Tips Berjualan Online Menggunakan Blog Bisnis - Articles.id - Direktori Artikel Indonesia
Wednesday , July 26 2017
Home / Kesehatan / Tips Berjualan Online Menggunakan Blog Bisnis

Tips Berjualan Online Menggunakan Blog Bisnis

 Selain menggunakan berbagai akun social media, Anda juga bisa mendapat keuntungan dari internet dengan berjualan online menggunakan blog yang diorientasikan untuk kepentigan bisnis. Blog bisnis ini tak ubahnya sebuah gerai atau showroom di mana Anda bisa memamerkan produk-produk yang Anda tawarkan berikut spesifikasinya masing-masing, termasuk juga ketentuan harga. Selain itu, pengunjung blog juga bisa meninggalkan pesan berupa pertanyaan atau komentar mengenai tampilan blog, bisnis yang Anda bangun maupun produk yang Anda tawarkan. Adanya banyak ruang dalam blog juga memungkinkan Anda memperkenalkan diri kepada para pengunjung, menggambarkan profil bisnis yang Anda bangun serta menampilkan testimoni pelanggan dan mencantumkan prosedur pembayaran, pengiriman produk atau ketentuan potongan harga.

blog-bisnis

Bagi calon pembeli, blog bisnis dipandang lebih ‘sopan’ dan ‘wajar’ dibanding menggunakan social media yang tak jarang mengganggu kenyamanan sesama penggunanya. Tak sedikit pengguna social media yang mengaku terganggu dengan tampilan iklan yang terlalu sering muncul atau dalam jumlah yang sangat banyak di halaman Facebook, Instagram, Twitter atau media social lain. Ini khususnya terjadi apabila si pemilik akun tidak berkepentingan dengan iklan yang ditampilkan dan akun miliknya ditandai (di-tag) dalam sebuah iklan tertentu. Atau jika tidak, dalam berbagai layanan pesan singkat semisal BlackBerry Messenger, WhatsApp atau Line dan media semacamnya, broadcast atau pesan siaran dapat sangat mengganggu pengguna yang tidak tertarik dengan produk yang ditawarkan.  

Sebaliknya, blog bisnis menawarkan eksklusifitas sebab pengunjung yang datang bukanlah orang yang kesasar. Mereka mengunjungi sebuah blog bisnis karena dengan sengaja mengklik lnik sebuah blog dan tertarik dengan produk yang dijual di dalamnya. Ini juga akan menghemat tenaga dan energi Anda sebagai pebisnis yang berjualan online karena Anda hanya akan berkomunikasi dan melayani mereka yang benar-benar tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Ini juga memudahkan Anda mencari pembeli potensial karena blog bisnis memberi Anda seribut satu kemungkinan untuk menjerat pengunjung dan mengubah status mereka menjadi pembeli bahkan pelanggan.

Sebagai langkah awal, Anda bisa memanfaatkan fasilitas blog gratis yang ditawarkan beberapa penyedia layanan sehingga Anda tidak perlu keluar uang untuk membeli nama domain dan lain sebagainya. Setelah itu, permaklah blog bisnis Anda sedemikian rupa sehingga dalam kunjungan pertamanya, setiap pengunjung akan terkesan dan betah menjelajahi blog Anda sekaligus melihat-lihat produk yang Anda tawarkan. Untuk melakukan hal tersebut, sedikitnya hal-hal berikut inilah yang harus Anda lakukan;

  1. Memilih nama dan deskripsi blog yang singkat, padat, deskriptif dan ‘menjual’
  2. Memilih tema blog yang tidak norak dan ‘ramai’ akan tetapi sederhana dan bersahaja
  3. Menampilkan identitas singkat Anda disertai foto pribadi
  4. Memberi informasi akurat dan lengkap mengenai produk yang Anda tawarkan
  5. Bersifat komunikatif terhadap pengunjung
  6. Menyelipkan kontak informasi yang bisa dihubungi pengunjung dan atau pembeli
  7. Memastikan adanya fitur yang memungkinkan pengunjung memberi komentar

Setelah blog Anda resmi dibuat, undanglah orang lain untuk datang dan berkunjung dengan mempromosikan link blog di social media, blog-blog lain yang terkait ataupun di forum-forum publik yang bersinggungan atau tengah mendiskusikan produk yang Anda jual. Pastikan juga Anda mengetahui tips-tips memenangkan ‘persaingan’ SEO (Searh Engine Optimization) sehingga setiap kali seorang pengguna internet menggunakan search engine untuk mendapat informasi mengenai produk yang Anda jual, blog Anda akan muncul di hasil pencarian teratas.

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

resiko stroke, penyakit stroke

Kenali Bahaya Penyebab Meningkatnya Resiko Stroke Sejak Dini

Salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke. Karena bahayanya yang selalu mengintai masyarakat maka …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *