Sejarah Perkembangan Media Sosial Periode Awal Hingga Kini - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Thursday , July 20 2017
Home / Teknologi / Sejarah Perkembangan Media Sosial Periode Awal Hingga Kini

Sejarah Perkembangan Media Sosial Periode Awal Hingga Kini

Media sosial memiliki pengertian sebagai sebuah media dengan sistem online yang mana penggunanya dapat berinteraksi secara aktif. Selain itu media sosial juga berguna untuk berbagi, berkreasi, dan melakukan share berbagai dokumen penting. Media sosial mampu merubah jarak yang jauh menjadi lebih dekat dengan memanfaatkan internet.

Saat ini adalah era digital. Semua media komunikasi dan teknologi jenis lainnya berkembang dengan sangat pesat. Salah satunya adalah terjadi pada media sosial. Pesatnya perkembangan media sosial saat ini tidak terlepas dari sejarah awalnya. Semua permulaan atau awal tentu tidak langsung pesat. Tapi tidak semua perkembangan yang pesat tersebut terjadi begitu saja. Semua tentu ada fase awal, perkembangan dan juga fase kehancuran.

sejarah media sosial

Jejaring sosial selalu berkembang dengan pesat setiap tahun. Sejak tahun 2002 masyarakat telah berkenalan dengan media sosial Friendster. Friendster adalah sosial media periode awal. Pada awalnya media yang satu ini sempat merajai dunia sosial online. Sebab, Friendster telah mendominasi masyarakat sosial yang hidup secara online. Media sosial Friendster memiliki karakter yang unik. Friendster mengembangkan pola pertemanan dengan ciri yang unik yang menampilkan informasi pribadi pemilik akun. Keunikannya, informasi tersebut menampilkan gambar dan lain sebagainya.

Sebelum adanya Friendster terdapat sejarah awal perkembangan media sosial. Tepatnya sejak era 70an telah terdapat suatu permulaan yang mencerminkan media sosial. Saat itu terdapat sistem papan buletin yang mampu menfasilitasi penggunanya untuk berhubungan dengan orang lain yang memakai surat elektronik. Papan buletin tersebut telah mampu digunakan untuk menupload dan mendownload suatu software tertentu. Yang mana pada saat itu semua aktifitas tersebut dilakukan dengan sambungan telepon yang menggunakan modem.

Perkembangan demi perkembangan selalu berganti. Semua itu berkat kegigihan pengembang situs-situs jejaring sosial. Pada tahun 1995 perancang situs sosial mulai semakin berkembang luas. Di antaranya adalah GeoCities. GeoCities merupakan website dengan sistem penyewaan domain dan hosting. Yang mana website tersebut berguna untuk penyimpanan data website. Secara umum web hosting tersebut berfungsi untuk penyimpanan data website agar bisa diakses melalui internet. Secara sederhana web hosting itu ibarat rumah atau tempat penyimpanan. Dan GeoCities adalah pencetus periode pertama dunia web hosting.

Dengan adanya web hosting tersebut ternyata sangat berpengaruh terhadap perkembangan situs-situs media sosial lainnya. Pada tahun 1997 hingga 1999 mulai bermunculan media sosial. Sixdegree.com adalah situs media sosial yang pertama. Selain itu ada juga Classmates.com serta situs-situs sosial lainnya yang semakin bersaing demi keuntungan bisnis serta kenyamanan berkomunikasi via online.

Seiring dengan banyaknya peminat serta pengguna media sosial maka semakin banyak pula situs sosial yang berkembang. Yang paling fenomenal salah satunya adalah Friendster yang terkenal sejak tahun 2002. Selain itu, pada tahun 2003 hingga tahun 2011 mulai berkembang juga media sosial lainnya seperti Linkedln, Facebook, Twitter, Wiser, MySpace, Google+, dan lain-lain.

Pada hakekatnya, media sosial seperti yang telah disebutkan di atas memiliki banyak manfaat. Di antaranya adalah untuk menjalin komunikasi jarak jauh dengan cara yang sangat mudah. Selain itu sosial media juga telah berkembang fungsinya menjadi personal branding serta menjadi pendukung digital marketing. Dengan memanfaatkan sosial media maka bisnis bisa berkembang dengan pesat selama ia mampu menguasai strategi yang tepat. Selain itu, media sosial juga dapat digunakan sebagai personal branding untuk mengenalkan pribadi seseorang.

Adapun media sosial yang paling terkenal saat ini dan paling banyak penggunanya adalah Facebook dan Twitter. Kedua media sosial tersebut dapat dikatakan sebagai raja jejaring sosial abad ini. Sebab, menurut data survey populasi dunia pengguna media sosial mengatakan bahwa diperkirakan telah terdapat 2 miliar pengguna yang telah memanfaatkan Facebook dan Twitter. Jumlah yang besar tersebut adalah 30 % dari total penduduk manusia di dunia. Sunggu sangat fantastis bukan. Jumlah yang besar tersebut tentu tidak besar dalam waktu yang singkat. Butuh waktu bertahun-tahun untuk menjadi raja media sosial. Dan saat ini sudah saatnya anda mempelajari dan memanfaatkannya dengan baik dan benar.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Beginilah Keunggulan MIUI (Home Interface Android Sensasi IOS)

Jagat teknologi kini tengah heboh dengan kehadiran MIUI yang digadang-gadang akan menjadi pesaing berat Apple …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *