Beginilah Tata Cara Membeli Rumah Secara Cash
Friday , July 28 2017
Home / Kesehatan / Beginilah Tata Cara Membeli Rumah Secara Cash

Beginilah Tata Cara Membeli Rumah Secara Cash

Memiliki rumah idaman dengan cara cash atau kontan adalah impian dari setiap insan. Cara pembayaran cash merupakan cara yang paling simpel, mudah, cepat dan tidak menanggung resiko terlalu besar. pembayaran secara kontan tidak akan membuat pemilik rumah pusing dengan berbagai persyaratan sebagaimana yang dialami ketika mengajukan pembelian rumah dengan cara KPR.

Ketika anda membeli rumah secara KPR, anda akan berhadapan dengan segudang syarat. Sebab, dengan KPR berarti anda meminjam dari pihak lain. Dan anda harus tunduk dengan peraturan yang berlaku. Membeli rumah dengan KPR anda harus melengkapi berbagai dokumen terlebih dahulu. Mulai dari dokumen pembeli, dokumen penjual, hingga dokumen rumah yang akan dibeli. Selain itu tentu masih banyak lagi syarat yang meski anda penuhi.

Tips Membeli Rumah Cash

Jika semua persyaratan pengajuan KPR sudah anda lengkapi barulah anda bisa mengajukan KPR ke pihak Bank. Namun, yang perlu diingat ialah pengajuan KPR tidak selalu diterima. Keputuran diterima atau ditolak merupakan hak pihak bank dengan memperhatikan berbagai pertimbangan. Untuk mendapatkan jawaban dari bank anda perlu menunggu hingga kurang lebih beberapa minggu. Berbeda dengan pembelian secara kontan yang mana anda tidak perlu waktu yang lama menunggu untuk segera memiliki rumah idaman.

Dan berikut ini adalah beberapa tips ampuh yang wajib anda ketahui sebelum memutuskan membeli rumah secara cash:

  • Tentukan pilihan anda

Sebelum anda membeli suatu rumah tentunya anda wajib menentukan pilihan atas rumah apa yang anda ingin beli. Ini merupakan langkah awal sebelum anda benar-benar deal dengan rumah yang anda inginkan. Karena anda akan membeli secara cash sebisa mungkin pilihlah rumah yang terletak di lokasi yang mudah untuk mengakses segala aktivitas anda. Seperti lingkungan tempat kerja, perkantoran, pusat belanja dan lain sebagainya.

Dan sebelum anda menentukan pilihan alangkah baiknya jika anda melakukan survey terlebih dahulu. Misalnya terkait dengan harga pasaran rumah yang anda inginkan, serta pemilik rumah yang akan anda beli tersebut. Selain itu, sekedar waspada di awal anda pun perlu melihat sendiri sertifikat rumah dan dokumen-dokumen lainnya. Jika anda sudah yakin dengan keaslian sertifikat rumah maka selanjutnya anda bisa mulai bernegosiasi harga.

  • Lakukan pembayaran uang muka

Untuk sekedar berhati-hati langkah selanjutnya yang bisa anda terapkan adalah membayar uang muka terlebih dahulu sebagai tanda jadi. Sebelum pembayaran ini anda pun harus memastikan kemampuan finansial anda agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pembelian nantinya. Untuk nominal uang muka anda bisa musyawarahkan dengan penjual, namun sebisa mungkin anda melakukan pembayaran uang muka dalam nominal yang kecil saja. Dan tentu akan lebih baik jika pembayaran tersebut dilengkapi dengan kwitansi bermaterai agara anda terhindar dari penipuan nantinya.

  • Gunakan jasa Notaris

Membeli rumah tentu sangat berbeda dengan membeli mobil dan elektronik lainnya. Karena resikonya besar maka tidak ada salahnya jika anda menyewa jasa notaris. Jasa notaris ini berguna untuk mengesahkan pembelian. Jadi, ketika anda sudah deal dengan penjual rumah maka anda bersama pihak penjual bisa mendatangi kantor notaris dengan membawa perlengkapan seperti dokumen rumah. Jasa notaris juga berguna untuk memproses balik nama sertifikat rumah. Sertifikat rumah yang resmi dikeluarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN). Sehingga paling tidak butuh waktu 3 hari mengurus balik nama sertifikat rumah agar berubah menjadi nama anda sebagai pemilik rumah yang telah anda beli.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *