Nikmati Sharing Segala Sesuatu Menggunakan Fitur Canggih NFC - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Wednesday , July 26 2017
Home / Teknologi / Nikmati Sharing Segala Sesuatu Menggunakan Fitur Canggih NFC

Nikmati Sharing Segala Sesuatu Menggunakan Fitur Canggih NFC

Apabila anda tidak menggunakan smartphone premium mungkin anda tidak mengerti apa itu NFC dan kegunaan NFC bagi smartphone. Apa itu NFC? Fitur NFC dengan kepanjangannya Near Field Communication adalah sebuah bentuk komunikasi wireless dalam jarak pendek yang membuat smartphone mampu terhubung dengan smartphone lain melalui jaringan radio.

Fitur NFC ini bermanfaat untuk proses sharing data seperti foto, video, kontak, musik, dan jenis file lain yang mampu dipertukarkan. Fungsinya hampir mirip dengan Bluetooth namun jelas lebih baik NFC dibandingkan Bluetooth. Lalu apa yang membuat teknologi ini menjadi sangat penting bagi smartphone?

Untuk mendapatkan sensasi NFC perlu membayar dengan harga mahal sebab fitur ini memang hanya tersedia pada smartphone premium dengan harga jelas mahal. Anda tak akan menemui teknologi NFC ini pada smartphone middle hingga low end.

Akan timbul sedikit kekecewaan memang karena anda belum bisa merasakan teknologi ini sepanjang anda belum memiliki smartphone premium. Namun tak ada salahnya ketika anda memahami terlebih dahulu apa fungsi dan manfaat NFC dengan lebih mendalam. Karena NFC ini dianggap sebagai sebuah teknologi masa depan karena fungsinya yang terbilang cukup luar biasa dan menjadi inovasi baru yang penting.

Secara umum, telah menjadi pengetahuan umum bahwa teknologi NFC berfungsi sebagai media transfer data. Namun ternyata NFC mampu memberikan fungsi yang lebih baik, terlebih ketika diaplikasikan di negara maju. Teknologi NFC bisa dimanfaatkan untuk alat pembayaran alat transportasi umum seperti kereta dan bus umum, membayar parkir, membayar bensin, dan pembayaran berbagai bentuk transaksi lain. Anda akan membayangkan betapa mudahnya akses ketika setiap orang telah mampu menikmati manfaat NFC dengan baik.

Tak akan lagi dibutuhkan peralatan yang memberatkan dan aktivitas manusia akan berjalan dengan lebih efisien. NFC mampu bekerja seperti kartu kredit atau MasterCard, sehingga tentu dengan menggunakan teknologi NFC, berbagai jenis kartu tak lagi dibutuhkan dan kehidupan akan lebih efisien. Bukankah akan sangat menyenangkan?

Dengan teknologi NFC ini seakan kehidupan dilancarkan dalam satu genggaman saja. Semua jenis transaksi kemudian akan dapat dilakukan dengan cepat tanpa hambatan. Terlebih dalam permasalahan transaksi dan pembayaran anda tentu akan sangat dimudahkan. Saat ini telah ada NFC-enabled payment yang akan memberi pelayanan untuk melakukan kelancaran dalam pembayaran berbagai jenis produk atau jasa yang akan anda pilih.

Karena NFC ini diramalkan akan mampu menjadi teknologi masa depan tentu akan ada pengaplikasian teknologi NFC pada berbagai level smartphone di dunia teknologi. Sehingga teknologi yang sekarang ini masih dikatakan mahal nanti akan menjadi sebuah teknologi yang mampu diakses oleh banyak orang di dunia.

Bagaimana cara menggunakan NFC? Cukup mudah sebenarnya cara menggunakan NFC ini. Untuk memulai proses transfer, anda harus memastikan smartphone yang akan anda lakukan transfer data adalah yang sama-sama memiliki teknologi NFC.

Aktifkan fitur NFC dan Android Beam pada perangkat android anda, lalu jangan biarkan smartphone anda dalam keadaan lock dan kedua perangkat android ini harus didekatkan dengan jarak tak lebih dari 10 cm hingga proses transfer data yang anda lakukan selesai. Ketika kedua perangkat telah terhubung, pilih file yang akan anda transfer maka kemudian proses pertukaran data akan berjalan. Dalam beberapa saat akan terdengar suara feedback dan pada saat itu proses transfer data telah selesai.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Beginilah Keunggulan MIUI (Home Interface Android Sensasi IOS)

Jagat teknologi kini tengah heboh dengan kehadiran MIUI yang digadang-gadang akan menjadi pesaing berat Apple …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *