Strategi Jitu Menjadi Juragan Kontrakan di Usia Muda

Posted on

Yang muda, yang berkarya. Ya, itulah jargon yang biasa didengung – dengungkan oleh kaum muda yang punya semangat tinggi untuk bisa mandiri dengan kemampuan mereka sendiri. Namun demikian, masih banyak anak – anak muda yang belum mengetahui nilai penting merintis bisnis di usia muda. Padahal mereka ini adalah kalangan yang cukup memiliki potensi besar untuk bisa mengembangkan bisnis, termasuk dalam bisnis properti. Misalnya saja dengan memiliki bisnis kontrakan.

Ide bisnis properti ini mungkin tak banyak dilirik oleh kaum muda. Menjadi juragan kontrakan di usia muda tentunya bisa membuat anda mapan meski di usia yang sangat muda. Tak menutup kemungkinan jika anda bisa mengembangkannya menjadi bisnis properti yang lebih besar lagi

Ada beberapa hal yang membuat bisnis kontrakan menjadi bisnis properti yang sangat pas dan memberikan peluang besar untuk dilakukan kaum muda. Diantaranya yaitu:

  1. Belajar menabung dan berinvestasi sejak dini

Memulai bisnis properti sejak dini bisa menjadi pembelajaran bagi remaja untuk bisa menabung dan berinvestasi sejak dini. Mengingat masa muda seringkali diidentikkan dengan masa – masa yang penuh hura – hura dan menghamburkan uang. Hal ini dikarenakan para remaja tak terlalu memikirkan mengenai bagaimana bekerja untuk mendapatkan uang. Sebab mereka tinggal meminta kepada orang tua saja.

Padahal jika uang saku yang mereka miliki tersebut biasa ditabungkan, maka jumlahnya bisa terkumpul sangat besar. Belum lagi jika anda banyak mengikuti lomba – lomba dan beasiswa, yang mana bisa semakin menambah jumlah anggaran yang bisa anda tabungkan. Dibandingkan membelanjakannya untuk hal – hal yang tak penting yang biasanya tak terpakai di kemudian hari, lebih baik uang tersebut ditabungkan ataupun dipakai untuk mengajukan aplikasi KPR untuk bisa menambah investasi aset properti.

Katakanlah anda mulai menabung sejak kelas 2 SMA dengan menyisihkan uang saku sebanyak 10-15 ribu rupiah per hari, maka dalam setahun saja anda bisa mengumpulkan uang sebanyak 4 – 5 juta per tahun. Sehingga dengan uang tersebut, ketika kuliah anda pun bisa mulai membeli aset properti untuk bisa mengawali bisnis properti kecil – kecilan. Apalagi jika orang tua anda mendukung, maka anda bisa meminta bantuan dari mereka.

Tanggungan ekonomi yang tak begitu besar adalah alasan mengapa anda sebagai kaum muda harus memiliki semangat tinggi untuk berinvestasi. Anda yang belum berkeluarga tentunya membuat anda tak perlu dipusingkan dengan kebutuhan bulanan yang besar. Asalkan anda bisa berhemat, maka menjadi seorang juragan kontrakan meski masih berusia muda.

  1. Memulai dengan membeli rumah kecil yang memiliki banyak ruangan

Anda bisa memulainya dengan membeli rumah kecil terlebih dahulu. Yang terpenting adalah lokasi rumah yang strategis seperti di lokasi sekolah, kampus, ataupun yang dekat dengan perkatoran dan pabrik. Selain itu, karena akan dipakai untuk tempat kost – kosan, maka pastikan juga rumahnya memiliki banyak ruangan sebagai kamar kost.

  1. Kuliah dan kerja sambil mengurus bisnis kontrakan

Pengalaman hidup di kost bisa menjadi inspirasi bagi anda untuk menjalankan bisnis kontrakan ini. Anda pun bisa menjalanka bisnis ini sambil tetap melakukan aktifitas anda yang sangat padat di masa remaja anda seperti kuliah, bekerja ataupun bermain bersama teman anda. Dengan penghasilan bulanan dari uang kost bulanan, anda pun bisa mempekerjakan pembantu rumah tangga untuk membantu anda mengurus kontrakan yang anda miliki. Usia muda tak menjadi penghalang bagi anda untuk menjadi juragan kontrakan bukan?

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.