Pahami Dulu Tips dan Trik Dasar Memulai Bisnis Online Sebelum Berbisnis - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Thursday , July 20 2017
Home / Bisnis / Pahami Dulu Tips dan Trik Dasar Memulai Bisnis Online Sebelum Berbisnis

Pahami Dulu Tips dan Trik Dasar Memulai Bisnis Online Sebelum Berbisnis

Bisnis online merupakan tren bisnis masa kini. Dengan adanya kemudahan dalam mengakses internet semua bisnis kini bisa dionlinekan. Mulai bisnis kecil-kecilan hingga bisnis modal besar pun bisa dijalankan secara online. Sebenarnya yang membuat bisnis online menjadi sangat spesial adalah karena memiliki jaringan yang sangat luas bahkan tanpa batas. Semua masyarakat dunia dapat mengakses internet tanpa harus izin-izin tertentu. Karena hal inilah bisnis online semakin diminati oleh para pengusaha.

bisnis online

Namun, ketika anda memutuskan untuk menjual produk atau jasa anda secara online tentu banyak hal yang harus anda patuhi supaya barang anda layak dan laku di pasaran internasional maupun nasional. Sebab, ketika anda memutuskan terjun ke dunia bisnis online berarti secara tidak langsung anda pun harus sadar bahwa pesaing anda pun semakin besar. Akan tetapi hal itu dapat disikapi dengan baik menggunakan beberapa tips dan trik dalam pemasaran. Buktinya, saat ini banyak sekali toko online kecil-kecilan yang justru sukses hanya karena mengandalkan trik pemasaran saja.

Dan berikut ini adalah beberapa tips dan trik dasar untuk memulai bisnis online. Tujuannya adalah agar bisnis online yang anda jalankan bisa awet dan dapat bersaing dengan pemain lama.

  • Buatlah Perencanaan

Berbisnis online sebenarnya cukup sederhana. Anda hanya memerlukan toko online saja untuk menawarkan barang milik anda. Untuk itu anda membutuhkan yang namanya website atau toko online. Selain itu anda pun harus merencanakan target-target penjualan dan juga termasuk pemasukan serta pengeluaran biaya produksi. Namun, yang lebih penting adalah merencanakan jenis barang yang akan anda jual agar itu menjadi ciri khas dari toko online anda. Bisnis e-commerce sepert ini lebih mengutamakan ketepatan dalam perencanaan daripada prosesnya. Sebab, apapun bisa saja terjadi dalam bisnis online. Baik itu untung maupun rugi besar.

bisnis online sukses

  • Definisikan Tujuan

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah tujuan dari bisnis online yang akan anda kembangkan. Jenis usaha yang anda tekuni pun sangat mempengaruhi tujuan anda nantinya. Kemudian anda pun harus mendeskripsikan secara pribadi apakah nantinya anda akan menjadi full timer atau hanya bekerja secara part time. Perencanaan di atas seharusnya mencapai pada tujuan utama yaitu kesuksesan. Nah, kesuksesan tersebut tentu memerlukan gambaran atau deskripsi yang jelas agar anda bisa melihat apakah bisnis anda tersebut telah mencapai target atau belum.

  • Lakukan Riset Pasar

Riset (Research) merupakan unsur yang sangat penting dalam mengawali bisnis online. Sebelum anda melangkah lebih jauh ada baiknya jika anda melakukan riset pasar. Meskipun hanya sekedar penelitian ringan dalam hal yang bersangkutan dengan bisnis yang anda kerjakan. Riset bertujuan agar anda dapat mengetahui seberapa besar persaingan dalam bidang yang akan anda tekuni nantinya.

Riset ini mencakup beberapa hal. Di antaranya adalah mencakup siapa saja pesaing bisnis sejenis yang akan anda buka. Apakah mereka pemain skala besar atau kecil. Maksudnya apakah mereka adalah suatu perusahaan atau individu. Kemudian riset juga meliputi harga barang yang mereka tawarkan. Hal ini berguna agar orang lain lebih memilih anda karena harga yang sedikit lebih terjangkau. Kemudian riset juga berguna untuk mengetahui sistem pelayanan. Intinya, riset ini berguna untuk mengetahui strategi lawan dalam menjual barangnya. Kemudian setelah mengetahui hal itu anda pun bisa mengatur strategi khusus agar orang lain lebih memilih anda daripada orang lain.

  • Tentukan Manajemen Yang Handal

Setelah mengetahui lawan atau pesaing serta mengetahui tujuan dalam berbisnis online, langkah selanjutnya adalah menentukan manajemen produk yang handal. Maksudnya adalah darimana anda mengambil produk yang akan anda jual tersebut. Apakah barang yang anda jual tersebut banyak dicari oleh calon konsumen. Kemudian apakah nantinya anda menggunakan sistem reseller atau dropship. Artinya apakah anda mengambil barang orang lain kemudian menjualnya kembali (reseller) atau hanya membantu menjualkan saja tanpa membeli barang (dropship). Atau bahkan anda menjual barang-barang hasil produksi sendiri. Semua itu perlu anda atur agar tidak terjadi kekeliruan ketika ada pembeli yang banyak berbelanja di toko anda. Selain itu, hal penting lainnya adalah sistem pengiriman yang tentunya harus lebih cepat agar konsumen tidak kabur.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Smartphone untuk bisnis online

Inilah Manfaat Mobile Marketing Untuk Meraih Sukses dalam Berbisnis

Dunia marketing menurut semakin hari semakin memberikan tantangan yang harus disikapi dengan bekal pengetahuan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *