Sudah Saatnya Website Menggantikan Toko Offline Anda

Posted on

Memaksimalkan kerja bisnis dengan website memang masih sangat menjanjikan sampai saat ini. Layaknya sebuah toko yang berdiri tegak di pinggir jalanan kota, juga seperti lapak yang hanya digelar di tepi jalan, cara kerja website kurang lebih sama dengan toko-toko tersebut.

Saat ini untuk membuat suatu web bukanlah masalah yang harus dieluh-eluhkan. Siapa pun anda, saat ini telah dapat membangun website yang cantik dengan mudah dan super cepat. Hal ini tentu sangat membantu untuk memaksimalkan kerja bisnis anda.

Selain itu, dengan website anda juga bisa menjadikannya sumber income tiada henti, asalkan anda mau meluangkan waktu anda untuk memaksimalkannya.

Lantas, bagaimana supaya website anda bisa menjadi sumber utama penghasilan anda?, seperti yang dulu pernah saya bahas bahwa sebesar apapun usaha yang anda lakukan, anda tidak akan pernah merasakan income jika anda tidak melakukan pemasaran atau marketing.

Pemasaran itu layaknya makanan. Manusia jika ingin bertenaga sebelum bekerja tentunya ia perlu makan supaya bisa kerja maksimal. Sama halnya dengan website bisnis, ia tidak akan menghasilkan apa-apa selama ia tidak dipromosikan ke berbagai layanan yang memiliki prospek bagus.

Berikut ini adalah beberapa strategi untuk meningkatkan penghasilan bisnis toko online anda.

Menjaring pengunjung

Langkah ini bersifat mutlak. Sebab, semakin banyak kunjungan yang bisa anda datangkan maka semakin banyak pula kemungkinan orang yang tahu akan tawaran bisnis anda. Jika banyak yang tahu tawaran bisnis anda maka sudah barang tentu semakin banyak pula calon costumer anda.

Adapun cara menjaring pengunjung ini bisa anda lakukan dengan cara “Giat Promosi” di Iklan Baris Gratis atau berbayar, Situs Jejaring Sosial, Google Adwords, SEO, atau juga bisa promosikan tawaran online anda di media massa seperti Koran, tabloid maupun majalah.

Utamakan layanan pengunjung

Tidak semua pengunjung akan membeli atau akan percaya dengan apa yang telah anda tawarkan di web. Untuk itu tugas anda adalah membuat mereka betah tinggal berlama-lama di web anda, dengan begitu ia akan semakin banyak pula klik sana, klik sini akhirnya “kepincut” juga dengan tawaran anda.

Permudah transaksi

Inti dari bisnis online adalah “memberi dan menerima”, yakni pelanggan mendapatkan apa yang ia cari kemudian anda (sebagai penjual) menerima apa yang anda cari yaitu keuntungan. Untuk hal ini anda harus benar-benar memperhatikan kemudahan transaksi di web.

Memang saat ini masih sering terjadi pembobolan bank tapi jangan jadikan ini alasan untuk menghindari costumer anda. Yakinkan pelanggan anda bahwa anda tidak serta-merta meminta bayaran. Anda bisa menyikapinya seperti bayar 50% dulu, selebihnya setelah barang diantar atau bagaimanalah kreatif anda.

Buatlahemail marketing

Email marketing lebih identik seperti cara kerja autoresponder. Email marketing memang memberikan peluang datangnya trafik untuk kedua atau ketiga kalinya. Sewaktu pengunjung datang ke website anda, ia bisa jadi sedang terjebak atau memang sengaja berkunjung.

Nah, kemungkinan terjadinya transaksi pada kunjungan pertama ini adalah 1 banding 20, sangat jauh memang, untuk itulah anda harus menggunakan email marketing untuk mengundang pengunjung sekali lagi dan memberikan informasi atau pun tawaran yang menggiurkan para pelanggan.

Yang harus anda ingat adalah sekarang sudah waktunya internet yang membantu cara kerja anda. Banyak orang yang melakukan transaksi bisnis menggunakan internet, jika anda tidak segera memulai bisnis dengan internet maka siap-siap profit anda akan menurun drastis dalam waktu singkat.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.