Tips dan Cara Memprediksi Pertumbuhan Nilai Properti Agar Selalu Bernilai Jual Tinggi
Wednesday , July 26 2017
Home / Bisnis / Tips dan Cara Memprediksi Pertumbuhan Nilai Properti Agar Selalu Bernilai Jual Tinggi

Tips dan Cara Memprediksi Pertumbuhan Nilai Properti Agar Selalu Bernilai Jual Tinggi

Pada dasarnya, pertumbuhan nilai dari bisnis properti adalah sesuatu yang hampir bisa dipastikan terjadi. Mengingat trend pertumbuhan nilai investasi pada bisnis properti selama 10 tahun terakhir memang menunjukkan adanya konsistensi nilai yang senantiasa meningkat dari tahun ke tahun. Namun demikian, fluktuasi harga properti masih sangat mungkin terjadi. Hal ini dipengaruhi betul dengan fluktuasi tingkat kebutuhan dan permintaan pasar akan aset properti.

Lalu yang menjadi pertanyaan adalah, “bagaimana caranya agar kita bisa memprediksi fluktuasi pertumbuhan nilai properti?” Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada beberapa tips cara yang bisa anda coba guna memprediksi harga / nilai properti anda yang bertumbuh. Adapun cara – caranya diantaranya yaitu:

Petakan lokasi tempat properti anda berada

Setiap lokasi yang berbeda, seringkali juga memiliki perbedaan terkait dengan masalah akses serta fasilitas yang ada di sekitarnya. Semakin mudah akses dari dan ke lokasi properti anda, maka semakin tinggi pula prospektus pertumbuhan bisnis properti yang bisa anda raup di sana. Oleh karenanya, anda pelu memetakan kondisi dari kawasan tempat properti anda berada. Apakah termasuk kawasan yang dekat dengan pusat kota dan pusat – pusat keramaian, ataukah justru di kawasan pinggiran kota saja. Hal tersebut yang akan mendasari harga oasaran dan juga potensi pertumbuhan nilai investasi dalam bisnis properti anda. Begitu pula dengan kawasan yangdekat dengan tol atau pun bandara, tentu akan jauh lebih tinggi harganya dibandingkan di perumahan dengan akses jalan apa adanya. Pertumbuhan nilai investasinya pun juga akan sangat berbeda.

Selain itu, kondisi lingkungan tempat properti berada juga sangat mempengaruhi harga dan pertumbuhannya. Katakanlah di kawasan dengan resiko banjir tahunan, harganya tentu akan lebih rendah dibandingkan dengan kawasan yang selalu bebas banjir. Meskipun faktor ini juga seringkali terkalahkan oleh faktor akses dan fasilitas sebagaimana dijelaskan sebelumnya. Jika ada ingin menilai pertumbuhan nilai investasi pada properti anda, tentu ada baiknya memetakan kondisi – kondisi seperti di atas.

Lakukan survey harga properti terkini di kawasan tersebut

Untuk mengetahui prediksi pertumbuha harga properti yang anda miliki, tentunya harus anda tetapkan dulu harga properti tersebut saat ini. Untuk mudahnya, anda bisa melihat harga pasaran terkini dari properti – properti yang berada satu kawasan dengan anda. Akibat dari faktor yang telah di jelaskan pada point pertama di atas, membuat harga properti di kawasan yang berbeda pun menjadi berbeda pula. Sebagai contoh, di suatu kecamatan yang dekat dengan alun – alun kota memiliki rata – rata harga rumah dengan ukuran sedang mencapai 300 juta per unitnya. Berbeda halnya jika melihat rata – rata harga rumah dengan type yang sama namun di kawasan pinggiran atau perbatasan kota. Mungkin harga pasarannya hanya sekitar 150 juta sampai maksimal 200 juta.

Untuk lebih mendapatkan data akurat tentang harga pasaran di wilayah anda, maka ada baiknya anda melakukan survey kecil – kecilan. Hal pertama yang perlu anda lakuka untuk memulai survey ini yaitu dengan memperkirakan terlebih dahulu spesifikasi dari bisnis  properti anda. Misalnya saja, jenis properti anda apa? Apakah rumah, ruko, rukan, atau mungkin tanah sawah atau lahan kosong. Setelah itu spesifikkan juga ukuran properti anda. Misalnya rumah anda memiliki luas bangunan berapa dan luas tanah berapa. Lalu terdapat berapa ruang kamar dan berapa kamar mandi di dalamnya.

Barulah setelah anda mendapatkan data – data tersebut, ada bisa melakukan survey di wilayah anda dengan spesifikasi properti yang sejenis dengan yang anda miliki. Dengan demikian, anda akan mendapatkan harga pasaran dari properti yang sesuai dengan properti anda. Tentu harga yang bisa ada peroleh akan lebih akurat.

Dalam menjalankan bisnis properti, jika anda mampu membaca serta memprediksi pertumbuhan dari nilai properti yang anda miliki, tentu anda akan semakin mudah untuk menentukan strategi jual atau justru strategi beli dalam kondisi harga atau nilai jual properti sesuai yang anda prediksikan. Anda pun mampu memaksimalkan keuntungan dari investasi dan bisnis properti yang anda jalankan.

Berikut ini kami ulas langkah – langkah yag perlu anda lakukan untuk memprediksi pertumbuhan bisnis properti anda, yang merupakan kelanjutan dari artikel bagian pertama sebelumnya :

Tetapkan harga minimal properti anda untuk saat ini

Setelah mengetahui harga pasaran dari properti di wilayah anda, maka langkah berikutnya yang harus anda lakukan yakni menetapkan harga minimal dari properti yang anda miliki dalam konteks hari ini. Maknanya, jika anda ingin menjual properti anda tersebut hari ini, maka berapa harga minimal yang setidak – tidaknya dapat anda terima untuk melepas properti anda tersebut? Cara menetapkannya sangat mudah, anda hanya perlu melihat harga pasaan dari hasil survey anda pada point ke 2 di atas. Dari rata – rata harga porperti di pasaran tersebut, anda dapat menetapkan harga minimal realistis dari properti anda.

Katakanlah rata – rata harga properti seperti type yang anda miliki adalah berkisar 300 juta – 450 juta. Maka anda bisa menentukan harga minimal properti anda pada kisaran harga tersebut. Misalnya anda menilai properti anda memiliki kelebihan berupa kolam ikan yang indah ataupun taman yang terawat dengan baik, maka anda bisa menilai bahwa properti anda tersebut layak untuk dihargai sesuai harga maksimal di wilayah tersebut. Sehingga anda bisa menentukan harga minimal dari properti yang anda miliki sebesar 450 juta rupiah. Yang artinya, jika anda ingin menjual rumah anda tersebut hari ini, maka  anda baru akan mau melepas rumah anda pada harga tawar menawar yang setidaknya bernilai 450 juta rupiah. Jika kurang dari itu, maka ada akan mencari calon pembeli lainnya karena akan terlalu murah untuk ukuran rumah anda.

Penetapan harga minimal semacam ini sangat penting agar bisnis properti anda tidak mengalami kerugian akibat menetapkan harga yang menurut anda sudah tinggi padahal itu terlalu murah.

Cari data terkait rata – rata pertumbuhan prosentase harga properti per tahun

Berikutnya, anda perlu juga untuk mensurvey dan mencari data tambaha baik dari lapangan atau pun dari internet untuk mengetahui rata – rata pertumbuhan nilai investasi dari bisnis properti per tahunnya. Baik secara nasional maupun lokal. Makna rata – rata pertumbuhan nilai investasi bisnis properti secara nasional yakni rata – rata pertumbuhan harga properti di indonesia per tahun nya berapa? Untuk saat ini, rata – rata pertumbuhan nilai properti di indonesia bisa berkisar antara 15% – 30% bahkan lebih per tahunnya. Sedangkan rata – rata lokal yakni pertumbuha harga yang ada di kota anda. Misalnya saja di kota surabaya. Pertumbuhan harga properti di sana bisa mencapai 25% – 40% per tahun nya tergantung dengan lokasi properti.

Prediksikan harga properti anda sesuai jangka waktu yang anda inginkan

Setelah mengantongi harga minimal saat ini dari properti anda serta rata – rata pertumbuhan harga properti, maka anda bisa menghitung pertumbuhan harga properti dengan rumus berikut ini:

Harga pada tahun ke – 10 = Harga Minimal Saat ini x Prosentase Pertumbuhan Harga x 10

About admin

Website ini dibangun dengan harapan mampu memberikan informasi yang berkualitas dalam berbagai topik, Kami membuka kesempatan bagi siapa pun untuk menjadi kontributor sebagai penulis tetap di website ini.

Check Also

Smartphone untuk bisnis online

Inilah Manfaat Mobile Marketing Untuk Meraih Sukses dalam Berbisnis

Dunia marketing menurut semakin hari semakin memberikan tantangan yang harus disikapi dengan bekal pengetahuan yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *