Tips dan Cara Ampuh Menahan Hasrat Belanja

Posted on

Tidak sedikit orang yang menjadikan belanja sebagai gaya hidup dan memiliki perasaan senang dan enjoy ketika berbelanja, memilih produk, membayar pada kasir dan membawanya pulang. Mereka bahkan rutin menyisihkan sekian persen dari penghasilan untuk mengunjungi pusat-pusat perbelanjaan dan memuaskan hasrat belanjanya. Umumnya, hobi sekaligus gaya hidup yang demikian dibentuk dan atau semakin didukung oleh lingkungan sekitar, semisal mereka yang tinggal di kota besar, suka berteman dengan orang-orang yang juga sophaholic, selalu uptodate dengan perkembangan terbaru, berpenghasilan tetap dan memiliki gengsi tinggi. Apapun jenis produk yang mereka beli, baik itu spesifik ataupun bermacam-macam, hasrat belanja yang demikian tak jarang sulit dikendalikan sehingga tidak jarang mereka kewalahan mengatur keuangan.

Jika Anda merasa memiliki kecenderungan gila belanja dengan hasrat belanja yang juga menggebu, Anda tentu tidak ingin mengalami defisit di akhir bulan karena hobi dan gaya Anda tersebut. Untuk itu, langkah-langkah di bawah ini bisa Anda coba;

Membuat Skala Prioritas

Langkah ini mungkin terdengar spele akan tetapi jika Anda benar-benar membuat dan menerapkannya, Anda akan terbiasa mengendalikan hasrat belanja dan mengembalikannya ke level normal. Kondisi dan keadaan masing-masing orang tentu berbeda sehingga point-point dalam skala yang demikian bisa sangat jauh berbeda pula. Karena itu, Anda tidak akan didikte untuk menentukan sebuah keperluan harus dimasukkan dalam kategori primer, sekunder atau tersier.

Anda hanya tinggal membuat skala prioritas, mengingat dan memperhitungkan semua kebutuhan Anda kemudian mengkategorisasi dan konsisten ‘menaatinya’. Tempellah skala prioritas yang sudah Anda buat di tempat yang mudah terlihat sehingga setiap ketika hasrat belanja Anda muncul, Anda masih berpikir ulang karena memperhitungkan kebutuhan lain yang barangkali lebih urgen.

Membagi Uang untuk Beberapa Keperluan

Selain membuat skala prioritas, bangunlah kebiasaan cerdas satu ini setelah menerima gaji atau bayaran bulanan. Perhitungkan semua kebutuhan Anda dalam jangka waktu tertentu, semisal sebulan, kemudian buatlah alokasi dana untuk masing-masing keperluan sesuai dengan besaran biaya masing-masing. Ini akan menghindarkan Anda dari kerumitan mengatur pengeluaran di masa-masa kritis, utamanya akhir bulan, karena seluruh kebutuhan Anda sudah mendapat ‘jatah’ masing-masing. Dalam membagi-bagi jatah tersebut, Anda tetap bisa mengalokasikan sekian dana untuk memuaskan hasrat belanja akan tetapi Anda dapat menyettingnya sewajar mungkin karena Anda tidak hanya memikirkan keperluan belanja saja.

Tidak Terlalu Sering Mengunjungi Pusat Perbelanjaan

Mengendalikan hasrat belanja juga bisa Anda lakukan dengan tidak terlalu sering mengunjungi pusat perbelanjaan kecuali ada kepentingan dan keperluan tertentu. Jika Anda ingin bertemu dengan teman atau kolega, usulkanlah tempat pertemuan di kafe atau tempat nongkrong yang terletak di luar sebuah pusat perbelanjaan. Dengan begitu, Anda tidak akan memiliki alasan untuk melanggar komitmen sendiri karena tak sengaja melihat barang yang tampak menarik ketika berjalan-jalan di sebuah pusat perbelanjaan.

Belajar Menabung

Cara lain untuk mengurangi dan atau mengendalikan hasrat belanja adalah menabung. Jika Anda belum memiliki kebiasaan dan alokasi tabungan pada pengaturan keuangan Anda yang lalu, sisihkanlah sekian persen dari alokasi belanja atau alokasi lain. Kebiasaan ini tidak akan menjauhkan Anda dari gaya hidup dan hobi belanja Anda, akan tetapi hanya mengarahkan Anda untuk lebih cermat dan cerdas berbelanja, utamanya jika Anda menginginkan suatu barang yang harganya mahal. Dengan rutin menabung, Anda akan memiliki simpanan uang yang cukup untuk membeli barang idaman Anda. Jika Anda tetap dengan kebiasaan Anda berbelanja tanpa memiliki ‘target’ dan ‘aturan’ yang jelas, Anda akan sulit mendapatkan barang-barang yang harganya mahal dan bisa jadi sangat Anda butuhkan.

Gravatar Image

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.