Penyakit yang satu ini pastinya telah menjadi salah satu jenis penyakit yang banyak menyerang oleh ibu hamil terutama orang tua. Ini dikarenakan pada saat menginjak usia tua, sistem metabolisme tubuh semakin menurun sehingga tidak heran jika diantara wanita hamil yang terjangkit berbagai jenis gangguan kesehatan. Tidak diragukan lagi, timbulnya aneka jenis penyakit tersebut berhubungan pada pola hidup yang dilakukan pada usia muda.

Ternyata Merupakan Faktor Penyakit Asam Urat Tinggi Serta Bagaimana Cara

Asam urat yang sering dirasakan manusia dikarenakan berbagai sebab. Namun, satu hal yang jadi faktor asam urat yang paling kuat diantaranya pola makan yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Penyakit ini sejatinya adalah limbah yang wajib dibuang dari dalam tubuh. Akan tetapi, pada kasus seseorang yang mengalami asam urat, kotoran yang harus dibuang tersebut justu menumpuk hingga mencapai jumlah yang besar. Namun, asam urat yang telah dialami oleh kebanyakan manusia bukan saja disebabkan oleh asupan makanan, namun terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi tekanan asam urat meningkat di dalam tubuh.

Seperti yang kita tahu bahwa penyakit asam urat ialah suatu zat kimia yang didapatkan pada saat badan memecah suatu zat yang dikenal dengan Purin. Purin pada dasarnya ditemukan di dalam antara kategori aneka makanan dan juga minuman misalnya ikan asin, kacang polong, kacang kering dan lain sebagainya. Setelah diproduksi, zat asam urat tersebut akan menyatu dalam darah, lalu melewati ginjal, sisanya dibuang melalui buang air kecil dan sisanya menumpuk.

Ternyata Merupakan Faktor Penyakit Asam Urat Tinggi Serta Bagaimana Cara

Penumpukan zat yang mengakibatkan asam urat ini disebabkan hasil produksi zat asam urat sangat berlebihan di dalam tubuh akibatnya organ ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat dengan cepat. Pengaruhnya, tingkat zat asam urat pada darah menjadi semakin tinggi akibatnya cukup sulit dicerna. Keadaan ini dikenal dengan istilah hyperuricemia. Apabila kadar asam urat meningkat, maka akan menyebabkan terjadinya serangan gout. Namun bukan berarti semua orang tua yang memiliki penyakit asam urat cukup tinggi bisa menderita serangan gout.

Gout ialah satu kondisi dimana terjadinya perasaan sakit pada persendian sulit ditahan, kondisi panas dan juga mengalami pembengkakan. Pada persendian yang pernah terkena gout ialah jari-jemari

Rasa nyeri yang muncul terhadap peningkatan asam urat yang meningkat biasanya akan berlangsung selama 3-10 hari. Manusia yang mengalami perasaan sakit ini juga akan mulai merasakan gejala tersebut secara pesat pada beberapa jam awal mula. Pembengkakan yang terjadi di area sendi-sendi yang bersamaan dengan kulit yang memar serta tidak dapat bergerak dengan bebas sebab merasa kaku. Hanya saja, kondisi tersebut menyebabkan rasa yang tidak nyaman.

Dibawah ini adalah faktor yang mengakibatkan tingginya asam urat pada tubuh:

Faktor Jenis Kelamin

Faktor yang utama yang menyebabkan kadar asam urat meningkat yaitu faktor jenis kelamin. Laki-laki memiliki risiko yang lebih besar mengalami penyakit asam urat. Hal ini dikarenakan hormon esterogen yang terdapat pada dalam perempuan mampu menurunkan tingkat asam urat di dalam darah serta memperlancar pembuangannya melewati organ ginjal.

Keturunan

Faktor selanjutnya ialah faktor genetik dimana jika adanya keluarga atau orang tua mengidap asam urat. Untuk itu, sangat mungkin terjadi untuk tertular asam urat pula. Penyakit asam urat memang sangat mudah untuk ditularkan kepada keturunannya.

Makanan penyebab kadar asam urat tinggi

Jeroan kerbau

Makanan Jeroan Sapi selain mampu menyebabkan kadar kolesterol di dalam darah yang tinggi, jeroan juga bisa mengakibatkan asam urat menjadi tinggi juga. (Meski jeroan sapi terdapat manfaat misalnya menghasilkan karbohidrat, B1, B2 juga mineral. Disamping itu, jeroan sapi juga mengandung asam folat yang bermanfaat untuk menyembuhkan anemia. Namun, Anda juga perlu memperhatikan ukuran yang bagus untuk kesehatan tubuh dan jangan berlebihan.

Daging kambing

Perlu Anda tahu bahwa daging kambing mengandung banyak purin yang tentunya tidak disarankan dianjurkan untuk mengonsumsi pada kadar yang berlebihan. Terlebih bagi seseorang yang memiliki golongan darah A, sebab, mampu menyebabkan penyakit kanker.}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *