Daftar Penyakit Paru-Paru Berbahaya Bagi Kesehatan
Thursday , July 20 2017
Home / Kesehatan / Daftar Penyakit Paru-Paru Berbahaya Bagi Kesehatan
penyakit paru-paru berbahaya

Daftar Penyakit Paru-Paru Berbahaya Bagi Kesehatan

Penyakit paru-paru berbahaya bagi kesehatan tubuh. Banyak jenis penyakit paru-paru yang perlu anda ketahui seperti batuk kronis, bronkitis dan asma. Penyakit paru-paru berbahaya bagi tubuh dan dapat menggerogoti kesehatan setiap sendi tubuh. Untuk itu kita perlu menjaga selalu kesehatan paru-paru.

Paru-paru merupakan organ yang penting bagi pernapasan Anda. Selain sebagai alat respirasi (menyediakan oksigen yang diambil dari luar tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida), paru-paru juga menghangatkan udara yang masuk dan membersihkannya dari partikel debu.

Paru-paru terdiri dari dua bagian yaitu sebelah kiri yang terdiri dari dua lobus dan sebelah kanan yang terdiri dari tiga lobus. Dengan beratnya yang hanya sebesar 1,1-2,3 kg, paru-paru telah menjadi salah satu organ paling krusial dalam tubuh Anda. Bahkan permasalahan paru-paru memberikan kontribusi sebanyak 30% terhadap total penyebab kematian yang ada.

Cari cari tahu macam-macam penyakit paru-paru dan apa penyebabnya. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, kita dapat lebih waspada, menghindari penyebab yang menimbulkan penyakit paru, dan mengetahui cara yang tepat untuk melakukan tahap penyembuhan jika telah menghadapi salah satu penyakit paru.

  1. Penyakit paru obstruktif kronik

Penyakit ini mempengaruhi jutaan orang di daerah Barat dan masuk dalam empat besar penyebab kematian. Penderita biasanya memiliki gejala bronkitis dan emfisema, dan mungkin termasuk asma.

Penyebab penyakit ini yaitu peradangan kronis yang disebabkan oleh makanan yang mengandung pati/gula yang tinggi, gizi buruk, polusi dan penyalahgunaan tembakau.

  1. Emfisema

Emfisema adalah penyakit paru yang dimulai dengan hancurnya kantung udara (alveoli) di paru-paru, dimana oksigen dari udara ditukar dengan karbon dioksida dalam darah. Dinding kantung udara menjadi tipis dan rapuh. Kerusakan tersebut akan menyebabkan lubang dalam jaringan paru-paru. Paru-paru akan semakin berkurang dalam mentransfer oksigen ke dalam darah dan selanjutnya akan menyebabkan rasa sesak nafas.

Penyebab penyakit ini yaitu peradangan kronis akibat dari memakan secara berlebihan makanan bertepung, makanan yang mengandung susu, merokok, berkurangannya imunitas tubuh, dan menghirup udara yang tercemar. Kekurangan enzim, daan sayuran juga bisa menjadi faktor utama penyebab penyakit ini.

  1. Bronkitis

Bronkitis adalah peradangan pada selaput lendir saluran udara yang membawa aliran udara ke paru-paru. Bronkitis akut dapat menjadi batuk.

Penyebab penyakit ini yaitu virus dan bakteri yang masuk ke dalam tenggorok. Bronkitis yang kronis bisa menjadi penyakit paru obstruktif kronik dengan batuk yang berlangsung selama tiga bulan atau lebih dari satu hingga dua tahun. Merokok, polusi udara, dan pekerjaan yang terkena paparan bahan kimia atau rokok dan bahan yang berbahayabagi paru-paru lainnya (pekerja kasino, pekerja pabrik, pekerja konstruksi, pemadam kebakaran, dll).

  1. Fibrosis Paru

Fibrosis paru yaitu penyakit dimana terjadi penebalan di seluruh jaringan paru.

Penyebab penyakit ini yaitu peradangan kronis, defisiensi mineral, infeksi, paparan gas tertentu (asbes, silika, dll), paparan pengobatan radiasi (terapi radiasi untuk mengobati tumor dada), penyakit kronis (lupus, rheumatoid arthritis) dan obat tertentu (obat kemoterapi, obat jantung, antibiotik, dll).

  1. Bronkientasis

Bronkientasis adalah suatu perusakan dan pelebaran abnormal saluran pernapasan. Bila perusakan terjadi, maka akan mengakibatkan gangguan pada sistem pembersihan paru-paru.

Penyebab penyakit ini adalah adanya berbagai jenis infeksi yang merusak dan melemahkan dinding bronkial dan mengganggu aktvitas silia.  Bakal penderita ini umumnya telah memiliki cacat bawaan seperti defisiensi imunologi atau cystic fibrosis. Pneumonia juga menjadi salah satu penyebab penyakit ini, karena dapat melemahkan dinding tabung bronkial dan membentuk kantong infeksi.

  1. Pneumonia atau Radang Paru-paru

Penyakit ini adalah kondisi inflamasi pada paru, mempengaruhi kantung udara dalam paru-paru.

Penyebab penyakit ini yaitu infeksi akibat bakteri dan virus, debu, dll.

  1. Cystic Fibrosis

Penyakit ini terjadi karena adanya gangguan gen dari sel-sel yang melapisi paru-paru.

Penyebab penyakit ini adalah turunan, serta kekurangan mineral. Penyakit ini akan semakin parah jika melakukan diet yang tidak sempurna.

Penyakit Cystic Fibrosis tergolong penyakit paru-paru yang berbahaya karena dapat mengganggu kesehatan sel tubuh.

  1. Batuk Kronis

Batuk dapat dikategorikan kronis apabila tidak sembuh dalam waktu tiga minggu. Selain itu, Anda dapat melihat dari warna dahak (kuning atau hijau), dan ketika bernafas mengeluarkan suara seperti suara siul.

Penyebab penyakit ini yaitu virus dan merokok.

Penyakit batuk kronis tidak dapat dianggap remeh. Sebab penyakit batuk kronis tergolong penyakit paru-paru berbahaya bagi kesehatan.

  1. Asma Bronkial

Gejala awal penyakit ini yaitu sesak nafas, disertai batuk dan suara bengek. Hal tersebut dikarenakan adanya penyempitan pada pembuluh darah yang mengalirkan oksigen ke paru-paru.

Penyebab penyakit ini yaitu adanya genetik, debu, polusi, dll.

  1. Tuberkulosis

Penyakit ini dapat menular melalui bersin atau menyebarkan butiran ludah melalui udara. Gejala penyakit ini yaitu batuk kronis diserta dahak berdarah, demam, berat badan turun, dna berkeringat di malam hari.

Penyebab penyakit ini yaitu patogen mikrobakterium tuberkulosis. Orang yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat tidak akan terkena tuberkulosis, namun sebaliknya dengan orang yang kekurangan gizi dan memiliki daya tahan tubuh yang rendah.

Itulah daftar penyakit paru-paru berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Untuk itu sebisa mungkin kita selalu memperhatikan kesehatan tubuh khususnya paru-paru.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *