Fakta tentang Penyakit Lupus yang Harus Anda Ketahui

Posted on

Ada satu penyakit dengan nama cukup unik yaitu penyakit lupus. Penyakit lupus ini masihkah terdengar asing di telinga anda? Penyakit lupus dikatakan sebagai sebuah penyakit yang unik dan masih ditemukan obat untuk menyembuhkannya. Di Indonesia, kasus terjadinya penyakit lupus sudah cukup lama dan sampai saat ini masih berpotensi untuk menyerang manusia terlebih bagi wanita pada usia 15-50 tahun.

Pada banyak kasus, memang wanita yang paling sering diserang oleh penyakit lupus namun tidak menutup kemungkinan pria pun bisa menjadi sasaran dari penyakit lupus ini. Kasus penyakit lupus di Indonesia terbilang masih cukup besar tercatat pada tahun 2012 sebanyak 12.700 jiwa dan mengalami peningkatan pada tahun 2013 menjadi 13.300 jiwa.

Menghadapi potensi serangan yang begitu luas maka perlu adanya kewaspadaan dalam mengatasi penyakit lupus. Untuk itu, anda perlu mengetahui beberapa fakta tentang penyakit lupus di bawah ini:

Penyakit Autoimun

Apa yang dimaksud dengan autoimun? Penyakit autoimun berarti sebuah penyakit yang timbul karena sistem imun di dalam tubuh menyerang organ tubuhnya sendiri. Dalam keadaan normal, seharusnya sistem imun menyerang penyakit asing yang masuk ke dalam tubuh namun justru pada penyakit lupus ini sumber penyakit justru berasal dari sistem imun tubuh.

Tidak Menular

Penyakit lupus murni terjadi akibat adanya gangguan sistem imun di dalam tubuh. Tidak disebabkan oleh mikroorganisme apapun yang berpotensi menyebarkan penyakit. Karena gangguan terletak pada tubuh pasien, maka penyakit ini hanya bisa menyerang pada satu orang yang mengalami gangguan sistem imun saja. Meski terjadi kontak dengan penderita penyakit lupus, namun penyakit ini tak akan menular.

Penyakit Seribu Wajah

Penyakit lupus sering dianggap pula sebagai penyakit seribu wajah. Istilah ini muncul sebab gejala penyakit lupus tidak bisa diidentifikasi secara jelas. Penyakit lupus memiliki gejala yang mirip dengan berbagai jenis penyakit. Hal ini membuat tenaga medis merasa sulit untuk mengidentifikasikan jenis penyakit yang menyerang seseorang dan bisa mengakibatkan kesalahan dalam penanganan.

Gejala Berbeda-beda pada Tiap Orang

Antara satu penderita lupus dengan yang lain akan memiliki perbedaan gejala. Bisa jadi seseorang mengalami gejala yang ringan dan orang lain bisa mengalami gejala berat. Hal ini semakin mempersulit dalam upaya identifikasi atau pencegahan terhadap penyakit lupus. Berbeda dengan penyakit lain yang telah memiliki karakter gejala yang jelas sehingga proses diagnosa menjadi lebih mudah. Penyakit lupus ini memang sangat sulit untuk didiagnosa sehingga banyak kasus kesalahan penanganan dan keterlambatan penanganan yang bisa berujung pada kematian.

Menyebabkan Permasalahan Darah

Penyakit lupus bisa menjadi pemicu dari berbagai permasalahan darah, seperti masalah pada pembekuan darah, kekurangan trombosit, kekurangan volume darah, dan lain-lain. Hal ini lantaran sistem imun juga ditopang oleh sel darah putih sehingga bagian tubuh yang pertama kali diserang adalah darah sebagai agen transportasi di dalam tubuh manusia. Akibat sistem transportasi yang mengalami permasalahan bisa mengakibatkan adanya kerusakan jaringan dan organ atau bahkan bisa menyebabkan kematian organ.

Pengobatan Lupus

Karena gejala muncul berbeda-beda maka pengobatan pun menjadi beragam sesuai dengan gejala yang dialami oleh penderita. Gejala ringan seperti nyeri sendi, ruam pada kulit, nyeri otot, dan kelelahan bisa diatasi dengan NSAID (obat anti-inflamasi untuk mengurangi kerusakan pada organ). Sedangkan bagi penderita dengan gejala komplikasi bisa diobati dengan menggunakan kortikosteroid dan imunosupresif dengan dosis tinggi.

 

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.