Sensasi Kapsul Waktu Virtual dengan Timehop

Posted on

Aplikasi gratis yang bervariasi memang banyak bermunculan pasca perkembangan teknologi operating sistem pada telepon seluler. Kita yang dulunya bangga bisa melakukan surfing internet dengan menggunakan OS Java dengan browser seadanya, sekarang merasa biasa saja saat surfing berjam-jam bersama android dengan kecepatan yang hampir sama dengan kecepatan surfing melalui PC.

Banyak bermunculan aplikasi gratis, dari mulai aplikasi editing foto, aplikasi chat, aplikasi social media dan sebagainya. Ulasan kali ini akan mengajak kamu untuk merasakan sensasi kapsul waktu secara virtual dengan aplikasi bernama Timehop

Mungkin bagi beberapa orang timehop bukan merupakan hal yang baru, namun bagi yang belum mengetahui, timehop merupakan aplikasi yang dapat memamerkan kembali posting kamu di media social dengan cara ‘digali’ pada proses pencarian untuk kembali si-share di media social. Tidak hanya social media, timehop juga dapat menggali foto-foto yang ada di gallery kamu. Bagi yang masih bingung, timehop akan meng-up kembali foto pada hari dan jam yang sama di tahun berbeda. Kamu akan dibuat terkekeh saat timehop memposting ulang fotomu pada hari ini tepat dua tahun atau setahun yang lalu.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, kamu hanya perlu login di beberapa social media yang kamu miliki melalui jendela timehop, jika hanya ingin melalui gallerymu kamu juga dapat melakukan pengaturan. Timehop selalu bisa membuat penggunanya untuk bernostalgia kembali , ide ini berawal dari start up asal amerika yang dilurncurkan pada tahun 2011, hingga saat ini dilaporkan bahwa timehop berhasil mencapai total investasi sebesar 175 miliar, dari techcrunch dikabarkan bahwa timehop telah berhasil mengumpulkan investasi sebesar 14 juta USD atau sekitar 175 miliar.

Langkah selanjutnya

Timehop berencana untuk menjadi diary tool bagi semua orang, kedepannya fungsi ini akan berkembang pada sms-sms foto lama dan bahkan history penggunaan kartu kredit, ungkap co founder timehop j.wegener. Dari beberapa keseluruan nostalgi dengan kapsul waktu yang ditawarkan oleh timehop, layaknya dua sisi mata uang, timehop juga memiliki kelebihan dan kekurangan. berikut merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan timehop.

Kelebihan timehop adalah yang utama dapat membuat pengguna bernostalgia melalui media social maupun foto gallery di masa lampau, ini merupakan keunggulan timehop yang selalu bisa mendapatkan pengguna baru, maupun membuat pengguna lama untuk tidak meng-uninstall nya.

Kelebihan yang kedua adalah dari segi tampilan timehop yang sangat memegang prinsip less is more, terbukti dari tampilan simpel dan tidak terlalu banyak warna dan variasi icon. kesederhanaan tampilan timehop ini makin dipercantik dengan logo time hop yang lucu dan menggemaskan yakni icon dinosaurus. secara keseluruhan antar muka dari timehop sangat user friendly, hal ini dibuktikan dengan petunjuk yang diberikan kepada pengguna baru step by step dan sistematis. Sisi negatifnya adalah timehop dapat mengetahui semua akun social media kamu, kesenangan orang terkait nostalgia terkadang melupakan tingkat sekuritas, maraknya penggunaan data baik foto dan lain sebagainya adalah diawali dari pembeberan segala jenis informasi di social media.

Tanpa disadari social media akan menjadi pusat dinding pameran nostalgia sekaligus bisa menjadi ancaman, karena seluruh dunia akan tau perjalanan kamu, maupun segala sesuatu tentang kamu melalui pattern foto yang telah di-up kembali oleh timehop. Menanggapi komentar dari co-founder timehop, yang akan meluaskan ‘nostalgia’ melalui history transaksi kartu kredit tentu membuat pertanyaan baru muncul. akankah mereka bertanggung jawab dari segi sekuritas? atau lagi-lagi hanya menawarkan sensasi nostalgia?

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.