Pelajari Ilmu Berbisnis Properti Dulu Sebelum Terjun Dalam Usaha Properti

Posted on

Dimana ada bisnis, di situ harus ada modal. Eits, jangan salah mengartikan modal hanya sebagai uang saja ya! Anda perlu tahu bahwa modal dalam memulai suatu bisnis ada banyak jenisnya. Sebab  modal sendiri merupakan segala sesuatu yang dipakai untuk mengawali dan menjalankan operasional suatu bisnis ataupun kegiatan usaha. Sehingga makna modal pun sangat luas. Kita bisa memaknai modal sebagai modal tenaga, modal uang, modal ilmu, modal pengalaman, modal link atau jaringan dan masih banyak lagi.

Namun seringkali, para pebisnis salah dalam memandang prioritas jenis modal yang harus disiapkan sebagai syarat sukses dalam menjalankan bisnis. Kebanyakan orang beranggapan bahwa modal berupa uang adalah yang paling menentukan apakah seseorang akan sukses di dalam menjalankan bisnis properti ataukah justru gagal. Sebab orang yang punya modal besar dianggap mampu pula membesarkan bisnisnya. Sedangkan mereka yang tak bermodal atau sekedar bermodal kecil tentu hanya akan mampu membentuk bisnis yang kecil – kecilan saja.

Jika anda juga termasuk bagian dari orang – orang yang memiliki anggapan seperti hal nya anggapan di atas, maka anda perlu merenungkannya lagi. Apakah memang benar bahwa modal uang adalah modal yang paling penting dan paling menentukan sukses gagalnya suatu bisnis terutama dalam bisnis properti?

Sebagaimana kata pepatah bahwa bahwa uang bisa habis ketika dibelanjakan, namun ilmu tetap kita miliki dan terus bertambah bahkan ketika kita membagikannya. Agaknya pepatah tersebut sangat cocok untuk konteks pembahasan kita saat ini. Jika anda merenungkan lebih mendalam, sebenarnya modal ilmu pengetahuan adalah modal yang jauh lebih bernilai dari pada modal uang sekalipun. Mengingat modal ilmu terutama ilmu dalam menjalankan bisnis properti ini bisa menjadi modal penting dalam mengembangkan dan menentukan arah strategi saat anda menjalankan bisnis properti. Dimana sukses gagalnya bisnis properti anda tersebut, sangat bergantung pada strategi dan pertimbangan – pertimbangan yang anda buat. Dimana strategi dan pertimbangan bisnis tentunya tak akan mampu dibuat oleh mereka yang minim modal ilmu bisnis properti sekalipun orang tersebut memiliki modal berupa uang yang jumlahnya cukup besar.

Mereka yang hanya mengandalkan modal kekuatan finansial semata, tentunya akan sangat bergantung kepada mereka yang memiliki modal ilmu dalam menjalankan bisnis properti. Dimana pada suatu titik, mereka yang bekerja di bidang bisnis properti dengan mengandalkan modal ilmu bisnis tersebut lama kelamaan akan memiliki pula modal uang dari hasil jerih payah mereka. Alhasil, pada satu titik, mereka yang mengandalkan modal uang bisa disalip pula oleh mereka yang mengandalkan modal ilmu berbisnis. Jika sudah demikian, tentunya mereka yang hanya memprioritaskan modal uang tanpa mau belajar dan membekali dirinya dengan modal ilmu bisnis properti, sedikit demi sedikit secara bertahap akan dikalahkan oleh strategi – strategi bisnis yang ditelurkan pebisnis bermodal ilmu dan juga bermodal uang yang mereka rintis sebelumnya.

Nah, jika anda ingin merengkuh kesuksesan melalui bisnis properti, alangkah baiknya jika anda memprioritaskan diri untuk memperbanyak modal ilmu bisnis anda. Meskipun memiliki modal dana ataupun uang juga tidak keliru. Akan tetapi yang terpenting anda juga punya bekal ilmu dan keahlian dalam menjalankan bisnis properti secara mandiri tanpa menggantungkan diri pada SDM ataupun staff ahli. Dengan demikian anda memiliki pondasi yang kuat dalam bisnis properti, yakni modal utama berupa modal ilmu dan keahlian bisnis serta modal dana.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.