resiko stroke, penyakit stroke
resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Posted on

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka penyakit stroke selalu membuat banyak orang takut. Penyakit stroke merupakan kondisi dimana darah tidak dapat mengalir ke otak secara maksimal sehingga mengakibatkan saraf darah tersumbat. Kondisi seperti ini lebih akrab disebut dengan jenis stroke iskemik. Adapun stroke hemoragik yaitu dimana pembuluh darah pecah sehingga sel-sel saraf di otak hancur.

Penyakit stroke dapat terjadi pada manusia dikarenakan penyebab yang tidak menentu. Namun sebagian besar penyakit stroke menyerang mereka yang memiliki kebiasaan merokok, meminum alkohol dan mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tinggi, selain itu stroke juga dapat terjadi karena pola diet yang tidak benar namun ada juga yang faktor keturunan. Tingginya perubahan gaya hidup dari zaman dulu hingga gaya hidup saat ini juga turut menjadi penyebab terjadinya penyakit stroke. Dan berikut ini adalah beberapa sebab yang dapat mempengaruhi terjadinya penyakit stroke.

Terlalu lama bekerja

Penyebab terjadinya penyakit stroke yang pertama adalah terlalu lama bekerja. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari University College di London membuktikan bahwa orang yang biasa bekerja melebihi 55 jam dalam satu minggu maka ia sangat rentan terserang penyakit stroke. Mereka yang bekerja dalam waktu yang cukup lama memiliki resiko yang sangat besar terserang penyakit stroke. Selain itu mereka juga sangat beresiko terserang penyakit jantung koroner. Hal itu disebabkan darah manusia sebenarnya membutuhkan istirahat yang cukup sehingga darah dapat mengalir secara normal.

Dalam kasus ini yang banyak terserang stroke adalah para karyawan. Sebab karyawan seringkali bekerja lebih lama sehingga waktu istirahat semakin kecil. Budaya lembur dan menambah jam kerja sebenarnya tidaklah baik bagi kesehatan. Apalagi bekerja dalam waktu yang lama dan tidak diimbangi dengan pola makan yang sehat justru akan mempercepat terjadinya stroke.

Di samping waktu bekerja yang lama, resiko stroke juga akan lebih cepat dialami oleh mereka yang sering mengonsumsi makanan instan. Parahnya lagi mereka yang sudah asyik dengan kerjanya bahkan lupa akan istirahat. Kondisi seperti ini sebenarnya akan mampu menyebabkan kematian mendadak dikarenakan mengalami stres tingkat tinggi. Bekerja dalam waktu lama boleh saja asalkan tetap diimbangi dengan kebiasaan sehat seperti pola makan sehat dan juga olahraga yang menyehatkan serta istirahat yang cukup.

Kesalahan dalam pola diet

Penyakit stroke dapat meningkat secara cepat dikarenakan kesalahan dalam diet. Jika anda menginginkan tubuh yang ideal dan sehat sebenarnya anda hati-hati dalam menentukan pola diet. Sebab pola diet yang salah justru dapat berakibat fatal kepada diri anda seperti stroke. Dalam proses diet juga tidak perlu memaksakan diri sehingga harus menyiksa diri dengan menahan makan selama berhari-hari dan meninggalkan sayuran, buah-buahan, dan aneka makanan bervitamin lainnya.

Agar diet anda tidak berdampak pada timbulnya resiko stroke maka usahakan protein dan gizi anda tercukupi. Anda bisa mengonsumsi biji-bijian, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan aneka makanan yang memiliki serat tinggi. Hal itu sudah cukup untuk menggantikan vitamin yang tidak anda konsumsi dari makanan tertentu.

Kedua hal di atas merupakan faktor terbesar yang dapat menyebabkan terjadinya resiko stroke. Kebiasaan yang umum dilakukan masyarakat tersebut justru telah menyumbangkan penderita stroke yang begitu banyak. Untuk itu perhatikan kebiasaan anda dalam bekerja agar selalu terhindar dari resiko stroke.

Banyak sekali kebiasaan sehat yang perlu kita jaga agar kita terhindar dari berbagai penyakit seperti penyakit stroke ini.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.