Penyakit Herpes : Gejala Yang Di Alami dan Pengobatannya

Posted on

Penyakit herpes adalah penyakit kulit yang sangat berbahaya karena bisa menular dengan cepat, biasa nya penyakit ini d sebabkan oleh virus. Penyakit herpes juga sering kambuh – kambuhan sehingga itu akan berakibat kurang baik untuk penderita nya.

Penyakit herpes dapat di bedakan menjadi dua macam yaitu penyakit herpes zoster dan herpes simplex virus.

Herpes zoster merupakan penyakit yang di akibatkan virus varicella zoster, ialah virus yang biasa terjadi pada penderita cacar air. Biasanya setelah penderita cacar air itu sembuh virus tersebut akan berada di sel saraf. Aktifnya virus tersebut dapat di akibatkan oleh stress pada tubuh yang bisa mengakibatkan terjadi nya penyakit herpes.

Orang awam biasa menyebut herpes zoster dengan sebutan cacar ular dan ada juga yang menyebut nya cacar api. Pertumbuhan penyakit ini dapat di akibatkan oleh beberapa hal antaralain :

  1. Akibat menurun nya daya tahan tubuh.
  2. Akibat terserang atau mempunyai penyakit kangker
  3. Mengkonsusmsi obat imunosupresif
  4. Akibat leukemia atau M. Hodgkin
  5. Kemoterapi atau radioterapi
  6. Dan juga bisa dari HIV/AIDS

Herpes simplex virus adalah jenis penyakit herpes yang biasanya di akibatkan hubungan seksual.  herpes simplex akan terlihat pada bagian bagian kulit serta mukosa  atau bagian manapun yang terkena inveksi virus herpes simplex dan ( HSV ). Gejala herpes simplex virus dapat di lihat dengan di tandainya gejala seperti :

  • gejala yang biasanya mengakibatkan luka atau vesikel serta ulukus
  • biasanya selama terserang herpes simplex ini akan terjadi gejala lesi kedua, serta bisa mengalami gejala seperti flu, dengan di tandai demam serta terjadi pembengkakan pada pangkal paha, pada peristiwa pertama akan mengalami rasa sakit saat buang air besar dan juga sakit kepala.

 

Gejala yang di tibulkan pada penyakit herpes antara lain adalah adanya peradangan kulit dan di daerah sekitar nya dengan di tandai terlihat nya ruam merah serta gelembung berisi air terlihat banyak atau berkelompok. Pada awal herpes ini menyerang dan ketika herpes sudah ada para penderita  akan merasakan panas serta sakit di bagian yang terkena penyakit.

Gejala pada herpes zoster

Gejala awal yang terjadi saat terkena penyakit herpes zoster ditandai dengan pusing kepala, badan lemas serta demam serta di lanjutkan dengan gejala lain yaitu otot tulang terasa nyeri, terasa gatal dan pegal, serta kulit kebas. Kelainan yang di alami oleh kulit pada saat terkena penyakit herpes zoster adalah bercak kemerahan di daerah atau di sekitar daerah persarafan yang di akibatkan oleh virus.

Komplikasi yang di akibatkan oleh gejala herpes zoster adalah

  1. Nyeri, adalah gejala yang biasa di alami para penderita herpes dan biasa nya di rasakan pada awal dan akhir terserang penyakit.
  2. Mata , komplikasi yang di akibatkan oleh gejala penyakit herpes zoster bisa sampai pada mata apabila terjadi gangguan pada saraf cabang nervus trigeminus.
  3. Sindrom ramsay hunt, terjadi di akibatkan adanya gangguan pada saraf fasilis serta saraf otikus, yang dapat memberikan gejala pada lumpuhnya otot wajah. Gangguan pendengaran serta mual.

Gejala pada herpes simplex

Gejala awal pada saat terserang penyakit herpes simplex adalah pada bagian bibir dan mulut, di bibir biasanya tumbuh benjolan kecil sebesar kepala jarum berwarna bening dan bergerombol. Gejala penyakit  herpes simplex di awali dengan rasa gatal dan saat pecah akan terasa perih. Herpes yang sudah sembuh kadang akan muncul lagi di tempat sebelum nya, dan saat muncul akan di sertai dengan demam, tidak enak badan dan juga nyeri kepala.

 

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.