Pentingnya Faktor Legalitas Dalam Bisnis Properti

0
26

Sudah tak diragukan lagi, bahwa terjun dalam bisnis properti adalah keputusan yang sangat bijak dalam memperoleh kemapanan finansial. Apalagi bisnis properti ini dapat dijalankan oleh siapa saja, tak melihat apakah dia seorang ekspert atau ahli bidang bisnis properti, ataukah seorang yang masih awam atau amatir. Hal ini sangatlah wajar mengingat bisnis properti memang merupakan salah satu jenis bisnis yang cukup sederhana.

Namun demikian, bukan berarti anda yang ingin memulai bisnis properti tak butuh mempelajari dan mendalami lebih jauh seluk beluk bisnis ini. Meskipun beberapa alternatif bisnis properti memang cukup sederhana dan tak terlalu rumit dalam menjalankannya, anda tetap membutuhkan beberapa pengetahuan dasar serta sekelumit informasi penting agar bisnis properti yang anda jalankan tak sampai membuat anda merugi.

Salah satu pengetahuan dan informasi mendasar yang perlu anda ketahui yaitu masalah seluk – beluk kepengurusan legalitas dari bisnis properti. Baik anda sebagai pihak yang membangun atau menyediakan properti (developer / pengembang properti), pihak yang menjual properti (pemilik properti atau seorang perantara alias broker properti), ataupun anda sebagai calon pembeli, anda harus memiliki pengetahuan terkait dengan legalitas apa saja yang perlu anda urus dan anda miliki agar bisnis properti yang anda jalankan tersebut sah di mata hukum atau sah secara de facto maupun de jure.

Mungkin, banyak diantara anda yang tak mengetahui signifikansi dari legalitas bisnis properti. Sehingga muncul pertanyaan : “Memangnya, mengapa kita harus mengurus legalitas dari bisnis properti yang kita jalankan?”. Pertanyaan tersebut sangat lazim diutarakan oleh mereka yang memandang mengurus dokumen – dokumen hitam di atas putih hanyalah aktivitas yang merepotkan dan tidak terlalu penting. Alhasil, mereka pun tak terlalu memperhatikan faktor legalitas ini.

Padahal, jika ditelisik lebih jauh, legalitas atau keabsahan adalah salah satu faktor penting guna mengamankan bisnis properti yang anda jalankan. Setidaknya, terdapat beberapa alasan mengapa faktor legalitas ini sangat penting untuk anda perhatikan. Diantaranya yaitu :

  1. Menunjukkan status kepemilikan di mata hukum

Dokumen keabsahan perjanjian maupun sertifikat hitam di atas putih merupakah bentuk penstatusan atas kepemilikan properti yang telah anda beli di mata hukum. Artinya, anda akan memiliki kekuatan hukum serta dilindungi oleh hukum yang berlaku di indonesia. Dengan demikian, anda tak perlu risau jika terdapat pihak yang tak bertanggungjawab ingin menguasai properti anda, sebab hukum akan melindungi aset properti atas nama anda tersebut. Asalkan seluruh dokumen dan sertifikat yang dibutuhkan telah anda kantongi.

  1. Mengantisipasi kerugian akibat sengketa hak milik properti

Sengketa perebutan hak milik atas aset properti adalah bentuk kasus yang paling sering terjadi di masyarakat. Namun anda tak akan diributkan oleh masalah semacam ini jika segala macam dokumen legalitas atas kepemilihan aset properti telah anda urus dengan baik.

  1. Memudahkan anda dalam urusan jual – beli atau pengurusan warisan

Sebagai aset investasi, tentunya menjadi hal wajar jika di kemudian hari anda ingin menjualnya kepada pihak lain ataupun ingin mewariskannya kepada anak dan cucu. Nah, untuk mempermudah proses jual – beli dan pindah nama oleh ahli waris, maka dokumen – dokumen legalitas yang anda miliki bisa sangat membantu.

  1. Bisa dimanfaatkan sebagai jaminan atau agunan di Bank dan masih banyak lagi nilai penting legalitas lainnya dalam bisnis properti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here