Ternyata Jalan Kaki Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan Anda

Posted on

Jalan kaki adalah salah satu bentuk olahraga yang paling aman dan bisa dilakukan oleh semua orang berbagai usia dan kondisi. Pada orang dengan berat badan berlebih, olahraga ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Lebih mudah untuk dilakukan, karena tentunya tanpa rasa capek dan napas terengah-engah seperti halnya ketika Anda berlari. Tapi, seberapa jauh Anda harus berjalan kaki, dan seberapa sering Anda harus melakukannya agar efektif menurunkan berat badan?

Seberapa banyak jumlah kalori yang dapat Anda bakar dengan berjalan kaki ditentukan oleh berat badan dan kecepatan Anda berjalan kaki. Rata-rata, jika Anda berjalan pada kecepatan 5 km per jam (kecepatan umum orang berjalan kaki), maka kalori yang Anda bakar adalah sekitar 400 kalori per jam. Tapi, haruskah Anda berjalan kaki sejauh 5 km setiap harinya? Tidak juga, Anda bisa berjalan kaki dengan jarak yang lebih pendek lagi, misalnya 3 km, dan sisanya Anda bisa mengambilnya dari aktivitas harian Anda.

Untuk memantau efektivitas olahraga jalan kaki yang Anda lakukan, belilah sebuah pedometer dengan kualitas yang bagus. Pedometer adalah alat untuk menghitung jumlah langkah Anda dan dapat ditaruh di kantong pakaian atau digantung di dekat area pinggul Anda. Menurut American Medical Association, jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka pedometer adalah salah satu alat penting untuk pengendalian berat badan jangka panjang yang perlu Anda gunakan. Meski kecil dan sangat ringan, fiturnya sangat berguna untuk Anda yang suka berjalan kaki. Fitur utamanya adalah menghitung jumlah langkah yang telah Anda lakukan selama latihan atau sepanjang hari. Kemudian ada juga pedometer yang dilengkapi dengan hitungan kalori yang terbakar sesuai dengan jumlah langkah Anda.

Biasanya, untuk menurunkan berat badan, rata-rata orang harus berjalan kaki sekitar 1.000 langkah setiap km. Satu km jalan kaki akan membakar sekitar 100 kalori. Tapi, hal ini tentu saja bervariasi pada setiap orang, tergantung metabolisme, berat badan, dan faktor lainnya. Dengan bantuan pedometer, pantaulah berapa jauh Anda berjalan kaki dan berapa banyak tubuh Anda membakar kalori setelah 1 jam berjalan kaki. Bila masih jauh dari target, Anda bisa meningkatkan jumlah langkah kaki Anda. Atau, lakukan saja hal-hal berikut untuk menambah kekurangan langkah kaki Anda:

  • Turun dari kendaraan umum lebih jauh dari tempat tujuan, dan sisanya bisa Anda tempuh dengan jalan kaki.
  • Parkir mobil Anda di tempat yang jauh dari pintu masuk, sehingga Anda akan berjalan kaki lebih banyak.
  • Jalan kaki ke stasiun atau halte bis, dan hindari naik ojek untuk jarak yang tidak terlalu jauh.
  • Pilihlah untuk naik tangga dibanding lift.

Berjalan kaki, kadang bisa terasa membosankan. Apalagi jika Anda memang sengaja melakukannya untuk menurunkan berat badan. Tapi, ada cara agar jalan kaki tetap terasa menyenangkan buat Anda, yaitu:

  • Pilihlah rute yang berbeda setiap harinya. Jangan terus-menerus keliling kompleks, tapi merambahlah ke luar kompleks, jalan kaki di taman, atau stadion.
  • Cari tahu apa aktivitas sampingan yang bisa membuat Anda tetap semangat berjalan kaki, apakah mengobrol dengan teman, mendengarkan musik, atau pemandangan yang indah.
  • Belilah treadmill untuk berjaga-jaga kalau cuaca hujan dan Anda tidak bisa ke luar rumah untuk jalan kaki. Anda boleh meletakkan treadmill di depan jendela atau televisi, supaya olahraga tak terasa membosankan.
  • Carilah komunitas pejalan kaki yang memiliki satu tujuan dengan Anda, dengan begitu, Anda tak akan lagi merasa kesepian dan bosan saat harus menempuh berkilo-kilometer jalanan.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.