Bahaya Penyakit Kolesterol dan Dampaknya Terhadap Tubuh Anda

Posted on

Penyakit kolesterol sangat berbahaya bagi tubuh. Kadar kolesterol yang tinggi membuat metabolisme dalam tubuh tidak bekerja maksimal. Semakin banyak kolesterol yang menumpuk dalam tubuh maka jalan darah akan terhambat. Inilah yang menyebabkan terjadinya penyakit kolesterol

Kolesterol sering dianggap sebagai zat yang sangat berbahaya bagi tubuh dan sering dianggap jahat. Padahal nyatanya tubuh tetap membutuhkan kolesterol yang akan digunakan untuk membentuk hormon, empedu, vitamin D, dan zat pembantu pencernaan lain di dalam tubuh.

Secara alami, hati telah memproduksi kolesterol namun terkadang karena kurangnya kapasitas kolesterol di dalam tubuh, maka perlu adanya tambahan kolesterol dari bahan makanan yang dikonsumsi oleh manusia. Sebenarnya kolesterol tidak selalu berdampak buruk bagi kesehatan, namun dampak buruk bisa terjadi ketika bahan makanan yang anda konsumsi mengandung terlalu banyak kolesterol. Anda tentu tahu bahwa segala hal yang berlebihan akan menimbulkan efek tidak baik, salah satunya adalah kolesterol.

Kolesterol merupakan bagian terluar dari lemak dan secara alami tetap dibutuhkan oleh tubuh. Terdapat beberapa jenis kolesterol seperti LDL (Low Density Lipoprotein) atau sering disebut dengan kolesterol jahat yang dibawa dari hati ke sel yang ketika jumlahnya berlebih di dalam sel akan menimbulkan penyakit arteri, HDL (High Density Lipoprotein) disebut sebagai kolesterol baik karena membawa kolesterol dari sel menuju hati sedangkan pada hati inilah kolesterol akan diubah menjadi limbah yang akan segera dibuang, Trigliserida adalah timbunan lemak dan glukosa sebagai cadangan energi yang akan digunakan ketika tubuh kekurangan energi.

Seberapa dampak penyakit kolesterol di dalam tubuh ditunjukkan dari berapa kadar kolesterol di dalam tubuh kita sendiri. Dalam ambang batas normal, tubuh membutuhkan kolesterol sebesar kurang dari 300 mg/dL dan kolesterol telah dikatakan tinggi apabila telah mencapai angka lebih dari 240 mg/dL. Ketika kandungan kolesterol sudah terlampau tinggi, maka ancaman berbagai penyakit akan muncul dan hal inilah yang patut untuk diwaspadai.

 

Bagaimanapun, anda harus mampu mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh anda agar penyakit tak akan menyerang tubuh anda. Kolesterol biasa dimiliki oleh makanan maka anda harus selektif memilih jenis makanan mana yang panta untuk anda konsumsi.

Makanan yang mengandung kolesterol tinggi adalah makanan yang biasanya memiliki rasa yang sangat lezat di mata banyak orang. Biasanya kolesterol dalam kadar tinggi muncul akibat proses pembuatan yang tidak tepat sehingga memicu sebuah makanan mengandung kolesterol tinggi. Secara umum, makanan berkolesterol tinggi bisa digambarkan dari makanan cepat saji. Proses penggorengan dan pembakaran mengundang peran penting dalam menyumbang kandungan kolesterol bagi makanan cepat saji.

Karena berkaitan dengan penggunaan suhu yang relatif tinggi, beberapa jenis daging akan kehilangan kandungannya yang penting dan berganti menjadi kolesterol akibat adanya lemak yang tak jenuh. Untuk itu, anda harus mampu menghindari makanan seperti gorengan dan makanan yang dibakar atau paling tidak batasi konsumsi makanan-makanan tersebut.

Akibat kandungan kolesterol yang tinggi akan muncul berbagai gangguan tubuh yang serius dan akhirnya mengakibatkan terjadinya penyakit kolesterol. Salah satunya adalah tersumbatnya pembuluh arteri atau aterosklerosis yang disebabkan oleh kolesterol yang masuk pada pembuluh darah sehingga akan mengganggu proses transportasi tubuh. Selain itu, penyakit stroke juga bisa disebabkan oleh kandungan kolesterol yang tinggi.

Dan yang paling menakutkan adalah penyakit jantung koroner. Seiring bertambahnya kandungan kolesterol di dalam tubuh maka potensi terjangkitnya penyakit jantung koroner akan semakin tinggi pula. Kolesterol menyumbat transportasi darah yang mengangkut oksigen menuju otot sehingga akan terjadi gumpalan pada arteri koroner. Dan lebih lanjut bisa mengakibatkan otot jantung berhenti dan mengakibatkan kematian bagi penderitanya.

Itulah bahaya penyakit kolesterol yang harus kita waspadai. Untuk itu mulai sekarang perhatikan makanan anda yang mengandung kolesterol tinggi. Kemudian kontrol dengan baik dalam mengonsumsinya.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.