Penyebab Terjadinya Hematuria Pada Tubuh Manusia

Posted on

Hematuria merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan ditemukannya sel-sel darah dalam urine. Akibatnya air seni penderita dapat berubah warna menjadi kemerahan atau kecokelatan. Pada kondisi normal, urine seharusnya tidak mengandung darah walaupun sedikitpun, kecuali pada wanita mengalami menstruasi. Bila hal ini terjadi, penderita harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mandapatkan diagnosis dan penanganan segera.

Terdapat kondisi lain dimana darah yang muncul dalam urine tidak kasat mata, keadaan ini disebut hematuria mikroskopik. Pada kondisi demikian, darah dalam urine hanya dapat terdeteksi melalui pemeriksaan laboratorium.

Gejala Hematuria

Gejala khas yang dapat  dikenali dari pasien hematuria adalah perubahan warna urine (air seni) menjadi kemerahan atau kecokelatan karena kandungan sel darah merah didalamnya. Kendati demikian pada beberapa kasus hematuria dapat tidak disertai gejala perubahan warna urine. Gejala-gejala lain yang mungkin menyertai hematuria diantaranya:

  • Timbulnya rasa perih saat buang air kecil
  • Rasa sakit pada perut bagian bawah
  • Rasa sakit pada punggung bagian bawah
  • Kesulitan untuk buang air kecil
  • Frekuensi buang air kecil meningkat

Penyebab Terjadinya Hematuria

Munculnya sel darah dalam urine dapat terjadi karena beberapa kondisi berikut:

  • Infeksi saluran kemih. Terjadi akibat infeksi bakteri yang memasuki uretra dan berkembang biak dalam kandung kemih. Selain hematuria, pasien juga dapat dikenali dengan gejala seperti frekuensi buang air kecil yang meningkat, timbulnya sensasi rasa sakit dan terbakar saat buang air kecil, serta aroma kencing yang kuat.
  • Batu ginjal. Apabila batu ginjal yang terbentuk cukup kecil, maka kondisi ini tidak menimbulkan rasa sakit. Namun jika batu ginjal berukuran besar, ia dapat menghalangi saluran¬† ginjal, menyebabkan rasa sakit yang parah serta perdarahan.
  • Infeksi ginjal
  • Kanker ginjal
  • Pembengkakan prostat. Pada kondisi ini pasien dapat mengalami kesulitan buang air kecil serta frekuensi buang air kecil yang meningkat.
  • Kanker prostat. Cenderung dialami oleh pria dewasa yang telah berusia di atas 50 tahun.
  • Peradangan pada uretra. Pada umumnya disebabkan oleh penyakit menular akibat terinfeksi bakteri Klamidia trachomatis.
  • Kelainan genetik. Kelainan genetik yang dapat menyebabkan terjadinya hematuria diantaranya adalah anemia sel sabit serta sindroma alport yang mempengaruhi kinerja jaringan penyaring pada ginjal.
  • Olahraga berlebihan.

Diagnosis terhadap Hematuria

Sebagai langkah awal guna memastikan kandungan sel darah dalam urine, dokter akan melakukan tes urine. Langkah selanjutnya setelah tes urine, pasien pada umumnya diminta melakukan tes darah untuk memeriksa kinerja dari fungsi ginjal.

CT scan, ultrasound ginjal, serta pyelografi intravena mungkin dilakukan untuk mendeteksi apakah terdapat batu ginjal atau keganjalan lain pada saluran kemih pasien.

Apabila penyebab hematuria belum juga diketahui, dokter mungkin akan melakukan prosedur diagnosis dengan pengambilan sampel jaringan seperti sistoskopi dan biopsi ginjal. Tes Sistoskopi tersebut dilakukan dengan tujuan pemeriksaan apabila terdapat sel abnormal atau sel kanker pada kandung kemih. Biopsi ginjal dilakukan untuk memeriksa apabila terdapat kondisi tertentu pada ginjal.

Penanganan Hematuria

Pada dasarnya hematuria adalah sebuah gejala atau sindroma yang muncul akibat kondisi medis tertentu. Oleh sebab itu pengobatan pada hematuria disesuaikan dengan penyebab asalnya. Apabila hematuria muncul akibat infeksi saluran kemih, dokter biasanya memberikan obat antibiotik. Jika hematuria disebabkan karena adanya batu ginjal, penanganan yang dilakukan dokter dapat melalui pemberian obat pereda sakit, tamsulosin guna memperlancar keluarnya batu, hingga tindakan operasi.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.