penyebab penyakit jantung
penyebab penyakit jantung

Penyebab Penyakit Jantung Menyerang Kesehatan Tubuh

Posted on

Penyakit jantung sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh, Bahkan penyakit jantung dianggap sebagai penyakit mematikan. Penyebab sakit jantung sangat banyak, di antaranya adalah merokok.

Sebagaimana kita tahu, jantung adalah organ pusat kehidupan. Segala titik poin kinerja organ-organ tubuh berpusat pada organ jantung. Apabila jantung berhenti berdetak, maka berhentilah juga kehidupan kita.

Sayangnya, penyakit jantung juga menjadi penyebab utama kematian di dunia. Bahkan penyakit jantung 3 kali lebih mematikan dibandingkan penyakit kanker payudara. Penyakit jantung ini merupakan jenis penyakit degeneratif yang dominan diderita oleh orang berusia lanjut. Kendati demikian, seiring berkembangnya zaman, orang berusia muda juga berisiko terserang penyakit jantung. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat.

Agar kita dapat terhindar dari penyakit mematikan ini, maka sebaiknya kita mengenali penyebab penyakit jantung. Berikut beberapa penyebab utama penyakit jantung:

  1. Penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular merupakan penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada pembuluh darah dan jantung, seperti asterosklerosis (penebalan dinding pembuluh arteri koroner), kelainan katup jantung, dan sejenisnya. Gangguan pada pembuluh darah dan jantung ini  cenderung disebabkan oleh penumpukan kolesterol dalam darah akibat pola makan yang tidak sehat.

  1. Kadar kolesterol LDL yang tinggi

Kolesterol merupakan hasil metabolisme lemak di dalam hati yang disirkulasikan ke dalam darah. Di dalam tubuh manusia, terdapat 2 jenis kolesterol, yaitu kolesterol baik (HDL) dan  kolesterol buruk (LDL). Kolesterol baik (HDL) dihasilkan dari makanan yang mengandung lemak tak jenuh, seperti asam lemak omega 3, omega 6, dan omega 9 yang terdapat pada ikan, minyak zaitun, dna kedelaii. Keberadaan kolesterol HDL ini dapat menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL) di dalam darah.

Sedangkan kolesterol buruk (LDL) merupakan pemicu pembentukan plak di dalam pembuluh darah. Apabila kadar kolesterol LDL semakin tinggi dan tidak terkontrol, maka dapat menganggu sirkulasi darah ke jantung. Kolesterol buruk (LDL) ini dihasilkan dari makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti daging merah, jeroan, dan makanan cepat saji. Kadar kolesterol LDL normal adalah di bawah 100 mg/dL.

penyakit jantung koroner

  1. Sindrom metabolik

Kondisi dimana terjadi peningkatan kadar gula darah, kolesterol berlebihan, dan tekanan darah tinggi dikenal dengan istilah sindrom metabolik. Penyebab dari sindrom metabolik adalah gaya hidup dan pola makan yang buruk, seperti jarang bergerak, kebiasaan makanan berlemak, merokok, dan mengonsumsi minuman berakohol. Kondisi ini sangat berbahaya dan dapat memicu penyakit jantung pada usia muda.

  1. Tekanan darah tinggi (Hipertensi)

Seseorang yang mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi mempunyai risiko tinggi terserang penyakit jantung. Hipertensi sering disebut sebagai penyebab utama penyakit jantung. Tekanan darah yang tinggi membuat kinerja jantung lebih keras dan pembuluh darah menjadi terbebani. Seseorang dikatakan mengidap hipertensi apabila memiliki tekanan darah systole/diastole diatas 140/90 mmHg.

  1. Kencing manis (Dibates mellitus)

Diabetes mellitus atau dikenal masyarakat sebagai kencing manis juga merupakan penyebab utama penyakit jantung. Diebetes merupakan kondisi dimana kadar gula dalam darah melebihi batas normal. Keadaan ini dapat memicu penyumbatan pada pembuluh arteri koroner, sehingga aliran darah ke jantung pun menjadi terhambat. Untuk menghindari penyakit diabetes, batasilah konsumsi makanan tinggi gula, seperti soda, gula, permen, dan kue-kue manis.

  1. Merokok

Seorang perokok mempunyai risiko 20-25% lebih tinggi menderita penyakit jantung. Hal ini dikarenakan di dalam rokok terkadung ratusan senyawa berbahaya yang dapat merusak organ-organ tubuh, salah satunya adalah nikotin. Nikotin dapat memicu kerusakan dinding pembuluh arteri, penggumpalan darah, dan memacu detak jantung lebih cepat.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.