Meraih Sukses Melimpah dengan Bisnis Online Anda
Friday , July 28 2017
Home / Bisnis / Meraih Sukses Melimpah dengan Bisnis Online Anda

Meraih Sukses Melimpah dengan Bisnis Online Anda

Bisnis online yang belakangan ini marak dan membuat siapapun bisa menjadi pebisnis sukses  berlimpah rupiah dianggap dapat mengancam eksisitensi pebisnis offline yang sudah lebih dulu makan asam garam dan malang melintang di dunia bisnis. Anggapan ini ada benarnya jika melihat besarnya animo konsumen untuk berpaling dari toko offline ke toko online. Apalagi, jumlah kepemilikan gadget juga semakin meninggi di masyarakat dari segmentasi yang berbeda.

Penyedia layanan telekomunikasi juga seakan berlomba untuk memberikan promosi paling menggiurkan demi menggaet sebanyak mungkin pelanggan dan sebanyak mungkin transaksi. Jika Anda adalah salah satu di antara pebisnis offline, Anda seharusnya bisa membaca keadaan ini sebagai tantangan dan bukannya masalah. Pengalaman yang Anda miliki selama mengelola bisnis offline masih tetap memberi nilai lebih bagi Anda dibandin pebisnis-pebisnis amatir yang baru terbuai dengan mimpi kesuksesan.

Caranya adalah dengan meng-online-kan bisnis offline Anda. Jika Ada berpikir bahwa Anda tidak memiliki pengetahuan tentang bisnis online dan bagaimana memulai sekaligus me-merger bisnis offline Anda dengan sistem online, Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak buku dan panduan yang bisa membimbing Anda dan Andapun bisa belajar secara otodidak ataupun banyak bertanya pada teman atau saudara yang tengah menggeluti bisnis online. Atau, jika Anda mempekerjakan karyawan, lakukan rekrutmen untuk mendapatkan seorang karyawan yang secara khusus akan mengurusi pemekaran bisnis Anda dengan sistem online.

Namun demikian sebelum itu, paling tidak Anda mengetahui alasan-alasan dasar untuk meng-online-kan bisnis offline Anda berikut;

Modal Minimal

Untuk meng-online-kan bisnis offline Anda, Anda tidak harus mengeluarkan banyak modal. Dengan membuat akun dan fanspage resmi di berbagai media sosial, membuat situs resmi (atau blog) perusahaan atau toko dan membuka layanan online dan real time, Anda sudah bisa melakukan banyak hal lebih. Paling banter, Anda harus memasang jaringan Wi-Fi di kantor sehingga karyawan Anda bisa langsung berkomunikasi dengan pelanggan. Perangkat dasar kantor lain, semisal laptop atau computer juga tidak membutuhkan banyak modal mengingat sebagian besar dari Anda pasti sudah memilkinya. Kalau terpaksa harus membeli, Anda juga tidak akan rugi sebab perangkat tersebut multifungsi sehingga tidak hanya akan digunakan untuk memperlancar sistem online.

Mempermudah Akses Komunikasi Konsumen

Seperti yang disinggung pada point pertama, sistem online dalam bisnis offline akan mempermudah akses komunikasi konsumen, utamanya jika perusahaan atau toko yang Anda miliki sudah mempunyai nama dan tempat tersendiri di hati konsumen. Anda hanya tinggal menyebarkan informasi bahwa bisnis offline yang Anda miliki sudah terintegrasi dengan sistem online sehingga konsumen atau pelanggan bisa lebih  mudah berkomunikasi dengan Anda atau karyawan Anda tanpa harus mengunjungi gerai atau toko yang men­-display barang dagangan Anda.

Satu Solusi Multi Manfaat

Dengan akses komunikasi yang lebih mudah dengan para konsumen, Anda bisa melakukan banyak hal dengan cara yang jauh lebih efisien dan mudah. Ketika Anda baru kedatangan stock barang baru, tengah menawarkan diskon atau promosi menggiurkan, atau meluncurkan produk baru, Anda tidak hanya bisa menempel aksesoris di seluruh bagian toko. Anda bisa mengumumkan hal tersebut lewat sistem online sehingga konsumen dan pelanggan akan berebutan datang mengunjungi toko Anda. Jangan lupa untuk mengunduh informasi dasar mengenai barang baru yang Anda tawarkan atau gambar dari produk ‘new arrival’ tersebut sehingga pelanggan tetap bisa melakukan transaksi tanpa harus mengunjungi toko Anda.

Keuntungan Berlimpah dan Pelanggan yang Bertambah

Dengan mengintegrasikan bisnis offline Anda dengan sistem online, Anda semakin memiliki banyak kesempatan untuk meng-goalkan penjualan. Jika selama ini basis pelanggan Anda terbatas pada konsumen di dalam kota dan sebagian di luar kota, maka integrasi dengan sistem online akan memungkinkan Anda menjangkau konsumen dan pelanggan hampir dari manapun. Untuk itu, pastikan Anda juga mengoptimalkan strategi marketing, tampilan blog dan atau website resmi serta update tampilan di berbagai social media yang Anda gunakan untuk keperluan bisnis.

Banyaknya penjualan yang Anda sukseskan juga berarti semakin berlimpahnya keuntungan yang Anda dapatkan sehingga Anda berpeluang besar mengembangkan bisnis Anda. Tak hanya itu, basis pelanggan Anda juga akan semakin banyak dan tersebar di berbagai penjuru, bahkan mungkin di luar negeri. Bangunlan komunikasi dengan pelanggan Anda dan minta mereka membuat testimoni bertransaksi dengan Anda. Tampilkan testimoni tersebut sehingga semakin banyak konsumen potensial yang tertarik membeli produk di toko Anda. Jika langkah kecil ini bisa Anda pertahankan dan kembangkan, Anda tidak perlu berpikir ulang untuk mengembangkan bisnis ke level yang lebih tinggi sebab basis pelanggan yang telah Anda miliki tidak akan berpaling dari Anda  dan akan dengan mudah memutuskan untuk memberi kepercayannya kembali pada Anda. Yang pasti, Anda harus menawarkan produk dengan kualitas unggul, harga yang pantas serta layanan transaksi yang memuaskan.

Melebarkan Sayap dan Membesarkan Nama Perusaaan

Pengembangan bisnis offline umumnya dilakukan dengan membuka cabang di tempat atau kota lain, menggunakan sistem waralaba ataupun bekerjasama dengan pebisnis ain. Apapun jenis bisnis offline yang saat ini Anda punya dan seberapa jauh Anda mengembangkannya, integrasi dengan sistem online tetap akan menguntungkan Anda karena memperbesar kemungkinan untuk melebarkan sayap bisnis sekaligus membesarkan nama perusahaan.

Jika Anda baru memiliki satu toko atau gerai di satu  kota, maka pelanggan Anda hanya akan terbatas pada orang-orang di tempat tersebut. Akan tetapi jika Anda ‘memublikasikan’ bisnis offline anda lewat sistem online, Anda bisa memperkenalkan bisnis anda tidak hanya kepada pelanggan potensial, akan tetapi juga menjaring rekan kerja potensial yang memiliki ketertarikan dan kecenderungan sama terhadap produk tertentu.

Dalam bisnis, kerjasama dengan pebisnis lain merupakan satu langkah konkrit untuk melebarkan sayap bisnis dan semakin membesarkan nama perusahaan. Dengan membuka cabang di tempat atau kota lain, misalnya reputasi produk yang Anda jual akan semakin tinggi dan ini dapat cukup memengaruhi konsumen untuk menjatuhkan pilihannya pada produk Anda dibanding tawaran competitor.

Meraih Keuntungan dari Iklan

Salah satu keunikan sekaligus keunggulan dari sistem online adalah peluang mendapatkan komisi dari sistem iklan internet. Karena itu, jika blog atau website resmi bisnis Anda memiliki banyak pengunjung, bahkan pengunjung rutin, tidak ada salahnya Anda menaruh iklan yang Anda perkirakan akan menarik minat konsumen Anda. Jika konsumen Anda benar-benar mengklik iklan di website Anda yang kemudian mengarahkan mereka pada situs lain yang iklannya Anda tampilkan, Anda akan mendapat komisi darinya dan ini bisa menjadi uang tambahan iseng yang berarti bagi kelangsungan bisnis Anda, semisal untuk mengganti biaya operasional internet sehingga keuntungan Anda bisa semakin utuh.

Enam alasan di atas adalah hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk mengintegrasikan bisnis offline yang Anda miliki dengan sistem online. Satu hal yang perlu Anda pahami adalah bahwa sistem online tidak akan merugikan siapapun, termasuk pebisnis manapun, selagi mereka kreatif dan bisa memanfatkan keadaan dan mengubahnya menjadi peluang dan kesempatan.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Smartphone untuk bisnis online

Inilah Manfaat Mobile Marketing Untuk Meraih Sukses dalam Berbisnis

Dunia marketing menurut semakin hari semakin memberikan tantangan yang harus disikapi dengan bekal pengetahuan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *