Tips Aman Belanja Gadget Online, Perhatikan Agar Anda Tidak Tertipu

0
31

Perkembangan teknologi mendorong segala kemudahan di berbagai aktivitas. Termasuk salah satunya adalah aktivitas berbelanja. Berbelanja online seakan menjadi gaya hidup yang memudahkan, namun biasanya berbelanja online memicu rasa ragu atas kondisi barang yang diterima maupun khawatir akan prakter penipuan. Terlebih lagi gadget bukan merupakan barang yang dapat ditoleransi apabila ada ketidak sesuaian.  Bagi kamu yang ingin berbelanja online mengenai gadget terbaru tetapi khawatir akan praktek penipuan maupun kondisi barang yang tidak sesuai dengan keinginan, jangan khawatir, ulasan berikut akan membahas tips aman berbelanja gadget secara online.

  1. Pastiken E-commerce atau Seller Mempunyai Reputasi Baik

Hal yang paling penting dan paling krusial dilakukan adalah luangkan waktu untuk melakukan pengecekan terkait reputasi seller, disini kamu dituntut untuk punya keahlian stalking terkait pihak seller. Pengecekan paling sederhana dapat dilihat dari prosedur jaminan keamanan data untuk transaksi, apabila prosedur ditulis dengan jelas dan dipaparkan dalam platform, maka transaksi bisa dipercaya. Begitu pula terkait prosedur pembelian, jika informasi-informasi terkait tata cara terpampang dengan jelas maka dapat dipastikan bahwa seller memiliki reputasi yang baik. Selain itu, penilaian dari forum-forum yang dapat diketahui di internet, juga patut dipertimbangkan, biasanya pihak buyer akan memberikan testimoni baik merupakan testimony baik atau pengalaman buruk terkait keluhan setelah berbelanja. Jika semua hal sudah dipastikan, maka cobalah untuk langsung berinteraksi dengan Seller, apabila ada kejanggalan sebaiknya kamu urungkan saja niat untuk membeli gadget di Seller tersebut.

  1. Tentukan Gadget yang Ingin Dibeli Secara Spesifik

Menentukan gadget secara spesifik amat penting dilakukan. Ingat ! Jangan tergoda dengan harga murah, sebaiknya tentukan dahulu gadget yang akan dibeli, periksa baik-baik segala hal tentang gadget meliputi hal hal berikut seperti, harga gadget, misalnya bandingkan harga gadget dan carilah informasi tentang harga pasaran gadget yang akan kamu beli, bandingkan dengan seller lain, jika harga terlalu rendah dari pasaran dapat dipastikan barang yang kamu terima tidak akan sepenuhnya baik.

Spesifikasi teknis gadget juga penting, terkait teknis dari gadget tersebut, ketahui dan pastikan tidak ada komponen yang kurang atau tidak sesuai. Hal penting lainnya adalah garansi gadget, jika gadget bergaransi maka dapat dipastikan bahwa proses jual beli akan aman. Namun jangan lupa untuk cek perjanjian dari garansi dan tanyakan dengan jelas prosedurnya. Perjanjian untuk pengembalian bila barang cacat, penting untuk dibahas di awal, jangan sampai kamu telah membayar namun tidak mendapatkan barang yang sesuai. Ketentuan ongkos kirim, review dari pembeli gadget tersebut, membandingkan gadget tersebut dengan website lain dsb. Ini merupakan hal penting karena kebanyakan pembeli tergiur dengan harga murah sehingga asal membeli dan gadget yang diterima tidak sesuai dengan keinginan

  1. Perhatikan Sistem Pembayaran

Pada pembelian online, cara pembayaran merupakan hal terpenting, sebaiknya pelajari dahulu sistem pembayarannya, menggunakan kartu kredit, transfer lalu konfirmasi atau sistem dengan Cash on Delivery. Pilihlah sistem pembayaran yang menurut anda paling nyaman dan aman. Hati hati terhadap phishing atau email penipuan yang seakan-akan berasal dari sebuah toko, bank maupun perusahaan kartu kredit. Tanyakan dengan jelas dan catat contact person untuk masalah pembayaran. Pastikan tidak ada email yang akan masuk dan menyatakan sebagai pihak bank, pihak penyedia atau seller ataupun yang lainnya. Jika sistem pembayaran jelas maka mulailah melakukan pembayaran.

  1. Pastikan shipping / Pengiriman melalui pihak yang Terpercaya

Tanyakan pada pihak seller terkait pengiriman barang, Biasanya seller akan bekerja sama dengan penyedia jasa layanan pengiriman. Pastikan bahwa pengirim barang merupakan pihak yang terpercaya dan sudah memiliki reputasi baik dalam hal pengiriman barang. Tanyakan juga terkait pajak pengiriman dibebankan kepada seller atau buyer.

  1. Periksa Barang Belanjaan Anda

Terakhir, periksa barang belanjaan anda dari segi fisik maupun non-fisik, pastikan seluruhnya sesuai dengan spesifikasi yang anda pesan dan berikan konfirmasi atau testimoni terkait barang belanjaan anda agar dapat menjadi salah satu acuan untuk buyer lain dalam menentukan seller yang terpercaya

Semoga tips belanja ini bisa menjadi acuan informasi bagi kamu yang ingin membeli gadget via online dengan aman dan nyaman serta tanpa rasa ragu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here