Penyebab Penyakit Kanker Kolorektal Menyerang Tubuh - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Friday , July 28 2017
Home / Kesehatan / Penyebab Penyakit Kanker Kolorektal Menyerang Tubuh

Penyebab Penyakit Kanker Kolorektal Menyerang Tubuh

Di Amerika Serikat, kanker kolorektal adalah salah satu jenis kanker yang paling banyak diderita dan merupakan penyebab nomor dua kematian akibat kanker. Fakta yang tak jauh berbeda juga terjadi di Indonesia. Menurut Cancer National Institute, sekitar 4,7% laki-laki dan perempuan akan didiagnosis dengan kanker jenis ini di beberapa titik dalam kehidupan mereka. Faktor gaya hidup berperan besar dalam mencegah kanker ini. Apa itu kanker kolorektal?

Kanker kolorektal adalah kanker yang dimulai dari dalam usus (bagian terpanjang dari usus besar) atau rektum (beberapa inci terakhir dari usus besar, yang paling dekat dengan anus). Karena kedua kanker di dua bagian tersebut memiliki banyak kesamaan, istilah kanker kolorektal menjadi sering digunakan. Baik pria maupun wanita memiliki risiko yang sama besar, dan 90% kasus terjadi pada orang berusia 50 tahun ke atas. Kanker ini sebenarnya termasuk jenis kanker yang bisa dicegah dengan skrining rutin. Polip awal (pertumbuhan abnormal) bisa dihilangkan secara aman jika terdeteksi dalam waktu dini.

Masalahnya, saat ini penderita kanker ini bukan hanya orang di atas usia 50 tahun. Orang dengan usia lebih muda juga banyak yang mengalaminya. Apa penyebabnya?

Tidak aktif bergerak
Aktivitas fisik memainkan peran penting dalam pencegahan berbagai jenis Orang yang rutin berolahraga, maka dipastikan risiko terkena kanker dapat dikurangi hingga 40 – 50%, demikian seperti yang dijelaskan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition pada tahun 2012. Dari semua kanker, usus besar dan kanker rektum memiliki hubungan kuat dengan berolahraga secara teratur.

Memiliki berat badan berlebih
Jika Anda kelebihan berat badan, Anda dapat mengurangi risiko kanker kolorektal hanya dengan menghilangkan beberapa kg saja. Menurut penelitian, setiap penurunan lima poin indeks massa tubuh (BMI), maka risiko Anda pun akan turun sebesar 15%.

Merokok
Merokok merupakan salah satu faktor risiko yang paling dikenal untuk berbagai jenis kanker. Ini tidak hanya terkait dengan kanker paru-paru, tetapi juga dengan kanker usus besar, lambung, dan kerongkongan.

Minum alkohol
Kanker kolorektal juga dikaitkan dengan kebiasaan minum alkohol Setidaknya, batasi asupan alkohol Anda untuk mengurangi risiko. Idealnya, Anda cukup minum hanya 1 gelas alkohol sehari.

Mengonsumsi daging merah
Karena usus besar adalah bagian akhir dari saluran pencernaan, maka apa yang Anda makan akan sangat memengaruhinya. Asupan tinggi daging merah telah dikaitkan dengan perkembangan kanker usus besar, dan juga menjadi salah satu dari 5 makanan penyebab kanker. Daging merah menjadi sangat bermasalah jika terkena suhu yang sangat tinggi, misalnya ketika dipanggang, atau ketika hangus. Untuk mengurangi jumlah karsinogen yang terkandung pada daging merah, pilihlah metode pemasakan yang direbus atau tumis.

Jarang makan buah-buahan dan sayuran
Diet kaya antioksidan dan fitokimia akan sangat menenangkan saluran pencernaan dan membantu mencegah kanker kolorektal. Beberapa sumber makanan dengan zat anti kanker yang paling ampuh adalah sayuran berdaun gelap, bit, paprika, tomat, asparagus, wortel, kembang kol, kubis, brokoli, dan kacang hijau.

Minim asupan serat
Jarang makan buah dan sayuran, secara otomatis Anda akan kekurangan serat. Serat, terutama yang tidak larut air, sangat penting untuk kesehatan usus. Fungsinya adalah sebagai pembersih usus dan zat pembuang zat-zat berbahaya dan karsinogen. Coba perbanyak makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, oatmeal, dan sereal untuk mendapatkan asupan serat yang cukup.

Mengonsumsi makanan yang diawetkan dengan natrium nitrit
Natrium nitrat umumnya digunakan untuk mengawetkan makanan olahan seperti bacon, salami, atau sosis. Di dalam perut, senyawa ini bereaksi dengan asam tubuh dan berubah menjadi nitrosamin, yang dianggap sebagai karsinogen dan telah dikaitkan dengan kanker usus besar.

Kekurangan kalsium
Kalsium telah terbukti menurunkan risiko kanker kolorektal. Sumber kalsium terbaik bukan hanya susu seperti yang selama ini banyak orang pikir. Sumber kalsium lainnya yang non susu di antaranya kubis, ubi jalar, adas, peterseli, jeruk, almond, dan

Tidak mendapatkan cukup vitamin D
Rendahnya tingkat vitamin D telah dikaitkan dengan 12 penyakit umum, dan kanker usus besar adalah salah satu Jika Anda tidak mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup, maka pertimbangkanlah untuk mengambil suplemen vitamin D.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *