Tak Ada Kata Terlambat Untuk Memulai Bisnis Properti

0
16

“Selama ada kemauan, di situ ada jalan” , begitulah kata pepatah bijak yang mengajarkan kepada kita agar tak merasa pesimis ketika kita memiliki suatu tujuan di dalam hidup. Seperti halnya ketika anda memiliki tujuan maupun keinginan untuk memulai bisnis properti sebagai mata pencaharian ataupun guna menambah penghasilan. Mungkin anda akan merasa minder dan pesimis saat awal – awal ingin memulai bisnis properti tersebut. Apalagi jika anda merasa sudah terlalu tua untuk memulai sebuah bisnis. Padahal, di dalam bisnis properti, tak ada yang tak mungkin. Tak ada kata terlambat untuk memulai bisnis properti ini, seberapa tua pun usia anda, anda masih memiliki banyak peluang.

Toh bisnis properti juga tergolong sebagai bisnis yang sangat ramah bagi para pensiunan atau mereka yang sudah tak lagi muda. Mengapa demikian? Sebab bisnis properti sangat mudah dalam menjalankannya. Apalagi jika anda memilih bisnis properti yang sederhana dan bisa dilakukan secara sendirian. Dalam artian, tanpa membutuhkan tim dalam menjalankannya seperti halnya developer atau pengembang yang dijalankan dalam sebuah team work. Dalam bisnis properti, masih banyak alternatif lebih sederhana yang bisa anda pilih.

Jika anda sudah memasuki usia pensiun, ada baiknya anda memilih bisnis properti sederhana seperti berinvestasi pada aset properti, menjalankan bisnis rumah / vila kontrakan, bisnis kos mahasiswa atau pegawai, dan masih banyak lagi alternatif bisnis properti sederhana lainnya yang bisa anda lakukan meski dijalankan seorang diri.

Selain bisa menjadi penghasilan tambahan untuk hari tua anda, bisnis properti seperti di atas bisa juga menjadi aktivitas sehari – hari anda sehingga anda pun tak akan merasa kesepian dan kurang kegiatan di usia senja. Apalagi bisnis properti anda pun bisa diwariskan kepada keturunan anda nantinya. Anda pun tak perlu takut gagal ataupun takut tak memiliki ilmu dalam menjalankan bisnis ini. Sebab bisa dibilang bisnis – bisnis properti sederhana di atas tersebut adalah bisnis properti yang sangat mudah dipelajari sambil menjalankan. Istilah lazimnya yakni “learning by doing”. Pun resiko kegagalan dalam menjalankan bisnis ini sangat minim bahkan hampir tidak ada resiko kerugian dalam bisnis tersebut di atas sebab memang tak terlalu memiliki kompleksitas seperti layaknya bisnis – bisnis lainnya.

Anda bisa mengawalinya dengan menginvestasikan tabungan hari tua ada dengan membeli properti tertentu yang sesuai dan anda inginkan. Misalnya saja dengan membeli sebuah vila di daerah dataran tinggi maupun tempat wisata. Selain bisa memberikan keuntungan dan imbal balik yang besar karena harga jualnya yang akan naik drastis dari tahun ke tahun, anda pun bisa memanfaatkannya sebagai bisnis sampingan yang tak kalah menguntungkan. Yakni dengan menyewakan atau mengontrakkannya. Dan, anda pun menjalankan bisnis properti berganda yang berorientasi jangka panjang maupun jangka pendek. Secara jangka panjang, anda bisa mengandalkan investasi properti yang telah anda beli tersebut yang mana akan dapat anda petik hasilnya berkali – kali lipat setelah 5 – 10 tahun lebih sejak anda membelinya. Sedangkan secara jangka pendek, anda bisa mengandalkan bisnis kontrakan ataupun kos – kosan dengan memanfaatkan properti yang anda miliki. Penghasilan rutin bulanan pun dapat anda kantongi dengan mudah di usia pensiun anda.

Setelah membaca inspirasi bisnis properti di atas, maka anda pun akan tersadar, bahwa memang tak ada kata terlambat untuk bisa memulai bisnis properti. Lalu, tunggu apa lagi? Segeralah berinvestasi pada bisnis properti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here