Pentingnya Pemetaan Lingkungan Sebelum Membeli Properti

Posted on

Membeli rumah sama halnya dengan membeli lingkungan. Itulah yang kita alami ketika membeli rumah. Namun tak hanya berlaku saat membeli rumah saja. Saat berinvestasi pada bisnis properti lainnya pun juga berlaku hal yang sama. Membeli properti, berarti membeli pula lingkungannya. Sebab lingkungan sangat terkait dengan apapun kondisi dari bisnis properti yang akan anda beli.

Bagaimana tidak? Bisnis properti sangatlah terikat pada lingkungan baik alamnya maupun kondisi sosial kemasyarakatannya. Berikut ini adalah beberapa nilai penting dari pemetaan lingkungan sebelum anda membeli properti. Diantaranya yaitu:

  1. Agar anda mendapatkan harga yang layak untuk properti yang ingin anda beli

Pemetaan lingkungan yang baik sebelum membeli properti adalah hal yang sangat wajib untuk anda lakukan dalam bisnis properti. Terutama agar anda mendapatkan harga yang sesuai dan tidak tertipu karena membeli properti dengan harga yang terlalu mahal. Anda bisa melakukan survey atau pemetaan lingkungan di sekitar properti yang anda inginkan. Kira – kira berapa rata – rata harga properti sejenis di wilayah tersebut. Dengan mengetahui kisaran harga pasaran bagi properti yang anda inginkan, maka itu bisa menjadi landasan bagi anda untuk menawar harga dan mendapatkan harga terbaik tanpa harus takut mendapatkan harga yang terlalu mahal.

  1. Memperoleh properti dengan kemudahan akses dan transportasi

Dengan melakukan pemetaan lingkungan, anda juga dapat memperoleh properti terbaik dengan mengetahui kondisi akses dan kemudahan transportasi untuk mencapai lokasi properti anda. Banyak orang yang kecewa setelah membeli suatu properti karena properti yang dibelinya ternyata belum dilengkapi akses jalan yang layak dan jauh dari transportasi umum. Sehingga jika anda melakukan survey dan pemetaan sebelumnya, anda tak akan memperoleh kekecewaan serupa. Apalagi faktor akses dan kemudahan transportasi juga merupakan faktor yang mempengaruhi ketepatan strategi investasi pada bisnis properti anda.

  1. Memperoleh lingkungan alam yang bersih, sehat dan nyaman

Dengan melakukan pemetaan lingkungan sebelumnya, maka anda bisa mengecek sendiri kondisi lingkungan di lokasi anda membeli ingin membeli properti. Sebab tak semua tempat memiliki kondisi lingkungan yang baik. Anda harus jeli melihat lingkungan sekitar rumah atau tanah yang akan anda beli apakah merupakan lokasi yang menjadi langganan bencana, tingkat kebersihan lingkungannya serta keamanan dan kenyamanan ketika kita hendak tinggal atau memanfaatkan properti tersebut sebagai tempat usaha. Anda pun perlu menganalisa apakah properti anda tersebut nyaman dan sehat untuk ditinggali. Meskipun anda tidak berencana untuk tinggal di sana ataupun menggunakannya sendiri, anda pun harus tetap memetakan agar nilai investasi anda tak bermasalah di kemudian hari akibat kondisi lingkungan yang tak sehat yang membuat calon pembeli pun ogah untuk meliriknya.

  1. Anda bisa membeli properti dengan lingkungan sosial yang baik

Memetakan lingkungan juga berarti anda memetakan kondisi sosial budaya di lingkungan sekitar properti. Dengan memetakannya, anda bisa mengetahui apakah kondisi masyarakat dan lingkungannya sesuai dengan tujuan anda saat membeli properti tersebut. Misalnya tujuan anda membeli properti adalah untuk tempat usaha. Maka anda sangat perlu melakukan pemetaan dan menganalisa apakah kondisi masyarakatnya aman dan apakah lingkungan tersebut memiliki tingkat kriminalitas tinggi yang akan sangat mempengaruhi jalannya bisnis anda nantinya.

  1. Memperoleh properti dengan dilengkapi fasilitas umum

Memetakan lingkungan juga sangat penting agar anda bisa mengetahui sendiri apakah di sekitar properti yang anda ingin beli tersebut dilengkapi fasilitas – fasilitas penunjang seperti rumah sakit, pasar atau pusat perbelanjaan, pusat pemerintahan dan lain sebagainya. Sehingga anda pun akan semakin dimudahkan setelah membeli properti tersebut.

 

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.