Taman Bungkul, Tempat Wisata Indonesia Terbaik se-Asia - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Tuesday , July 25 2017
Home / Wisata / Taman Bungkul, Tempat Wisata Indonesia Terbaik se-Asia

Taman Bungkul, Tempat Wisata Indonesia Terbaik se-Asia

Indonesia memang memiliki beragam kekayaan alam yang sangat menawan. Objek wisata yang berada di Indonesia sangat beragam. Tak hanya pantai, gunung, danau, atau gua saja, namun objek wisata taman di Indonesia juga tak kalah cantiknya. Salah satu taman yang cukup indah dan berprestasi ialah Taman Bungkul. Taman Bungkul terletak di Jalan Raya Darmo, tepatnya berada di jantung kota Surabaya. Siapa yang tak mengenal taman ini. Surabaya tidak hanya terkenal karena Tugu Pahlawan, Jempatan Merah, atau pun beberapa bangunan sejarah lainnya. Taman Bungkul juga memiliki pesonanya sendiri.

Taman wisata kota ini digunakan untuk menikmati suasana hijau yang berada di tengah kota. Kota Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia memiliki penduduk yang sangat padat. Sehingga jumlah kendaraan di jalanan tentunya juga banyak, polusi udara yang ditimbulkan pun demikian. Ditambah lagi, udara di kota pahlawan ini cukup terik. Jadi, taman ini sangat berperan dalam penghijauan di Kota Surabaya. Pohon-pohon dan tanaman yang berada di Taman Bungkul cukup membuat taman ini menjadi rindang.

Taman dengan luas 900 meter persegi ini memiliki beberapa fasilitas yang dapat dinikmati para pengunjung antara lain jogging track, taman bermain anak-anak, sarana papan luncur, amfiteater dengan diameter sebesar 33 meter, plaza untuk event, makam, area green park beserta kolam air mancur, BMX track, telepon umum, pujasera, dan akses wifi gratis.

Nama Taman Bungkul awalnya berasal dari Mbah Bungkul atau Ki Ageng Supo (Gelar untuk Sunan Bungkul), seorang ulama di Kerajaan Majapahit pada abad ke-15. Makam Mbah Bungkul terletak di Taman Bungkul bagian belakang. Jadi tak heran apabila Taman Bungkul juga sering dijadikan sebagai tempat berziarah.

Beberapa acara di Kota Surabaya sering digelar di Taman Bungkul, seperti Car Free Day yang rutin digelar setiap hari Minggu pagi. Dalam event CFD (Car Free Day) ini, akses sepanjang Jalan Darmo (1,75 kilometer) ditutup mulai pukul 06.00 hingga 09.00 WIB untuk berolahraga, jalan-jalan santai bersama kerabat atau keluarga, maupun sekedar mencicipi jajanan di sepanjang jalan. Beberapa komunitas pun turut meramaikan CFD Darmo ini, seperti komunitas pecinta reptil, anjing, burung hantu, dan masih banyak lainnya. Selain CFD, Taman Bungkul juga sering diramaikan acara lain seperti hiburan, seni, edukatif, dan budaya.

Sebagai salah satu icon Kota Surabaya yang menarik dan mempesona, Taman Bungkul memang patut dibanggakan. Sebab taman yang resmikan pada 21 Maret 2007 ini mendapatkan penghargaan “The 2013 Asia Townscape Award” atau taman terbaik se-Asia oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Pantas saja Wali Kota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini, dan seluruh warga Surabaya sangat menjaga taman ini. Taman Bungkul cukup dikenal oleh wisatawan yang lokal maupun mancanegara karena taman ini memiliki fasilitas yang cukup mewadahi. Wisatawan bisa bersantai sejenak, mengabadikan momen di beberapa spot menarik, bersantai menikmati makanan, duduk nongkrong, atau bahkan menonton pertunjukkan seni yang sering diadakan di Taman Bungkul. Walaupun berada di tengah kota, Taman Bungkul tetap memiliki daya tariknya tersendiri. Tak heran apabila Taman Bungkul menjadi salah satu tempat wisata Indonesia yang menarik untuk dikunjungi. Hingga kini, Surabaya masih terus berusaha untuk bisa mempertahankan predikat taman terbaik se-Asia yang telah diraih oleh Taman Bungkul.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Indahnya Objek Wisata Gua Pindul: Surga Air dari Bawah Tanah

Yogyakarta memang dikenal memiliki berbagai tempat wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Tidak heran …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *