Tips Agar Bisnis Properti Selalu Memberi Penghasilan Tetap

Posted on

Selama ini, mungkin anda termasuk orang – orang yang memiliki anggapan bahwa bisnis properti hanya dapat memberikan “penghasilan” dalam kurun waktu jangka panjang. Sebab memang investasi pada bisnis properti sendiri memang merupakan investasi yang hasilnya dapat anda rasakan secara optimal dalam kurun waktu 5 – 10 tahun atau lebih.

Walaupun pandangan tersebut tak keliru, namun juga tak sepenuhnya benar. Ya, investasi pada bisnis properti memang tak hanya dapat memberikan hasil investasi secara jangka panjang, namun juga bisa memberikan kepada anda pendapatan jangka pendek.

Apa sebenanya penghasilan tambahan atau sampingan dari investasi pada bisnis investasi tersebut? Dan bagaimana agar aset properti anda bisa menghasilkan pendapatan tetap tersebut? Berikut ini beberapa tips agar investasi properti anda dapat memberikan penghasilan sampingan untuk anda. Diantaranya yaitu:

  1. Buka usaha tempat kos

Jika anda memiliki kamar yang tak ditempati di dalam rumah atau anda memiliki aset berupa rumah dengan banyak kamar yang tak ditinggali, maka ada baiknya anda membuka usaha temat kos dengan menyewakan kamar – kamar kos baik sebagai kos harian ataupun kos harian. Anda bisa menyewakan kamar kos khusus untuk laki – laki, perempuan ataupun untuk suami – istri. Semua itu tergantung pada situasi dan kondisi yang anda hadapi.

Dengan membuka usaha indekos ini, maka otomatis anda pun bisa mengatongi pendapatan tambahan secara rutin per bulannya. Katakanlah anda menyewakan 4 kamar kos yang bisa dihuni 2 orang per kamar, jika anda mematok tarif sewa kos sebesar 300 ribu per bulan, maka potensi penghasilan bulanan yang bisa anda kantongi yakni 8 x 300 ribu = 2,4 juta rupiah per bulan. Cukup besar bukan?

Usaha ini sendiri cukup sederhana dan bahkan ibu – ibu rumah tangga pun bisa menjalankannya. Karena status mereka adalah menyewa kamar sebagai tempat tinggal perorangan, maka tanggung jawab perawatan rumah seperti urusan kebersihan, pembayaran listrik, PDAM dan lain sebagainya menjadi tanggung jawab anda sebagai pemilik tempat kos.

Namun jika penyewa kamar kos anda membawa peralatan elektronik melebihi kesepakatan, maka anda bisa menerapkan tarif tambahan penggunaan listrik agar anda pun tak merugi. Anda juga bisa menetapkan aturan – aturan yang harus diikuti oleh seluruh penghuni kos agar lebih tertib, bersih, aman dan nyaman.

  1. Kontrakkan rumah, ruko, apartment anda

Jika anda tak ingin kerepotan untuk mengurus pembayaran listrik, PDAM, serta mengurus kebersihan dari tempat kos – kosan, maka anda bisa mencoba untuk mengontrakkan rumah, ruko, rukan ataupun apartment anda kepada pihak yang membutuhkan. Mengingat status aset properti tersebut anda sewakan sepenuhnya kepada pengontrak, maka tanggung jawab perawatan dari aset properti yang dikontrak ada di tangan pihak penyewa seperti membayar listrik, membayar Pajak Bumi dan Bangunan, tagihan PDAM, kebersihan dan lain sebaganya.

Sebelum resmi dikontrakkan, selain membuat persetujuan harga kontrak, anda juga  bisa membuat perjanjian apa – apa saja dari aset bisnis properti anda yang harus mereka jaga dan rawat serta perjanjian jika terjadi kerusakan. Umumnya rumah kontrakan dibayarkan di awal masa kontrak, namun ada juga yang pembayarannya per bulan. Maka melalui bisnis kontrakan aset rumah, ruko atau apatment ini, anda pun bisa mengantongi penghasilan tambahan tanpa perlu repot – repot mengurus perawatan properti milik anda.

Pendapatan jangka pendek yang dapat diperoleh dalam investasi pada bisnis properti memang bersifat pendapatan tambahan. Namun meskipun sifatnya sebagai tambahan semata, namun ternyata nominalnya tak bisa kita remehkan. Bahkan banyak pula yang hanya dengan menggantungkan kepada pendapatan tambahan dari investasi bisnis properti tersebut.

Nah, berikut ini tips menghasilkan pendapatan tambahan dari investasi pada bisnis properti yang mungkin bisa menjadi inspirasi bisnis properti bagi anda. Diantaranya yaitu:

  1. Usaha sewa vila atau home stay di tempat wisata

Jika anda memiliki aset investasi bisnis properti berupa rumah tinggal, vila ataupun bungalow yang berlokasi di tempat – tempat wisata, maka ada baiknya jika anda optimalkan untuk dijadikan penginapan ataupun home stay bagi para turis yang ingin bermalam.

Selain harga sewa per malamnya bisa lebih tinggi dari pada tarif kamar kos, keuntungan lain yang bisa anda peroleh yakni anda tak perlu tetrlalu repot seperti ketika membuka tempat kost yang putuh peraturan ekstra ketat. Anda bisa membuka penginapan per kamar layaknya sistem sewa kamar di hotel ataupun anda menyewakannya secara “borongan” yakni menyewakan rumah, vila, atau bungalow secara sepenuhnya (1 rumah sekaligus) kepada wisatawan atau turis yang datang secara berombongan baik dengan keluarga ataupun instansi tertentu.

Jika aset properti anda memiliki nilai plus berupa keindahan arsitektur ataupun keunikan design interiornya, maka anda pun bisa lebih mudah menggaet para wisatawan untuk tinggal di penginapan atau home stay anda tersebut. Sedangkan tarif yang anda patok pun tak akan diambil pusing oleh calon konsumen anda, karena yang mereka cari memang kenyamanan dan keindahan agar bisa senantiasa relax selama berekreasi.

Bisnis home stay ini pun cukup menjanjikan apalagi di musim – musim liburan dimana akan banyak sekali wisatawan yang berdatangan.

  1. Sewakan tanah anda untuk ditanami ataupun digunakan untuk tempat usaha orang lain

Jika aset investasi bisnis properti yang anda miliki bukan berupa bangunan yang bisa disewakan, maka anda pun bisa menyewakan aset properti anda yang berupa lahan atau tanah. Saat ini pun trend menyewakan tanah mulai berkembang tak hanya untuk menggarap dan menanami tanah tersebut dengan padi, tebu ataupun tanaman sayur, namun juga bisa disewa untuk kegiatan profit oriented lainnya.

Apa sajakah itu? Jika aset tanah anda berlokasi di dekat pusat keramaian, maka anda bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk menyewakan sebagai lahan parkir kepada pihak yang mau mengelola, atau jika anda berminat anda sendiri pun bisa menjadi pengelola lahan parkir yang pasti dibutuhkan setiap pengendara tersebut.

Meskipun terlihat sebagai bisnis kelas ecek – ecek, namun bisnis lahan parkir ternyata cukup menggiurkan mengingat modal yang dikeluarkan hanya kesediaan menjaga keamanan sepeda bermotor yang dititipkan. Anda juga bisa menyewakannya kepada pihak yang ingin menggunakannya secara sementara, misalnya untuk dijadikan angkringan atau food court yang bersistem bongkar – pasang tanpa membangun bangunan permanen di atas tanah tersebut.

Maka anda bisa mendapatkan uang sewa sebagaimana ketika menyewakan aset berupa rumah, rukan, ruko ataupun apartment.

  1. Dan masih banyak lagi ide – ide lainnya untuk menghasilkan pendapatan tambahan dari aset properti yang masih bisa anda gali. Selamat mencoba peruntungan dalam bisnis properti.

Gravatar Image
Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.