies memiliki tekstur yang kental dan pekat.

Untuk membuat smoothies pun cukup mudah. Anda hanya butuh memblender campuran buah-buahan dan sayur-sayuran kemudian menambahkan sirup gulan, gula pasir, es batu, dan susu tawar cair, anda juga bisa menambahkan yoghurt, cokelat, dan madu agar lebih lezat saat diminum.

Simak tips diet sehat yang aman berikut ini:

Itulah 7 menu makanan sehat untuk diet yang bisa anda konsumsi sehari-hari selama melakukan diet. Jangan lupa, meskipun anda sedang berdiet bukan berarti anda mengurangi porsi makan anda. Diet yang baik adalah tetap memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga tubuh agar selalu sehat dan mampu beraktifitas.

0 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *