Minyak Dapat Menyebabkan Timbulnya Penyakit Jantung - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Tuesday , July 25 2017
Home / Kesehatan / Minyak Dapat Menyebabkan Timbulnya Penyakit Jantung

Minyak Dapat Menyebabkan Timbulnya Penyakit Jantung

Minyak goreng merupakan bahan yang seringkali melengkapi makanan kita sehari-hari. Minyak goreng sering digunakan untuk menggoreng aneka makanan. Paling tidak terdapat dua jenis minyak sesuai kadarnya yaitu lemak jenuh atau lemak jahat dan lemak tak jenuh atau lemak baik.

Makanan yang sering diolah menggunakan minyak akan dapat berdampak pada kadar kolesterorl dalam tubuh. Kolesterol ini akan mampu mengakibatkan meningkatnya risiko penyakit jantung. Oleh sebab itu, kesehatan tubuh juga sangat bergantung pada bahan minyak yang anda konsumsi sehari-hari.

Minyak jenuh banyak terkandung dalam tubuh hewan. Kata lain dari minyak jenuh adalah minyak hewani, yang artinya adalah minyak yang bersumber dari hewan. Misalnya lemak babi, lemak bebek, dan lemak hewan lainnya. Lemak hewani juga mengandung kolesterol yang sangat banyak. Selain dari hewan, minyak jenuh juga terdapat dari nabati atau tumbuh-tumbuhan.

Karena minyak nabati banyak mengandung zat negatif bagi tubuh maka kita perlu mengetahui minyak apa saja yang baik untuk kesehatan jantung dan kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa minyak yang bisa menjadi alternatif minyak goreng di rumah.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah jenis minyak yang sangat baik untuk tubuh. Minyak zaitun bisa menjadi pilihan anda agar kesehatan jantung anda selalu terjaga. Minyak yang terkandung dalam minyak zaitun ialah minyak tak jenuh serta tidak mengandung kolesterol. Sehingga minyak zaitun sangat baik bagi tubuh. Di dalam minyak zaitun terdapat kandungan antioksidan dan vitamin K dan E. Minyak zaitun juga memiliki titik asap yang sangat tinggi sehingga baik untuk jantung. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk menumis atau menggoreng apapun.

  • Minyak kanola

Minyak kanola merupakan salah satu minyak yang direkomendasikan karena sangat baik bagi kesehatan jantung. Hanya saja minyak kanola hanya bisa dibeli di supermarket dan harganya pun cukup mahal. Minyak kanola tidak memiliki rasa tertentu. Minyak kanola mengandung minyak tak jenuh sehingga bagus untuk kesehatan jantung. Anda bisa menggunakan minyak kanola untuk menumis, membakar, maupun memanggang. Minyak kanola sudah melalui proses pemurnian dan penyulingan sehingga mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh.

Beberapa minyak yang mengandung lemak tak jenuh di atas sangat dianjurkan oleh para dokter. Untuk itu agar kesehatan anda selalu terjaga sebaiknya mulai membatasi konsumsi lemak jenuh seperti yang terkandung dalam minyak sawit, minyak kelapa, mentega, dan lain sebagainya.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *