Strategi Paling Tepat Dalam Menggunakan Media Sosial Untuk Berbisnis - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Wednesday , July 26 2017
Home / Teknologi / Strategi Paling Tepat Dalam Menggunakan Media Sosial Untuk Berbisnis

Strategi Paling Tepat Dalam Menggunakan Media Sosial Untuk Berbisnis

Dewasa ini banyak sekali media sosial yang berkembang. Di antara jejaring sosial terbesar adalah Facebook, Twitter, Whatsapp, Google+, Instagram, BBM, dan lain sebagainya. Perkembangan ini sangat dipengaruhi oleh semakin meningkatnya kecenderungan masyarakat yang gemar berkomunikasi via online.

Secara sepintas, perkembangan sosial media tersebut memang tidak terlihat. Namun, jika anda sedikit saja meluangkan waktu untuk melihat fakta perkembangan tersebut maka anda akan tercengang dengan peningkatan minat masyarakat dunia. Anda bisa melihatnya di google dengan kata kunci “social media traffic statistics”. Dengan mengetikkan keywords tersebut di google maka anda dapat mengetahui seberapa besar besarnya traffic media sosial yang terjadi di dunia.

tips menggunakan sosial media untuk bisnis

Dengan hadirnya milyaran masyarakat pengguna media sosial tentu membawa dampak yang positif. Terutama bagi para pegiat bisnis dan para pengusaha-pengusaha baik pemula maupun profesional. Semua mulai melirik media sosial sebagai sarana untuk mengembangkan usahanya. Sebab, media sosial dinilai sebagai media promosi yang paling efektif untuk meningkatkan jaringan sosial.

Dan untuk memanfaatkan media sosial tersebut tentu tidak dapat dilakukan dengan cepat. Apalagi berpikiran bahwa jika sudah jualan pasti langsung laku keras. Berbisnis melalui media sosial juga perlu proses yang keras dan ilmu yang tepat. Semua tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Dan berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan agar bisnis anda berkembang pesat di sosial media.

  • Buatlah Akun Yang Jelas

Untuk mengembangkan bisnis melalui media sosial anda harus memiliki akun yang jelas. Artinya informasi yang terkandung dalam informasi personal harus sesuai dengan profil bisnis yang sebenarnya. Anda bisa mulai membuat akun di Facebook, Twitter, Google+, Pinterest, BBM, Instagram, dan lain sebagainya. Semakin banyak akun yang anda miliki maka anda bisa menshare segala informasi bisnis anda secara luas.

  • Membuat Grup atau Fanspage

Grup atau Fanspage sangat berguna bagi pengembang bisnis melalui media sosial. Misalnya, pada akun facebook telah ada fasilitas fanspage dan grup. Fasilitas ini juga terdapat di BBM, Whatsapp, Google+, Twitter, dan yang lain juga. Artinya, anda bisa mengumpulkan pelanggan pada satu komunitas kelompok khusus bisnis tertentu.

Tujuannya adalah agar anggota komunitas atau siapa pun yang tertarik dengan bisnis yang anda kembangkan dapat mengakses informasi bisnis anda secara lebih rinci. Tidak hanya itu, dengan adanya grup ini, anda juga dapat memulai sebuah komunikasi antara penjual dan pembeli. Atau sekedar diskusi mengenai tips dan trik seputar bisnis. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap bisnis yang anda kembangkan.

  • Berinteraksi Secara Aktif

Penjual yang baik adalah penjual yang mengerti keinginan pembeli. Istilah tersebut mungkin dapat dijadikan sebagai pedoman bagi para pebisnis. Termasuk bagi anda yang akan menekuni marketing dengan media sosial maka anda pun harus mengerti kemauan pembeli. Hal ini dapat anda lakukan dengan cara berinteraksi secara aktif. Artinya, anda harus memulai membuka forum diskusi di media sosial dan tidak hanya mengupload gambar-gambar produk yang anda jual.

Selain itu, anda juga seharusnya menulis tentang informasi terkait dengan produk yang anda jual. Misalkan, anda ingin menjual gadget seperti handphone atau yang lainnya. Maka sebisa mungkin anda membuat sebuah tulisan atau artikel yang menjelaskan tentang detail, fungsi, spesifikasi, harga, keunggulan, kelebihan, cara penggunaan gadget, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah agar pembeli mendapatkan informasi lebih dan pembeli pun dapat menimbang lagi produk apa yang sebaiknya mereka beli.

  • Buatlah akun di LinkedIn.com

Website linkedin.com adalah situs yang mampu menghubungkan anda dengan mesin pencarian di Google.com. Situs ini akan bekerja meranking profil anda yang terdapat di akun media sosial anda. Ketika akun anda selalu  update dengan informasi terbaru. Selain itu, anda juga harus terhubung dengan bisnis-bisnis lainnya agar anda mengetahui perkembangan pesaing anda.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Beginilah Keunggulan MIUI (Home Interface Android Sensasi IOS)

Jagat teknologi kini tengah heboh dengan kehadiran MIUI yang digadang-gadang akan menjadi pesaing berat Apple …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *