Mindset Pengusaha Sukses Inilah Yang Wajib Anda Miliki

0
21

Apa yang membuat seorang pengusaha sukses itu berbeda dari mereka yang tidak sukses?  Pengusaha sukses hanyalah orang biasa, mereka makan, minum, dan memiliki tanggung jawab di dalam keluarga maupun masyarakat.

Mereka juga punya hal yang ditakuti sama seperti lainnya. Perbedaan yang paling menonjol adalah kesuksesan itu sendiri. Kesuksesan itu diraih oleh mereka yang mempunyai mindset yang benar.

Mindsetlah yang membedakan antara pengusaha sukses dan orang yang gagal. Bagaimana mereka memandang hidup dan diri mereka sendiri. Integritas dan prinsip merekalah yang menuntun di gerbang kesuksesan. Pemikiran mereka inilah yang pada akhirnya mendorong untuk terus berkarya. Hasil yang dicapai akan berbanding lurus dengan mindset yang dimiliki. Lalu apa saja mindset pengusaha sukses yang harus Anda miliki?

  • Beranggapan bahwa nasib itu ditentukan oleh diri sendiri.

Orang yang memiliki anggapan seperti itu pasti akan selalu berusaha keras untuk mengubah nasib mereka. Mereka tidak akan menyia-nyiakan detik demi detik yang telah berlalu. Mereka tidak berpasrah pada nasib atau menyalahkan nasib. Tidak juga malas dalam melakukan perubahan. Baik perubahan diri sendiri maupun perubahan dunia luar.

Seringkali orang salah kaprah antara takdir dan nasib. Nasib itu berbeda dengan takdir. Takdir itu seperti halnya kematian, kelahiran, kecelakaan, dan sebagainya yang tidak bisa kita tentukan atau kita ubah dengan tangan kita sendiri. Sedangkan nasib bisa Anda ubah, misalnya dari miskin menjadi kaya dan dari gagal menjadi sukses. Cara mengubah nasib adalah dengan terus berusaha dan tentu diiringi dengan doa.

Cobalah juga untuk membedakan antara reaksi dan respon. Ketika Anda sedang dihadapkan masalah, cobalah untuk merespon daripada bereaksi. Jika yang Anda lakukan adalah jengkel, mengutuki masalah tersebut atau bahkan marah, berarti Anda sedang bereaksi. Namun apabila yang Anda lakukan adalah mencoba untuk menyelesaikan masalah dan mencari jalan keluar, berarti Anda sedang merespon.

Pengusaha sukses adalah mereka yang selalu merespon terhadap masalah ibarat pepatah, lebih baik menyalakan lilin daripada mengutuki kegelapan.

  • Memiliki visi yang jelas.

Pengusaha sukses memiliki visi yang jelas terhadapa apa yang ingin mereka raih. Contohnya seperti Bill Gates, ketika ia ingin memulai bisnis Microsoftnya, ia mempunyai visi bahwa komputer akan dimiliki setiap orang di dunia ini. Ia percaya bahwa keyakinan dan visinya itu akan terjadi di masa mendatang, sehingga ia memutuskan untuk membuat microsoft. Dan benar saja, saat ini hampir setiap orang di dunia ini memiliki personal komputer atau laptop. Dan setiap orang tersebut memakai microsoft sebagai perangkatnya.

Memiliki visi yang besar dapat mendorong seorang pengusaha untuk terus berupaya memberikan yang terbaik. Jadi temukanlah visi terbesar dalam hidup Anda, dan pikirkan visi Anda tersebut setiap saat.

  • Melakukan apa yang seharusnya dilakukan.

Selain memiliki visi yang jelas, pengusaha sukses juga mengerti bahwa semuanya harus dilakukan dengan aksi. Mereka selalu mengutamakan untuk take action untuk membuat visi tersebut menjadi nyata.

Namun pengusaha sukses juga harus tau mana yang harus dikerjakan dan mana yang sebaiknya ditinggalkan.

Tanpa perhitungan yang matang, seorang pengusaha bisa saja tidak mendapatkan apa-apa atau malah menjadi bangkrut. Banyak pengusaha yang terlilit hutang kemudian kehilangan aset, mobil, bahkan rumah.

Take action memang perlu, namun sebelum itu musti dilakukan perhitungan terlebih dahulu.

Jika Anda seorang pengusaha, mungkin Anda akan lebih sering dihadapkan pada situasi-situasi yang sulit. Anda harus menentukan mana keputusan yang tepat diantara banyak pilihan. Oleh karena itu, Anda harus siap dalam melangkah dan melakukan yang terbaik di dalan setiap keputusan-keputusan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here