Thursday , June 22 2017
Home / Tips Kesehatan / Kesehatan Ginjal / Penyakit Batu Ginjal: Pengertian, Gejala, dan Cara Mengobati Batu Ginjal
penyakit batu ginjal

Penyakit Batu Ginjal: Pengertian, Gejala, dan Cara Mengobati Batu Ginjal

Pengertian Penyakit batu ginjal

Batu ginjal adalah sebuah material keras yang terbentuk dari pengendapan zat-zat sisa metabolisme di dalam ginjal. Dalam jangka waktu yang lama, zat-zat tersebut akan menjadi Kristal dan semakin membesar. Keadaan ini menyebabkan penderitanya kesulitan buang air kecil, bahkan urinnya juga mengandung darah.

Gejala batu ginjal

Secara umum, berikut beberapa gejala penyakit batu ginjal:

  • Apabila batu ginjal masih berukuran kecil dan dapat keluar melalui ureter, maka gejala yang dialami cukup minim
  • Apabila batu ginjal berukuran terlalu besar, maka memungkinkan terjadinya gesekan pada dinding ureter. Kondisi ini menyebabkan iritasi, urin mengandung darah
  • Nyeri pada pinggang, selangkangan, dan perut bagian bawah
  • Demam dan mengigil
  • Muntah-muntah
Penyebab batu ginjal

Ginjal adalah organ yang berfungsi menyaring dan mengelurkan zat-zat limbah sisa metabolisme dari dalam bentuk urin. Apabila zat-zat sisa metabolism tersebut terlalu tinggi, maka ginjal kesulitan untuk membuangnya secara bersih. Kondisi ini menyebabkan terjadinya penumpukan di dalam ginjal. Lama-kelamaan, kondisi zat-zat yang mengendap akan mengkristal dan memicu terjadinya batu ginjal.

penyakit ginjal

Secara umum, terdapat 5 jenis batu ginjal. Diantaranya yaitu:
  • Batu kalsium

Batu kalsium merupakan salah satu jenis penyakit batu ginjal yang disebabkan oleh tingginya kadar kalsium di dalam darah. Tingginya kadar kalsium ini dikarenakan kelenjar paratiroid yang terlalu aktif, serta konsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan oksalat secara berlebihan, seperti cokelat, kopi, teh, hati sapi, dan kacang kedelai.

  • Batu asam urat

Batu asam urat disebabkan oleh tingginya kadar asam urat di dalam darah. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung tinggi purin secara berlebihan. Beberapa makanan yang dapat memicu batu asam urat, seperti jeroan, daging merah, alkohol, dan kerang-kerangan.

  • Batu sistin

Batu sistin merupakan jenis penyakit ginjal yang jarnag ditemukan. Kondisi ini disebabkan oleh ginjal mengeluarkan asam amino sistin secara berlebihan dari dalam tubuh. Batu sistin dapat dipicu oleh penyakit sistinuria.

  • Batu struvit

Batu struvit merupakan jenis penyakit batu ginjal yang berkembang secara cepat. Penyebab batu struvit adalah infeksi saluran kemih yang telah mencapai fase parah. Pada umumnya, batu struvit lebih dominan dialami oleh wanita daripada pria.

Diagnosis batu ginjal

Diagnosis penyakit batu ginjal dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu:

  • Pemeriksaan fisik, biasanya dokter akan bertanya seputar gejala, riwayat keluarga, dan pola makan pasien
  • Tes urin
  • Tes darah
  • Pencitraan, seperti sinar-X, CT scan, dan intravenous urogram
Cara Mengobati Penyakit Batu Ginjal

Untuk pengobatan batu ginjal, biasanya dilakukan sesuai dengan tingkat keparahan dan ukuran batu ginjal tersebut.

  • Batu ginjal berukuran kecil atau sedang dan tidak mengganggu

Apabila batu ginjal berukuran masih kecil atau sedang dan masih dapat melewati saluran kemih, maka pengobatannya cukup dengan mengonsumsi air putih. Tujuannya agara cairan dapat membantu mendorong batu ginjal keluar dari dalam tubbuh.

  • Batu ginjal berukuran sedang dan mulai mengganggu penderitanya

Jika batu ginjal mulai terasa menyakitkan, maka dokter akan memberikan resep obat pereda rasa sakit, seperti kodein, ibuprofen, dan parasetamol.

  • Batu ginjal yang parah

Apabila batu ginjal berukuran besar dan menyumbat saluran kemih, maka jalan satu-satunya adalah melalui operasi.

Pencegahan batu ginjal

Beberapa cara untuk pencegahan batu ginjal, diantaranya yaitu:

  • Konsumsi air putih secara rutin, setidaknya sekitar 2 Liter sehari
  • Batasi konsumsi makanan pemicu batu ginjal, seperti makanan yang kalsium, oksalat, dan protein
  • Rutin berolahraga

cara mengobati batu ginjal

Gejala Terjadinya Penyakit Batu Ginjal 

Anda tentu mengetahui bahwa ginjal merupakan salah satu organ vital pada tubuh manusia yang memiiki peranan sangat penting dalam proses ekskresi. Ginjal sendiri merupakan organ yang bentuknya mirip dengan bentuk kacang dengan fungsi atau peran menyaring urea yang terdapat di dalam darah dan membuangnya bersama urine. Jika bicara mengenai organ vital seperti ginjal tentunya akan menjadi sangat kurang lengkap tanpa membahas resiko penyakit yang mungkin menyerang ginjal. Salah satu penyakit yang memiliki resiko cukup tinggi menyerang ginjal adalah batu ginjal. Berdasarkan data jumlah penderita penyakit batu ginjal di Indonesia, penderita baju ginjal di Indonesia telah mencapai persentase 0,5 % dari jumlah populasi.

Penyakit batu ginjal sendiri dapat dijelaskan secara medis sebagai penyakit yang ditandai dengan terbentuknya zat/ material keras seperti batu pada ginjal. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penyakit ini lebih banyak dialami oleh kaum pria dibandingkan kaum hawa/ wanita. Secara singkat dapat dikatakan bahwa, penyakit yang juga dikenal dengan nama Nephrolithiasis ini lebih berkaitan dengan saluran kencing pada pria. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa penyakit ginjal ini merupakan suatu kondisi medis, dimana terjadi pembentukan zat/ material keras seperti batu pada ginjal. Zat/ material-material keras yang terbentuk di ginjal ataupun kandung kemih ini akan mengalami pergerakan menuju ureter/ saluran kemih dan berpotensi menimbulkan penyumbatan yang menimbulkan rasa nyeri bahkan pendarahan saat buang air.

Batu ginjal juga memiliki dampak komplikasi jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, dimana hal ini dapat menyebabkan kegagalan ginjal. Gagal ginjal dapat dikatakan terjadi apabila ginjal tidak dapat melakukan fungsinya sebagai organ ekskresi, yaitu penyaringan dan pembuangan zat sisa metabolisme tubuh, pengaturan keseimbangan cairan elektrolit  serta tekanan darah. Penyakit batu ginjal sendiri dapat dikatakan cukup banyak jenisnya, beberapa diantaranya adalah:

  • Batu ginjal kalsium/ fosfat atau oksalat
  • Batu ginjal asam urat
  • Batu ginjal sistin/ cystine
  • Batu ginjal magnesium amonium fosfat

Untuk pemicu munculnya penyakit ini, hal ini biasanya terkait dengan pola makan yang tidak sehat. Pola makan. Sebagai contoh, seseorang yang sering mengonsumsi makanan dengan kandungan oksalat tinggi seperti teh, kopi dan kokoa memiliki resiko tinggi mengalami masalah batu ginjal kalsium. Adapun faktor lain yang juga mempengaruhi munculnya batu ginjal adalah kurangnya asupan air. Kurangnya asupan cairan menyebabkan ginjal merespon dengan menahan cairan elektrolit, sehingga konsentrasi urin menjadi lebih sedikit dan pekat . Hal ini memperbesar kemungkinan pembentukan batu ginjal.

Selain itu, faktor genetik juga adalah faktor lain yang memperbesar kemungkinan seseorang menderita penyakit batu ginjal. Seseorang yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit ginjal ini cenderung lebih beresiko untuk terkena. Jika bicara tentang gejala yang ditunjukkan oleh penderita penyakit ginjal, penderita akan menunjukkan sejumlah gejala seperti:

Rasa nyeri

Seseorang dengan penyakit batu ginjal akan mengalami rasa nyeri yang luar biasa saat buang air. Rasa nyeri tersebut juga terjadi pada beberapa area tubuh seperti perut bagian bawah, punggung bagian atas dan area selangkangan.

Demam

Demam adalah salah satu bentuk respon tubuh terhadap infeksi yang terjadi. Ketika seseorang mengalami demam, hal tersebut mengindikasikan bahwa terjadi masalah infeksi pada organ atau bagian tubuh.

Terdapat darah pada urine

Hal ini terjadi ketika penyakit batu ginjal telah cukup parah, sehingga menyebabkan iritasi pada ureter dan pendarahan.

solusi penyakit ginjal

Solusi Penyakit Ginjal Yang Terdeteksi Setelah Tahap Lanjut

Dalam banyak kasus, penyakit ginjal baru diketahui pada tahap lanjut, karena itu sebelum terlambat mari kita cari informasi terkait penyakit ginjal.

Manusia mempunyai ginjal . Masing-masing ginjal berukuran sekepalan tangan manusia . Letaknya di rongga perut sebelah kanan dan kiri ruas tulang belakang . Ginjal sebelah kiri letaknya lebih tinggi daripada yang sebelah kanan karena di atas ginjal kanan terdapat hati yang menempati sebagian besar ruang di rongga perut.

Gangguan pada ginjal.

Ginjal, organ yang berbentuk seperti kacang merah besar ini berfungsi membuat zat-zat yang tidak berguna dalam darah dan kelebihan cairan dalam tubuh. Zat buangan itu dikeluarkan bersama urine. Produksi urine dalam ginjal melibatkan proses yang rumit, gunanya untuk menjaga kestabilan cairan dan elektrolit.

Ginjal juga menghasilkan hormon yang mempengaruhi fungsi organ lain. Antara lain, hormon yang mengatur tekanan darah dan metabolisme kalsium. Terganggunya fungsi ginjal karena penyakit tertentu mempengaruhi seluruh kerja tubuh dan bisa berakibat fatal .sebagian besar orang tahu bahwa penyakit jantung dan kanker bisa jadi pembunuh mereka juga menyadari.

Oleh karena itu, memonitor tekanan darah dan kolesterol sangat penting untuk menjaga kesehatan. Namun hanya sebagian kecil orang yang menyadari bahwa penyakit ginjal kronik (ckd) juga mengancam nyawa dan sering tidak terdeteksi sampai penyakitnya sudah lanjut.

Sebagai gambaran, pada penyakit gagal ginjal kronik tahap lanjut, fungsi ginjal sudah menurun. Penderitanya harus menjalani terapi berupa hemodialisis dengan alat dialisis. Orang awam meyebutnya cuci darah. Terapi ini untuk mengantikan kerja ginjal yang rusak, yaitu membuang cairan berlebih dan zat-zat berbahaya bagi tubuh. Pada tahap lanjut, terapi tersebut harus dilakukan` secara rutin seumur hidup.

Waspada dan Cara Mencegah Datangnya Berbagai Jenis Penyakit Ginjal

Mewaspadai kondisi penyakit ginjal kronik, yang utama adalah mengetahui risiko terjadinya penyakit tersebut. Orang dengan penyakit diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, riwayat keluarga dengan gagal ginjal, dan usia lebih dari 60 tahun berisiko menderita penyakit ginjal kronik . Demikian juga pada orang dengan obesitas, penyakit autoimun, infeksi saluran kemih, dan infeksi sistemik.

Faktor-faktor tersebut semestinya cukup membuat seseorang lebih mewaspadai munculnya penyakit ginjal untuk kemudian melakukan berbagai pencegahan. Namun demikian, tentu saja orang tanpa risiko tersebut bisa juga menderita penyakit ginjal bila mengabaikan upaya pemeliharaan penyakit ginjal.

Paling tidak ada 10 langkah yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Antara lain, olahraga teratur, gunakan obat pereda nyeri sesuai kebutuhan saja, jangan berlebihan, jaga berat badan, periksa kesehatan setiap tahun, ikuti pola makan yang sehat, ketahui riwayat penyakit dalam keluarga, monitor tekanan darah dan kolesterol, pelajari soal penyakit ginjal, tidak merokok dan mengomsumsi alkohol dan konsultasikan kepada dokter adanya risiko penyakit ginjal kronik.

Fakta yang perlu diketahui adalah adanya keterkaitan antara penyakit tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan penyakit ginjal. Mengidap salah satunya akan berisiko menderita penyakit lainnya. Penyakit darah tinggi sering didapati pada orang yang menderita penyakit jantung dan penyakit ginjal. Dan penyebab kematian yang sering terjadi pada penderita penyakit ginjal adalah karena penyakit jantung.

Oleh karena itu, selain 10 langkah diatas, sebaiknya perlu juga melakukan diet untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Para ahli gizi dan kesehatan telah merancang suatu diet yang membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan resiko penyakit jantung, stroke dan kanker, serta mencegah resiko terbentuknya batu ginjal. Diet itu disebut dash (dietary approaces to stop hypertension) yang meliputi diet kaya buah dan sayur seperti bayam, susu atau produk susu rendah atau bebas lemak, gandum, ikan, ayam dan kacang-kacangan. Dianjurkan pula untuk mengurangi garam, permen, minuman bergula, lemak dan daging merah.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

metode sunat

Metode Sunat Yang Paling Efektif Untuk Anak

Metode sunat memang beragam. Mulai dari metode sunat tradisional atau modern. Tujuan metode sunat itu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *