Rahasia Chiropractic untuk Kesehatan Seluruh Tubuh
Friday , July 21 2017
Home / Kesehatan / Rahasia Chiropractic untuk Kesehatan Seluruh Tubuh

Rahasia Chiropractic untuk Kesehatan Seluruh Tubuh

Apakah Anda sering merasa sakit pada bagian belakang tubuh? Jika ya, segeralah atasi. Salah satu pilihan untuk mengatasinya adalah dengan chiropractic. Terapi chiropractic terutama dilakukan pada daerah tulang belakang, sehingga banyak orang yang menganggap terapi ini hanya untuk mengatasi penyakit pada area punggung dan leher. Itu benar. Tapi, menurut The Association of Chiropractic Colleges, tujuan utama chiropractic adalah untuk mengembalikan dan meningkatkan kesehatan manusia secara keseluruhan.

Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana terapi chiropractic yang sama bisa menyembuhkan sakit punggung sekaligus juga meningkatkan kesehatan secara menyeluruh? Jawabannya ada pada hubungan antara tulang belakang dan sistem saraf. Sistem saraf ini merupakan kontrol utama dari seluruh sel, jaringan, dan organ tubuh kita. Nah, tulang belakang berfungsi membungkus dan melindungi saraf. Apa pun yang dilakukan pada tulang belakang, otomatis juga akan mempengaruhi sistem saraf.

Tubuh manusia sebenarnya punya cara untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Namun sistem tubuh yang tidak benar membuat tubuh bekerja tidak optimal. Nah, saraf adalah salah satu bagian tubuh yang paling penting dalam mengontrol sistem tubuh. Oleh sebab itu, jika saraf terganggu, sistem tubuh secara keseluruhan juga terganggu. Pada akhirnya, kemampuan tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri pun berkurang.

Prinsip itulah yang kemudian menjadi dasar dikembangkannya ilmu pengobatan chiropractic. Praktik chiropractic fokus pada hubungan antara struktur tulang belakang dan fungsi sistem saraf, serta bagaimana hubungan keduanya mempengaruhi kesehatan Anda.

Hubungan antara tulang belakang dan saraf tersebut membuat masalah apa pun yang terjadi pada tulang belakang akan mempengaruhi sistem saraf. Ujung-ujungnya, karena saraf mengontrol fungsi tubuh, maka kesehatan pun bisa terganggu. Sebaliknya, memperbaiki kerusakan pada tulang belakang bisa membuat sistem saraf berfungsi dengan baik. Dan sebagai hasilnya, Anda bisa sembuh dari berbagai penyakit, bahkan yang tidak berhubungan dengan tulang belakang.

Bagaimana chiropractic bekerja? Pertama-tama, chiropractor (dokter chiropractic) akan memeriksa apakah ada sublukasi pada tulang belakang, yaitu perubahan yang kompleks pada fungsi dan struktur sendi tulang belakang yang mungkin berpengaruh pada fungsi sistem organ dan kesehatan secara keseluruhan. Setelah terdeteksi, chiropractor akan melakukan beberapa terapi untuk mengoreksi bagian tulang belakang yang bermasalah, dengan teknik seperti tekanan dan pijatan. Tak hanya itu, terapi juga disertai dengan konsultasi pola makan dan nutrisi, terapi fisik, dan program perubahan gaya hidup.

Terapi yang menyeluruh membuat chiropractic, jika dilakukan dengan rutin, bisa memberikan manfaat jangka panjang untuk hidup sehari-hari. Apa saja?

  • Mengatasi sakit yang sangat hebat pada tulang belakang maupun bagian-bagian tubuh lainnya.
  • Mengatasi sakit kepala.
  • Meningkatkan mobilitas dan ruang gerak anggota tubuh
  • Mengurangi kejang dan kaku pada otot
  • Mengatasi sakit pada sendi
  • Meningkatkan kesehatan sendi
  • Meningkatkan performa dan energi
  • Menimbulkan perasaan relaks
  • Meningkatkan keseimbangan dan kordinasi
  • Mengurangi penyakit degenerasi dan risiko cidera
  • Mengurangi peradangan

Sebagai tambahan, terapi chiropractic juga telah terbukti memberi manfaat pada orang yang menderita sakit medis, seperti infeksi telinga kronis pada anak-anak, menstruasi yang tidak teratur dan sakit saat menstruasi pada wanita, serta radang sendi pada orang tua.

Walaupun chiropractic bukan merupakan terapi khusus untuk penyakit-penyakit tersebut, penelitian menunjukkan ada banyak kondisi medis yang bisa disebabkan oleh masalah pada saraf yang ada di tulang belakang, dan karenanya ada hubungannya pula dengan struktur dan fungsi tulang belakang, serta bisa diatasi dengan terapi chiropractic. Ini dia beberapa di antaranya:

  • Asma
  • Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)
  • Pusing
  • Kolik pada bayi
  • Kadar energi rendah
  • Infeksi telinga
  • Maag

 

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *