penyebab kram kaki pada malam hari
penyebab kram kaki pada malam hari

Ternyata Inilah Penyebab Kram Kaki Pada Malam Hari

Posted on

Pernahkah Anda terbangun di tengah malam gara-gara kram kaki pada malam hari dan rasa nyeri yang sangat di kaki Anda? Kram di malam hari biasanya tidak berbahaya, dan otot yang paling sering mengalaminya adalah otot-otot betis, paha atau kaki.

Meski begitu, kram kaki pada malam hari sangat menjengkelkan, karena mengganggu waktu tidur Anda. Tapi Anda tak usah khawatir, karena kram kaki bisa diatasi bahkan dicegah kekambuhannya, asalkan Anda mengetahui lebih dulu apa penyebabnya.

Sebelum mengetahui lebih jauh apa saja yang menyebabkan kram, Anda perlu mengetahui lebih dulu bahwa kram kaki pada malam hari tidak sama dengan sindrom kaki gelisah atau restless leg syndrome (RLS), dimana timbul perasaan tidak menyenangkan pada kaki dan sensasi atau dorongan untuk menggerak-gerakkan kaki.

Meski sama-sama terjadi di malam hari, RLS tidak menimbulkan nyeri seperti yang terjadi pada kram. Namun, RLS kadang-kadang dapat menjadi penyebab kram malam.

kram kaki pada malam hari
kram kaki pada malam hari

Dalam banyak kasus, kram kaki tidak diketahui penyebabnya, atau dalam istilah medis disebut sebagai kondisi kram kaki idiopatik. Tapi, kram juga bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Olahraga ekstrim. Anda mungkin telah berolahraga sangat keras hari itu dan otot-otot kaki Anda lelah, sehingga mereka mulai kram.
  • Kehamilan. Wanita hamil sering mengalami kram kaki di malam hari, terutama pada trimester akhir.
  • Dehidrasi. Ketika tubuh Anda kehilangan banyak cairan, tingkat garam bisa habis dan hal ini dapat memicu otot-otot di kaki untuk berkontraksi. Penyebab dehidrasi tidak hanya karena Anda tidak cukup minum, tetapi bisa juga akibat Anda mengalami diare berat dan muntah-muntah.
  • Kekurangan kalium, kalsium, atau mineral lainnya. Hal ini juga dapat memicu timbulnya kram kaki.
  • Kondisi medis tertentu, seperti penyakit ginjal, penyakit tiroid, masalah hati, dan multiple sclerosis.
  • Kondisi yang mempengaruhi aliran darah, misalnya, penyakit arteri perifer.
  • Beberapa infeksi atau paparan racun, misalnya keracunan timbal atau merkuri tingkat tinggi.
  • Kram juga bisa menjadi efek samping dari beberapa obat-obatan yang sedang Anda minum, seperti obat diuretik, obat untuk menurunkan kolesterol (statin), beberapa obat anti-psikotik, pil KB, dan steroid,

Apapun penyebabnya, kram kaki pada malam hari sebenarnya bisa diatasi dengan cukup mudah. Cara paling mudah tanpa harus beranjak dari tempat tidur adalah dengan memijat area yang mengalami kram.

Anda dapat mencoba beberapa posisi peregangan dengan cara menekuk kaki Anda di pergelangan kaki, sehingga jari-jari kaki menunjuk ke arah tulang kering. Awalnya, ini mungkin akan terasa sangat menyakitkan, tapi beberapa saat, rasa sakit biasanya akan mereda.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan kompres hangat menggunakan botol berisi air panas yang dibungkus handuk. Atau, bisa juga sekalian mandi air hangat untuk membuat tubuh lebih rileks. Anda juga bisa berjalan-jalan dan menggoncang kaki yang terasa sakit.

Cobalah berjalan dengan bertumpu di tumit Anda, hal ini akan membantu meregangkan otot kaki yang mengalami kram.

Kemudian, perlukah Anda ke dokter untuk memeriksakan diri? Dalam kebanyakan kasus, kram di malam hari biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Namun, Anda disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter jika Anda memang mengalami kram kaki pada malam hari yang parah dan berlangsung terus-menerus atau hampir setiap malam. Kram yang mengakibatkan kualitas tidur Anda terganggu, atau kram yang diikuti dengan gejala lain seperti kelemahan otot, juga perlu diperiksakan lebih lanjut ke dokter.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.