menu makanan sehat
makanan sehat

Menu Makanan Sehat Untuk Keluarga Ala Vegetarian

Posted on

Menu makanan sehat sebaiknya selalu menjadi menu utama keluarga. Menu makanan sehat bisa didapatkan dari sayur, ikan, dan sumber protein lainnya.

Menyajikan hidangan spesial untuk keluarga pastinya tidak hanya lezat, tapi yang terpenting juga harus sehat bernutrisi. Berikut aneka menu sehat dan lezat yang bisa dijadikan rujukan untuk menemani anda memasak. Menu ini juga patut dicoba untuk sajian berbuka di bulan ramadhan.

Menu Makanan Sehat: Pisang saus yoghurt stroberi (untuk 6 porsi)

Bahan : 3 buah pisang tanduk, kupas, belah dua. 1 sdm mentega tawar . 100 g kacang almond panggang (sebagai taburan)

Bahan saus : 2 sdm yoghurt tawar . 100 g stroberi potong-potong

Cara membuat :

  1. Panaskan mentega tawar di atas pan anti lengket hingga meleleh
  2. Masukkan pisang, masak hingga kuning kecokelatan sambil sesekali dibalik, kemudian angkat.
  3. Saus : blender stroberi dan yoghurt hingga rata, kemudian sisihkan.
  4. Siapkan pisang panggang pada piring saji, siram dengan saus yogurt stroberi. Taburkan kacang almond panggang. Kemudian sajikan.

Menu Makanan Sehat: Ikan nila kukus setup sayuran

500 g ikan nila. 4 siung bawang putih, cincang halus. 2 ruas jahe, cingcang halus. 2 sdt kecap asin. 2 sdt kecap asin. 2 sdt kecap ikan. 1 sdt kecap manis. 1 sdt lada bubuk. 2 sdt air jeruk nipis. 1 buah bawang bombay ukuran kecil, iris tipis memanjang. 2 batang serai, memarkan. 1 batang daun bawang, kemudian iris.

Bahan setup sayuran : 1 buah wortel, potong dadu. 1 buah jagung manis, pipil. 100 g kacang polong. 600 ml air. 1 sdt garam.

Cara membuat

  1. Cuci bersih ikan, tiriskan selama 15 menit
  2. Setup sayuran : didihkan air, tambahkan garam , rebus sebentar wortel, jagung manis dan kacang polong. Angkat, kemudian sisihkan.
  3. Campur bawang putih, jahe, kecap asin, kecap ikan, kecap manis, lada bubuk, air jeruk nipis, aduk rata. Lumuri ikan dengan bumbu campuran tersebut, lalu masukkan dalam pinggan tahan panas. Diamkan selama 30 menit.
  4. Tambahkan bawang bombay, serai, dan daun bawang. Kukus ikan selama 30 menit.
  5. Tambahkan setup sayuran di atas ikan , kemudian sajikan.

Menu Makanan Sehat: Pelangi smoothie (untuk 2 porsi)

Bahan : lapisan 1 : 150 g nanas. 50 ml air jeruk sunkist. Lapisan 2 : 150 g stroberi. 100 ml air es. Lapisan 3 : 100 g kiwi. 100 ml air es

Cara membuat

  1. Cuci bersih semua buah, kemudian potong-potong
  2. Blender halus nanas dan air jeruk sunkist. Tuang ke dalam gelas hingga 1/3 bagian.
  3. Blender halus stroberi dan air es. Tuang pelan-pelan ke dalam gelas dengan menggunakan sendok makan hingga 2/3 bagian.
  4. Blender halus kiwi dan air es. Tuang pelan-pelan ke atas lapisan jus kedua.
  5. Dinginkan ke dalam kulkas. Kemudian sajikan.
  6. Demikian beberapa menu sehat untuk keluarga anda, semoga bermanfaat.

makanan sehat

Menu Makanan Sehat Dan Lezat ala Vegetarian

Banyak orang bilang makanan yang berupa vegetarian merasa membosankan, padahal menu yang berbahan dasar sayuran ini tak kalah lezat dari makanan berbahan dasar hewani.

Menu Makanan Sehat: Steak tempe saus lada hitam (untuk 2 porsi)

Bahan : 250 g tempe, kukus 15 menit, kemudian haluskan. 1 siung bawang putih goreng, kemudian haluskan. 10 g bawang bombay cincang, tumis hingga harum. 1 sdt merica bubuk . 1 sdt garam. 1 sdm margarin. Saus : ½ buah bawang bombay, iris. 1 sdm saus tomat . 1 sdm saus sambal . 1 sdt kecap manis. ½ sdt lada hitam , tumbuk kasar . ½ sdt tepung maizena, larutkan dengan 1 sdm air. Pelengkap : selada. Kentang panggang. Wortel. Buncis. Wijen sangrai.

Cara membuat

  1. Steak : campur rata tempe, bawang putih, bawang bombay, merica, dan garam
  2. Bagi adonan 6 bagian, bulatkan lalu pipihkan, kemudian sisihkan.
  3. Panaskan margarin di atas double pan. Panggang semua adonan hingga matang. Kemudian angkat.
  4. Saus : tumis bawang bombay hingga harum. Tambahkan saus tomat, saus sambal, kecap manis, lada hitam, dan larutan maizena. Tambahkan air secukupnya agar tidak terlalu kenta, kemudian aduk saus hingga mengental.

Menu Makanan Sehat: Nasi goreng bunga (untuk 2 porsi)

Bahan

400 g nasih putih. 25 g wortel, potong dadu. 20 g jagung manis pipilan. 25 g kacang polong. 2 sdm minyak goreng. 1 sdt margarin. 2 sdm kecap manis. Kemudian beri garam dan gula pasir secukupnya.

Bumbu halus : 3 siung bawang putih. 5 butir bawang merah. 3 buah cabai merah besar. ½ buah tomat. 1 batang daun bawang, ambil bagian putihnya. Iris halus. 1 ruas kencur. ½ sdt merica bubuk. 1 sdt kecap asin. Dadar bunga : 100 g tepung terigu protein sedang. 15 g tepung sagu. ¼ sdt garam. 300 ml air. 1 ½ sdm minyak sayur. Pelengkap : bawang merah goreng. Acar mentah. Emping

Cara membuat

  1. Dadar bunga : campur semua bahan hingga rata, panaskan minyak sayur, tuang ke adonan dadar, aduk hingga licin dan rata . Panaskan pan, tuang adonan secukupnya, masak hingga matang. Ulangi hingga adonan habis, kemudian sisihkan.
  2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan wortel dan jagung . Setelah matang, tambahkan nasi dan margin. Kemudian aduk rata.
  3. Tambahkan garam, gula pasir, kecap manis, kemudian masak.

Menu Makanan Sehat: Dumpling vegetarian

Cara membuat

  1. Isi : campur semua bahan isi. Aduk rata, kemudian sisihkan
  2. Kulit : aduk rata tepung terigu dan tepung kentang. Masukkan air mendidih ke dalam adonan tepung sambil diaduk. Masukkan minyak sayur, aduk rata. Diamkan 15 menit. Tutup adonan dengan serbet. Setelah dingin, uleni hingga kalis.
  3. Ambil 20 g adonan, gilas tipis dengan roling pin. Cetak bentuk lingkaran, lalu letakkan 1 sdm bahan isi. Lipat dua adonan membentuk wiron di salah satu kulit, biarkan sisi lainnya cepat rata .
  4. Setelah berbentuk dumpling, cubit bagian atas secara perlahan. Tekan agar rapat dan tidak terbuka saat dikukus. Kemudian taburi dengan parutan wortel.
  5. Panaskan panci kukus hingga mendidih. Kukusan yang telah dioles minyak goreng. Kukus 10 menit.
  6. Siap saji. Selamat mencoba!
Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.