Saturday , June 24 2017
Home / Bisnis / Internet Marketing /  Peran dan Tanggung Jawab Digital Marketing

 Peran dan Tanggung Jawab Digital Marketing

Sering mendengar istilah Digital Marketing namun masih belum begitu memahami apa saja yang dilakukan dalam praktik tersebut? Sekarang ini, praktik pemasaran tersebut semakin berkembang sesuai konteks teknologi yang diterapkan dalam dunia bisnis, khususnya internet. Nah, ada satu perbedaan mendasar dari teknik online marketing. Teknik online marketing hanya memusatkan perhatian pada promosi dan pemasaran menggunakan internet sebagai media. Misalnya dengan beberapa media sosial dalam jaringan yang digunakan. Sedangkan pemasaran digital jauh lebih kompleks dari itu dan akan lebih solid jika dikerjakan dalam sebuah tim profesional. Tim itulah yang dewasa ini bermunculan dalam bentuk Digital Agency. Lalu, apa saja peran dan tanggung jawab mereka?

Planning Online Marketing

Praktiknya diawali dari perencanaan online marketing. Namun tidak sesederhana mempromosikan sebuah produk atau merek menggunakan media sosial secara intensif. Tim ini terdiri dari para pakar dan profesional dari berbagai bidang yang menggunakan internet sebagai benang merahnya. Seorang anggota dalam tim Digital Agency setidaknya mengikuti atau memahami tren yang sedang berkembang di internet.

Perencanaan pemasaran ini pun akan diuraikan dalam beberapa poin penting yang pada prinsinya untuk membangun branding. Ada Brand Awareness yang hendak dibangun oleh tim ini supaya praktik promosi dan pemasaran berjalan lebih tepat. Perencanaan ini pun akan terus berlangsun seiring pengembangan dan tren pasar dalam ranah teknologi internet.

Website dan Konten

Bukan semata-mata membuat website dan mengisi konten di dalamnya. Praktik Digital Marketing yang diterapkan dalam pembuatan dan pengelolaan website akan terus menerus mengadaptasikan pada kecenderungan pasar yang sedang dibidik. Tim yang mengurus praktik promosi dan pemasaran ini akan saling berbagi tugas melakukan riset, analisis pasar, serta rangkaian kerja taktis demi menghasilkan sebuah website yang kuat. Namun bukan praktik promosi dan pemasaran yang terang-terangan karena di sini diterapkan metode soft selling. Teknik ini masih menjadi cara yang ampuh untuk diselipkan dalam konten website dan diharapkan bisa mempengaruhi pembaca untuk tertarik pada produk atau merek tertentu. Tapi itu pun cuma salah satu contoh dari praktik promosi dan pemasaran tersebut.

Promosi Online di Jejaring Sosial

Hal yang tak kalah penting adalah promosi di media sosial. Kalau dirunut dari atas tadi, ini termasuk dalam praktik online marketing. Ya. Tapi juga tak semudah itu mempromosikan sesuatu dalam jaringan media sosial. Tim ini ini sudah terbagi dalam beberapa orang yang masing-masing punya kapasitas mengelola bidangnya. Nah, promosi online ini masih terkait erat dengan teknik pemasaran digital yang senantiasa diadaptasikan pada konteks teknologi internet. Promosi online ini akan terus dikelola dan dioptimalisasikan seiring program perencanaan dari perusahaan atau pelaku bisnis.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Menjaring Trafik Dengan Video Marketing Online

Video marketing sampai saat ini masih terasa asing bagi sebagian pelaku bisnis online. Khususnya bagi …

One comment

  1. semua harus berjalan selaras di dalam Digital Marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *